13 Obat Tradisional Sakit Kencing pada Wanita, Ada Yoghurt lho!

Sakit kencing pada wanita dapat diobati dengan cara medis maupun tradisional. Gejala sakit kencing pada wanita biasanya diikuti rasa terbakar, nyeri pada panggul, warna urin yang gelap, bahkan beraroma tajam.

Beberapa obat tradisional sakit kencing pada wanita diketahui mampu mencegah dan mengobati beberapa gejala tersebut dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti buah jeruk yang kaya vitamin C, buah pisang, jus cranberry, bahkan air putih sekalipun.

Selain obat-obat tersebut, tentu saja kamu diharapkan membangun kebiasaan-kebiasaan sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Obat tradisional sakit kencing pada wanita

Menurut beberapa penelitian ilmiah, pengobatan penyakit kencing dapat dilakukan di rumah maupun secara alami. Berikut adalah beberapa obat sakit kencing alami yang dapat kamu coba:

1. Minum banyak air putih

Minum air putih yang cukup adalah salah satu cara termudah untuk mencegah dan mengobati penyakit saluran kemih. Air membantu organ saluran kemih membuang limbah dari tubuh dan mempertahankan nutrisi serta elektrolit.

Tubuh yang terhidrasi dapat mengencerkan urin dan mempercepat perjalanan urin sehingga bakteri tidak memiliki waktu untuk mencapai sel-sel organ kemih yang menyebabkan infeksi. Kamu dapat minum setidaknya enam hingga 8 gelas air setiap hari.

2. Mengonsumsi buah dan makanan yang kaya vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Setelah bereaksi dengan nitrat dalam urin, vitamin C akan membentuk nitrogen oksida yang dapat membunuh bakteri. Kamu dapat mengonsumsi jeruk, buah beri, kiwi, serta makanan kaya vitamin C lainnya.

3. Minum jus cranberry tanpa gula

Salah satu obat tradisional untuk membersihkan infeksi dan mempercepat pemulihan luka adalah dengan mengonsumsi jus cranberry. Cranberry mengandung senyawa yang dapat mencegah bakteri E. coli menempel pada sel di saluran kemih.

Jus cranberry juga mengandung antioksidan dan polifenol yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Kamu dapat minum jus cranberry tanpa gula sebanyak 400 ml untuk mencegah dan mengobati penyakit saluran kemih.

4. Mengonsumsi probiotik seperti yogurt dan tempe

Bakteri menguntungkan atau probiotik dapat membantu menjaga saluran kemih tetap sehat dan bebas dari bakteri berbahaya. Berperan sebagai obat tradisional sakit kencing pada wanita, probiotik lactobacilli dapat mencegah dan mengobati penyakit saluran kemih dengan cara:

  • Mencegah bakteri menempel pada saluran kemih.
  • Memproduksi anti bakteri kuat, hidrogen peroksida, dalam urin.
  • Menurunkan pH urin.
  • Probiotik alami dapat ditemukan dalam produk fermentasi dan susu seperti yogurt, kefir, keju, kol parut, ataupun tempe.

5. Tidak menahan keinginan buang air kecil

Selain dapat membantu membersihkan bakteri di saluran kemih, tidak menahan buang air kecil dapat mengurangi jumlah waktu bakteri menempel dan menimbulkan infeksi. Oleh karena itu, selalu buang air kecil sesegera mungkin ketika kamu merasa ingin berkemih.

6. Menjaga kebersihan setelah buang air kecil

Infeksi saluran kemih banyak berkembang ketika bakteri dari kotoran (feses) memperoleh akses ke uretra. Setelah di uretra, bakteri dapat melakukan perjalanan ke organ saluran kemih lain dan menimbulkan infeksi.

Oleh karena itu, setelah buang air kecil, bersihkan alat kelamin dengan kertas toilet yang terpisah antara organ intim dan anus. Akan lebih baik jika kamu membersihkan dari arah depan menuju ke belakang.

7. Memanfaatkan ekstrak bawang putih

Bawang putih terkenal dengan sifat antibakteri dan antijamur. Salah satu senyawa bawang putih, allicin, memiliki sifat antimikroba yang terbukti efektif membunuh E. coli. Oleh karena itu, mengonsumsi bawang putih adalah cara yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

8. Membersihkan diri setelah berhubungan seksual

Hubungan seksual memberikan akses bakteri dan mikroba dari luar tubuh ke saluran kemih. Oleh karena itu ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya:

  • Buang air kecil sebelum dan setelah berhubungan seks.
  • Membersihkan organ intim sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual.

9. Menggunakan pakaian dalam yang longgar

Kenakanlah pakaian dalam yang longgar dan berbahan katun agar uretra tetap bersih dan kering. Bila pakaian dalam terlalu ketat dan terbuat dari serat sintetis dapat memicu kelembaban dan pertumbuhan bakteri.

10. Menggunakan kompres hangat

Peradangan dan iritasi pada saluran kemih dapat menyebabkan rasa terbakar, tertekan, dan nyeri. Kamu dapat menenangkan area tersebut dengan meletakkan kompres hangat atau bantalan pemanas.

11. Menerapkan gaya hidup sehat

Bagi kamu yang mengalami infeksi saluran kemih, salah satu obat tradisional sakit kencing adalah menjauhi rokok, alkohol, makanan pedas, dan nikotin dapat mengiritasi kandung kemih secara terus-menerus sehingga menghambat penyembuhan kandung kemih.

Kamu juga diharapkan memiliki pola hidup sehat seperti makan makanan sehat yang baik untuk pencernaan.

12. Perbanyak konsumsi pisang

Menurut riset yang dilakukan oleh American Urological Association, pisang disebut sebagai makanan yang ramah pada kandung kemih. Selain pisang, kamu dapat mengonsumsi buah pir, kacang hijau, labu, dan kentang.

13. Batasi minuman berkarbonasi dan gula

Bakteri menyukai gula, oleh sebab itu semakin banyak gula yang dikonsumsi semakin banyak pula bakteri yang diberi makan. Kurangilah makanan dan minuman yang mengandung gula.

Itulah jenis obat-obatan tradisional yang dapat membantu mengobati sakit kencing pada wanita. Jika keluhan sakit kencing yang kamu rasakan tidak membaik, segera periksakan diri ke layanan kesehatan terdekat ya.

EverydayHealth. https://www.everydayhealth.com/urinary-tract-infections/helpful-home-remedies-for-urinary-tract-infections.aspx
Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021
MedicalNewsToday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322411
Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021
SingleCare. https://www.singlecare.com/blog/home-remedies-for-uti/
Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021
HealthLine.
https://www.healthline.com/nutrition/uti-home-remedies#4.-Take-a-probiotic
Diakses pada tanggal 19 Oktober 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.