penyebab dan cara mengatasi muka merah gatal

Muka merah dan gatal memang sangat menyebalkan. Tak hanya ganggu penampilan, rasa gatal juga membuat tak nyaman. Ternyata ada banyak penyebab dan cara mengatasinya. Yuk, simak selengkapnya di artikel ini!

Penyebab muka merah gatal

Sebelum tahu cara mengatasi, tentunya harus tahu penyebabnya. Berikut beberapa penyebab muka merah dan gatal yang perlu diketahui:

1. Alergi 

Penyebab muka merah gatal yang pertama adalah alergi. Reaksi alergi setiap orang memanglah beda-beda. Alergi bisa terjadi karena paparan debu, angin, atau bahkan karena bahan kimia tertentu.

2. Kulit kering

Perubahan cuaca sering kali membuat kulit kering. Apalagi jika memiliki jenis kulit yang kering karena penumpukan sel kulit mati dan akibat kulit yang kurang terhidrasi. Sebaiknya gunakan pelembap saat kulit terasa kering.

3. Efek samping obat tertentu

Muka merah gatal juga bisa karena efek samping mengonsumsi obat-obatan. Ada beberapa obat-obatan yang menyebabkan alergi sehingga membuat kondisi kulit menjadi kering.

4. Eksem

Beberapa orang memang terlahir memiliki kondisi kulit ini. Jika orang tua memiliki kondisi kulit ini, maka kamu bisa jadi mengalami kondisi ini. Segera konsultasikan ke dokter kulit jika sering mengalami ruam gatal di beberapa area di kulit.

5. Paparan sinar matahari

Sinar matahari bisa menyebabkan kulit wajah terbakar, kering dan kulit pecah-pecah. Untuk itu, gunakan sunscreen dengan rutin untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari.

Penyebab dan Cara Mengobati Bintik Merah Pada Kulit Disertai Gatal

Cara mengatasi muka merah gatal

Berikut beberapa cara mengatasi muka merah gatal yang bisa kalian lakukan sendiri di rumah:

1. Kompres wajah

Sewaktu kulit mulai terasa gatal, alih-alih menggaruknya, kompreslah area kulit yang merah gatal itu dengan handuk yang telah direndam ke air dingin. Kamu juga bisa gunakan kompres es batu.

2. Cuci bersih

Pilihan lain selain kompres es batu, kamu bisa langsung membasuh area wajah yang merah gatal dengan air hangat guna menenangkan kulit. Cara ini lebih efektif untuk penderita kulit gatal setelah kontak dengan sumber alergi.

3. Jangan stres

Tahukah kamu kalau stres dapat memperburuk kondisi kulit yang merah dan gatal? Oleh karena itu, kelola stres agar kondisi kulit yang kamu rasakan tidak memburuk.

4. Sementara hentikan pemakaian makeup 

Hentikan semua pemakaian makeup untuk sementara waktu agar bisa semakin membaik atau tidak semakin parah kondisinya. 

5. Basuh air hangat

Kamu bisa membasuh area wajah merah yang gatal dengan air hangat tanpa sentuhan sabun ataupun bahan kimia lainnya agar tidak memperparah iritasi.

Itulah kelima cara mengatasi yang bisa kamu coba. Konsultasikan ke dokter kulit apabila wajah merah dan gatal tetap tidak mereda atau malah semakin parah ya, Yoonies!


Penulis: Anggraini Nurul

Share artikel ini