Untuk menjaga kebugaran dilakukan dengan

Tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat didapatkan melalui pola kebugaran jasmani. Nah, untuk menjaga kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan menerapkan hidup yang sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga, dan lainnya.

Olahraga yang dilakukan untuk menjaga kebugaran jasmani pun cukup mudah dan ada berbagai macam. Penasaran apa saja olahraga yang sesuai dan tips menjaga kebugaran? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu kebugaran jasmani?

kebugaran jasmani adalah kebutuhan yang harus kita penuhi agar tubuh kita dapat melakukan berbagai aktivitas. Singkatnya, kebugaran jasmani merupakan suatu bentuk kemampuan fisik seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari tanpa merasa terlalu lelah, dan tentunya tetap memiliki cadangan energi.

Semakin sehat seseorang, semakin baik kemampuannya untuk menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu cara untuk menjaga kebugaran jasmani adalah dengan secara teratur. Semakin rutin kamu berolahraga, tubuh akan lebih kuat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Olahraga untuk menjaga kebugaran jasmani

Latihan kebugaran jasmani berguna untuk meningkatkan stamina tubuh dalam menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, untuk menjaga kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan olahraga teratur. Berikut beberapa olahraga mudah yang bisa kamu lakukan.

Jogging

Jogging merupakan jenis olahraga yang paling mudah dan dapat dilakukan siapa saja. Jogging tidak harus dilakukan di luar ruangan. Kamu juga bisa jogging di lorong atau halaman rumah. Jika di sekitar rumahmu ada tangga, kamu juga bisa memanfaatkan tangga tersebut.

Jumping jack

Latihan lain yang bisa kamu praktikkan di rumah adalah jumping jack. Jika kamu belum tahu cara mempraktikkan jumping jack, kamu bisa mencari referensinya di Youtube. Selain sederhana dan praktis, jumping jack adalah latihan kardio pemanasan yang sangat baik bagi tubuhmu.

Push Up

Push-up adalah salah satu latihan yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa bantuan alat. Meski gerakannya sangat sederhana, namun variasi push up sebenarnya sangat beragam. Para influencer kesehatan, sudah memiliki banyak referensinya di kanal YouTube.

Leg Lift

Leg lift juga merupakan olahraga yang mudah dan dapat dilakukan di rumah. Gerakan ini sangat bagus untuk memperkuat otot kaki. Kamu juga bisa menggabungkan leg lift dengan gerakan lain, seperti push-up atau sit-up.

Sit Up

Latihan selanjutnya yang sangat dianjurkan untuk kebugaran adalah sit-up. Sit-up membantu memperkuat otot perut. Cara ini sangat efektif untuk mengencangkan otot perut yang kendur.

Squat

Squat membantu memperkuat kaki dan punggung. Terapkan cara squat yang tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan juga berulang kali hingga kamu terbiasa.

Tips menjaga kebugaran jasmani

Seperti yang telah disebutkan, untuk menjaga kebugaran jasmani, kamu dapat melakukannya dengan olahraga. Namun, tentu saja ada hal-hal lain yang perlu kamu ketahui sebagai tips menjaga kebugaran jasmani secara efektif, yaitu:

Rutin olahraga

Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan setiap orang yang berusia 18-65 rajin berolahraga setidaknya 150 menit per minggu. Untuk itu, lakukan olahraga minimal 3-5 hari seminggu.

Bentuk latihan kebugaran yang efektif adalah memulai secara perlahan dengan latihan intensitas rendah hingga sedang, seperti jogging, bersepeda santai, senam aerobik, berenang, dan sebagainya.

Setelah tubuhmu terbiasa berolahraga, kamu bisa menambah waktu dan frekuensi olahraga. Hal yang sama berlaku untuk jenis latihan tergantung pada apa yang ingin kamu capai.

Makan sehat dengan gizi seimbang

Meningkatkan kebugaran jasmani dengan olahraga tentu perlu diimbangi dengan asupan makanan yang cukup untuk melengkapi energi yang dikonsumsi. Makan secara teratur juga dapat meningkatkan energimu untuk terus bergerak.

Namun, kamu juga tidak boleh makan sembarangan. Makanan yang tidak sehat justru bisa membuatmu kurang energik. Selain itu, seiring waktu, pola makan yang buruk dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti kelebihan berat badan atau obesitas hingga tekanan darah tinggi dan diabetes.

Penyakit-penyakit ini tentu akan menghalangi segala cara yang kamu lakukan untuk menjaga tubuh kembali sehat dan bugar. Oleh karena itu, batasi asupan makanan manis, asin, berminyak, dan berlemak.

Atur pola tidur

Keuntungan memiliki tubuh yang sehat adalah kamu dapat terus beraktivitas tanpa merasa lelah. Nah, cara lain untuk mempertahankan kebugaran tubuh yang tidak boleh kamu lewatkan adalah tidur secara teratur.

Tidur membantu proses pemulihan otot dan memperbaiki kerja jantung dan pembuluh darah setelah seharian beraktivitas. Tidur juga membantu tubuh mengeluarkan racun dan mengatur kembali kadar glukosa dalam tubuh.

Tidak cukup tidur berarti tubuhmu tidak memiliki cukup waktu untuk pulih. Kebiasaan begadang dan kurang tidur dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi, diabetes, dan stroke.

Manfaat menjaga kebugaran jasmani

Selain membuatmu tetap bisa beraktivitas dengan baik, menjaga kebugaran jasmani dapat memberimu beberapa manfaat sebagai berikut:

1. Menjaga berat badan tetap ideal

Olahraga dapat membakar kalori yang memungkinkanmu untuk menjaga berat badan tetap ideal. Namun, seperti dijelaskan di atas, olahraga juga harus dibarengi dengan pola makan yang sehat dan tidak berlebihan.

2. Membantu mengontrol kadar gula darah

Olahraga juga dapat mengontrol dan menurunkan gula darah, karena selama berolahraga, sel-sel tubuh menjadi lebih mudah menerima gula darah. Dengan berolahraga secara teratur, gula darah bisa menjadi lebih stabil. Ini dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular

Jika kamu berolahraga secara teratur, otot jantungmu akan bekerja dan menjadi lebih kuat untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung yang kuat dapat menjaga tekanan darah tetap stabil. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dan pembuluh darah juga akan lebih rendah.

4. Menjaga kesehatan tulang

Orang yang rutin berolahraga telah terbukti memiliki kepadatan dan kekuatan tulang yang lebih baik. Olahraga juga membantu mencegah osteoporosis, terutama pada orang berusia 20-30 tahun. Jenis latihan fisik yang dapat dilakukan untuk memperkuat tulang antara lain panjat tebing, panjat tangga, dan angkat beban.

5. Memperbaiki mood

Latihan fisik juga dapat meningkatkan mood. Selain dapat meningkatkan kadar endorfin, dapat menimbulkan emosi kegembiraan dan emosi positif, tetapi latihan kebugaran fisik juga dapat mengalihkan pikiran negatif yang berkecamuk di pikiranmu.

6. Mengurangi stres dan depresi

Olahraga dapat meningkatkan kadar serotonin darah, yang umumnya berkurang pada penderita depresi. Orang yang berolahraga secara teratur juga cenderung memiliki kesehatan emosional dan mental yang lebih baik, yang mengurangi risiko penyakit mental.

Itu tadi cara menjaga kebugaran jasmani yang bisa kamu lakukan supaya kamu tetap sehat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa menerapkan beberapa jenis olahraga yang ringan dan mudah secara teratur.

Share artikel ini
Reference