minum sprite saat haid

Telat haid mungkin menjadi salah satu kekhawatiran bagi banyak orang sehingga tidak sedikit wanita yang mencoba berbagai cara supaya haid cepat datang, salah satunya adalah minum sprite saat telat haid. Namun, benarkah cara tersebut bisa mempercepat haid?

Pasalnya, tidak sedikit orang percaya bahwa mengkonsumsi minuman bersoda seperti sprite dapat membantu mengatasi telat haid. Namun, apakah memang begitu? Yuk, simak langsung ulasan berikut ini biar gak salah paham!

Apakah minum sprite bisa mempercepat haid?

bau darah haid dan darah awal kehamilan

Minuman bersoda dan minuman manis dapat membuat perempuan lebih cepat mengalami menstruasi. Bahkan, dalam penelitian yang dilakukan terhadap anak perempuan berusia 9-14 tahun menunjukan rata-rata mereka yang mengonsumsi lebih dari 1,5 minuman yang dimaniskan dengan gula setiap hari mengalami menstruasi pertama 2,7 bulan lebih awal, daripada anak perempuan yang mengonsumsi minuman ini dua kali seminggu atau kurang.

Namun, apakah mengkonsumsi sprite atau minuman bersoda juga dapat mempercepat haid yang telat? Ternyata minum soda seperti sprite tidak dapat membuat haid menjadi lebih cepat ini adalah mitos! Cara untuk mempercepat haid yang terlambat adalah dengan mengkonsumsi obat hormon dari dokter jika memang kamu mengalami masalah siklus menstruasi.

Jika memang tepat haid hanya beberapa hari, kondisi ini tidak perlu dikhawatirkan karena masih wajar dan kamu akan haid lagi dengan sendirinya.

Pengaruh minum soda saat haid

Minum soda saat menstruasi sangat tidak dianjurkan. Ini karena minuman tersebut mengandung gula dan kafein yang dapat memperparah keluhan haid. 

Kafein sendiri dapat mempersempit pembuluh darah termasuk pada rahim. Hal ini akan menyebabkan kram perut semakin parah. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan nyeri pada payudara dan menimbulkan rasa cemas ketika haid. 

Bukan hanya kafein, soda juga mengandung gula tinggi dan dapat memicu peradangan. Jika kamu mengkonsumsi saat menstruasi, kram perut akan semakin parah.

Kandungan gula yang tinggi juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh menjadi tidak seimbang dan membuat tubuh menjadi kurang berenergi dan mudah lelah.

Deretan Cara Mempercepat Haid Yang Bisa Kamu Tiru

Cara mengatasi telat haid dengan 9 makanan ini

Dari pada minum sprite saat telah haid, lebih baik atasi telat haid dengan mengkonsumsi makanan berikut ini.

1. Jahe

Jahe dapat merangsang aliran menstruasi bahkan mengkonsumsi teh jahe dengan madu dapat membantu tubuh lebih tenang dan meningkatkan panas dalam tubuh. Ini akan membuat rahim berkontraksi dan membuat kamu jadi haid. 

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

2. Buah bit

Bit memiliki kandungan mineral seperti zat besi, kalsium dan asam folat yang batu kurangi kembung selama menstruasi. Zat besi juga bantu tingkatkan sirkulasi darah yang ada di sekitar rahim. Buah ini akan membantu kamu lebih cepat haid.

3. Nanas

Nanas mengandung bromelain yang dapat membuat lapisan rahim menjadi lebih lembut dan luruh. Sehingga haid juga bisa lebih cepat terjadi.

4. Biji Ketumbar

Biji ketumbar berguna untuk mengatasi haid tidak teratur. Kamu bisa merebus satu sendok teh biji ketumbar dengan 2 gelas air. Setelah itu, saring dan minum minuman tersebut. Konsumsi 3 kali sehari selama 4-5 hari sebelum haid. 

5. Peterseli

Peterseli memiliki kandungan vitamin C. Vitamin C dapat membantu merangsang kontraksi rahim. Kamu bisa konsumsi peterseli untuk mengatasi menstruasi telat.

6. Kunyit

Bukan rahasia lagi jika kunyit memang dapat mengatasi masalah menstruasi. Kunyit dapat meningkatkan kadar estrogen dan progesteron yang berperan penting dalam terjadinya menstruasi. 

Kamu bisa konsumsi kunyit dengan menambahkannya dalam makanan atau menjadikannya sebagai minuman. Campur kunyit dengan madu supaya rasanya enak.

7. Buah kaya vitamin C

kamu juga bisa konsumsi buah dengan kandungan vitamin C seperti jeruk beri dan berbagai buah lainnya. Vitamin C sendiri dapat memicu tingkat hormonal hingga meningkatkan estrogen yang dapat atasi menstruasi tidak teratur. 

Kekurangan Vitamin C? Penuhi dengan Makanan yang Mengandung Vitamin C!

8. Pepaya

Mengkonsumsi pepaya mentah juga baik untuk memicu atau mempercepat menstruasi. Manfaat pepaya juga membantu merangsang kontraksi rahim dan memungkinkan haid menjadi lebih baik. 

Selain itu, pepaya juga mengandung karoten yang dapat meningkatkan kadar estrogen yang berperan dalam haid. 

9. Kayu manis

Makanan selanjutnya adalah kayu manis. Pasalnya, kayu manis dapat menghangatkan tubuh terutama di sekitar rahim serta dapat mengatur siklus haid tidak teratur. Kamu bisa campurkan segelas susu dengan sesendok teh kayu manis untuk melancarkan haid.

Itulah sejumlah makanan yang dapat atasi telah haid. Jadi, alih-alih minum sprite saat telat haid, lebih baik konsumsi berbagai makanan di atas, ya!

Share artikel ini
Reference