kalori samyang

Jika kamu suka makanan pedas, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Samyang. Yup, Samyang adalah merek mi instan yang berasal dari Korea Selatan. Mi Samyang terkenal karena rasa pedasnya yang kuat dan umumnya dikonsumsi sebagai camilan atau makanan ringan. Namun, kira-kira berapa kalori Samyang, ya?

Kalori Samyang yang perlu kamu ketahui

Yoonies, salah satu varian mi instan Samyang yang terkenal adalah Samyang Hot Chicken Flavour Ramen atau sering disebut dengan Samyang Spicy Ramen. Samyang Spicy Ramen terbuat dari mi kering dengan saus bumbu pedas berwarna merah. Meskipun rasanya sangat pedas, tetapi mi Samyang ini tetap menjadi pilihan favorit bagi banyak orang, lho.

Nah, daripada makanan lainnya, kalori Samyang memang cukup tinggi. Dari jumlah 530 kalori di dalam satu bungkusnya, berikut rincian kandungan nutrisi di dalamnya:

  1. Lemak: 16 gram
  2. Protein: 12 gram
  3. Karbohidrat: 85 gram
  4. Gula: 7 gram

Lagi Diet dan Ingin Ngemil, Berapa Kalori Bakso Kuah?

Apakah ada manfaat mengonsumsi Samyang?

apakah ada manfaat mengonsumsi samyang kalori tinggi

Meskipun tingkat kalori Samyang tinggi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat kesehatan saat mengonsumsinya, lho. Berikut manfaat mengonsumsi Samyang perlu kamu ketahui!

1. Meningkatkan metabolisme tubuh

Biasanya, makanan pedas mengandung capsaicin atau senyawa yang membuat cabai pedas. Nah, beberapa penelitian menemukan bahwa capsaicin bisa meningkatkan kemampuan tubuh untuk memecah lemak dan membakar lebih banyak energi.

2. Mengontrol nafsu makan

Mengonsumsi Samyang yang pedas juga berpengaruh pada hipotalamus atau bagian otak yang bisa mengontrol rasa lapar dan kenyang. Biasanya, saat mengonsumsi makanan pedas, kamu akan merasa kenyang lebih cepat dan lama.

Enak dan Murah, Berikut Jumlah Kalori Pop Mie!

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang pedas dapat mengurangi risiko beberapa jenis penyakit, seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes tipe 2. Hal ini karena rasa pedas dari rempah-rempah dapat membantu memecah lemak dalam makanan.

4. Meningkatkan mikrobioma

Untuk kamu yang perutnya sensitif, mungkin makanan pedas bukan menjadi pilihan utama. Namun, nyatanya, untuk orang-orang yang tidak memiliki masalah pada perut atau pencernaan, makanan pedas sebenarnya baik untuk mikrobioma di usus. Mikrobioma adalah komunitas bakteri dan mikroba lain yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh dan aspek kesehatan lainnya.

5. Mengurangi peradangan

Hidangan panas dan pedas juga bisa mengurangi peradangan di dalam tubuh. Menurut penelitian, capsaicin dapat membantu memerangi peradangan tingkat rendah di usus, seperti peradangan yang berkaitan dengan obesitas.

Kalori Mie Gelas Tinggi? Coba 5 Tips Untuk Tetap Nyaman Konsumsi Mie Instan

Cara memasak Samyang yang sehat

Meskipun memiliki manfaat tersendiri, bukan berarti kamu bisa mengonsumsi Samyang setiap hari nih, Yoonies. Salah satu tips sehat makan Samyang adalah kamu bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu yang berjauhan, seperti satu kali dalam dua minggu atau satu bulan.

Intinya, sebaiknya makan mi instan dalam porsi yang wajar, tidak berlebihan, dan tidak terlalu sering. Jika ingin mengonsumsinya, kamu bisa mengikuti cara memasak Samyang di bawah ini.

Bahan-bahan:

  1. 1 bungkus mi instan Samyang Hot Chicken Flavour Ramen
  2. 500 ml air

Cara memasak Samyang:

  1. Siapkan panci dan masukkan air ke dalamnya. Kemudian, panaskan air hingga mendidih.
  2. Buka bungkus mi instan Samyang Hot Chicken Flavour Ramen dan keluarkan mi serta bumbunya.
  3. Setelah air mendidih, masukkan mi ke dalam panci. Setelah itu, rebus selama tiga sampai empat menit atau sampai mi terlihat matang.
  4. Setelah mi matang, kamu bisa mematikan api dan tiriskan air rebusan menggunakan saringan atau tuangkan air panasnya ke wastafel.
  5. Tuangkan mi pada piring atau mangkuk dan campurkan dengan bumbu Samyang hingga terbalut oleh bumbu.
  6. Jika sudah, Samyang Hot Chicken Flavour Ramen siap disajikan. Kamu dapat menambahkan bahan pelengkap lainnya, seperti potongan daun bawang, telur, atau irisan sayuran untuk menambah kelezatan mi dan menambahkan nutrisi.

Berapa Kalori Ramen? Amankah Dikonsumsi Saat Diet?

Meskipun Samyang memiliki rasa yang lezat dan menjadi camilan favorit banyak orang, tetapi mi instan ini juga memiliki jumlah kalori yang tinggi.  Oleh karena itu, konsumsilah Samyang dengan bijak dan hindari mengonsumsi secara berlebihan ya, Yoonies.


Penulis: Nabila Ramadhani


Share artikel ini
Reference