kenapa kita mudah lelah
Gaya Hidup Hidup Sehat

Kenapa Tubuh Mudah Lelah, Ternyata Bisa Karena Penyakit, Lho!

Putri Aprillia | Maret 1, 2022
Share

Kamu mungkin pernah mengalami rasa lelah akibat beraktivitas, bukan? Jika aktivitas yang kamu lakukan melebihi kapasitas energi, ditambah lagi kondisi tubuh sedang tidak fit, kamu bisa mengalami kelelahan.

Namun, tahukah kamu kenapa tubuh mudah lelah? Bagaimana cara supaya tubuh tidak gampang lelah, ya? Simak pembahasannya berikut, ini!

Apa itu Kelelahan?

Kelelahan adalah suatu kondisi di mana kamu selalu merasa lelah, lesu, atau kurang energi. Kondisi ini bukan sekadar mengantuk. Mengantuk bisa menjadi gejala kelelahan, tetapi kedua kondisi tersebut tidak sama.

Kelelahan adalah gejala umum dari banyak kondisi medis, dari ringan hingga berat, dan bahkan kondisi yang dapat menyebabkan kematian. Kelelahan juga bisa merupakan konsekuensi alami dari gaya hidup tertentu, seperti kurang olahraga dan pola makan yang buruk.

Kenapa tubuh mudah lelah?

Penyebab tubuh mulai lelah bisa dibedakan ke 3 kategori utama, yakni gaya hidup, masalah medis, dan masalah kesehatan mental. Berikut penjelasannya:

Gaya hidup

Pilihan gaya hidup yang kamu terapkan dapat mempengaruhi tubuh kelelahan. Beberapa faktor gaya hidup yang bisa menyebabkan kelelahan yaitu:

  • Olahraga atau bekerja yang berlebihan
  • Kurang aktivitas fisik
  • Kurang tidur
  • Obesitas
  • Bosan
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Konsumsi alkohol dan kafein berlebihan
  • Pola makan tidak teratur dan tidak nutritif

Masalah medis

Banyak orang dengan masalah medis tertentu mengalami kelelahan sepanjang hari. Beberapa isu medis ini seperti:

  • Nyeri otot
  • Anemia
  • Penyakit yang berhubungan dengan hormon
  • Hipotiroidisme
  • Hipertiroidisme (tiroid overaktif)
  • Gangguan tidur
  • Gangguan makan
  • Gangguan autoimun
  • Artritis
  • Fibromyalgia
  • Gagal jantung
  • Sakit ginjal
  • Penyakit paru obstruktif kronis
  • Kanker
  • Diabetes
  • Infeksi pada area tubuh tertentu
  • Emfisema

Masalah kesehatan mental

Orang dengan gangguan kesehatan mental juga dapat mengalami kelelahan yang berlebihan. Beberapa contoh gangguan kesehatan mental ini, seperti:

  • Depresi
  • Gangguan kecemasan
  • Skizofrenia
  • OCD

Ciri-ciri tubuh kelelahan

Jika tubuh mengalami kelelahan, tubuh akan memberikan tanda-tandanya. Secara umum, ada beberapa gejala atau ciri-ciri tubuh kelelahan, yaitu:

  • Tidak bertenaga
  • Motivasi rendah
  • Lelah walaupun banyak tidur
  • Tidak fokus
  • Suasana hati yang terganggu
  • Penglihatan kabur
  • Reaksi terhadap kejadian jadi lebih lambat

Cara mengatasi tubuh yang kelelahan

Ada beberapa cara agar tubuh tidak mudah lelah, yaitu:

1. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh manusia. Namun, makan saja tidak mengatasi rasa lelah. Kamu memerlukan diet seimbang yang mencakup berbagai nutrisi, seperti protein, karbohidrat kompleks, lemak, vitamin dan mineral.

Berikut adalah beberapa makanan bergizi dan lezat untuk bahan bakar tubuhmu:

  • Kacang-kacangan, seperti almond, kacang tanah, kacang mete, dan lain-lain
  • Biji-bijian, seperti biji bunga matahari dan beras merah
  • Buah-buahan seperti jeruk, pisang, dan mangga
  • Sayuran seperti brokoli, wortel, kentang, dan bayam
  • Susu dan olahan susu, seperti keju dan yoghurt
  • Telur, ikan dan daging atau kulit tanpa lemak

Batasi konsumsi junk food dan makanan olahan, seperti makanan kaleng dan beku agar nutrisi makanan yang kamu dapat lebih lengkap.

2. Batasi konsumsi kafein dan alkohol

Kafein memang bisa membuatmu lebih bersemangat, tetapi efeknya hanyalah bersifat sementara. Saat efek kafein hilang, kamu mungkin bisa merasa lebih lelah. Efek ini disebut juga caffeine crash. Selain itu, konsumsi kafein berlebihan atau terlalu sering juga bisa menimbulkan gejala putus kafein. Kondisi ini bisa membuatmu merasa sulit tidur, susah konsentrasi, cemas, dan kurang bertenaga atau cepat lelah.

Selain kafein, konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan juga dapat mengganggu fungsi otak serta menyebabkan gangguan tidur. Paparan alkohol dapat membantumu tertidur lebih cepat, tetapi juga dapat membuat kamu merasa pusing, sakit kepala, dan menjadi kurang aktif keesokan harinya.

3. Mengelola stres dengan baik

Stres menghabiskan energi dan dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental. Tidak hanya menurunkan energi, stres juga dapat menyebabkan insomnia dan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Kelelahan dapat diatasi dengan manajemen stres yang tepat. Salah satu cara untuk mengatasi stres adalah relaksasi seperti yoga dan meditasi. Kamu juga bisa melakukan hobi atau aktivitas favoritmu, seperti menonton film atau mendengarkan musik untuk mengurangi stres.

4. Olahraga rutin

Olahraga teratur dapat mempercepat metabolisme, meningkatkan mood, dan membantu tidur lebih lelap di malam hari. Ini tentu akan menyegarkan tubuhmu sehingga kamu tidak mudah merasa lelah.
Kamu bisa memulai dengan olahraga ringan, seperti jalan kaki selama 15 menit. Lakukan ini secara teratur dan secara bertahap tingkatkan jam menjadi 2,5 jam per minggu.

6. Tidur yang cukup

Tidur adalah salah satu cara untuk mengisi kembali energi setelah seharian beraktivitas. Oleh karena itu, penting untuk tidur minimal 8 jam setiap malam untuk menghindari kelelahan.

Jika kamu merasa lelah di siang hari, cobalah tidur siang selama 20-30 menit. Ini memberimu perasaan segar dan energi yang lebih baik.

Reference
Share