cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal

cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal

Cara mengobati bintik merah pada kulit dan disertai gatal memang tidak sulit. Solusi utamanya bisa dimulai dari mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Namun, bagaimana bisa bintik merah dan gatal muncul di kulit?

Pada umumnya, munculnya bintik merah pada kulit dikarenakan kulit yang bersifat sensitif. Bisa terjadi karena hal yang cukup sepele seperti gigitan serangga, atau hal yang cukup serius dari sisi kesehatan.

Lalu, bagaimana cara mengobati bintik merah pada kulit dan disertai gatal? Yuk, kupas tuntas semuanya di sini!

Lalu, penyebab bintik merah pada kulit yang disertai gatal adalah…

Sebelum membahas cara mengobatinya, kamu perlu tahu beberapa penyebab adanya bintik merah yang gatal tersebut. Dari sisi kesehatan atau medis, berikut beberapa penyebab bintik merah pada kulit yang disertai gatal:

1. Pityriasis rosea

Pertama, yaitu dikarenakan kondisi pityriasis rosea di mana kulit mengalami peradangan hingga menghasilkan ruam merah.

Bercak atau ruam yang didapat dari pityriasis rosea biasanya berbentuk oval, berwarna merah, dan bersisik.

Kurang lebih, teksturnya sendiri hampir menyerupai kurap. Tidak hanya dari sisi kulit, pityriasis rosea juga bisa mengakibatkan seseorang sakit tenggorokan serta demam.

2. Dermatitis kontak

Sering dialami banyak orang, bintik merah pada kulit disertai gatal juga bisa terjadi karena adanya dermatitis kontak. Dermatitis kontak adalah ruam yang disebabkan oleh bahan alergi.

Jika tubuhmu bersentuhan dengan produk yang mengandung kandungan alergi di dalamnya seperti produk pembersih yang kuat, kemungkinan besar mengalami dermatitis kontak pun akan terjadi.

Jadi, pastikan kamu tidak menyentuh produk yang kemungkinan besar mengandung bahan alergi di dalamnya, ya.

3. Kepanasan

Kepanasan juga bisa menjadi salah satu alasan utama kulit memiliki bintik merah yang gatal, lho. Saat tubuh mengalami kepanasan dan menghasilkan keringat, pori-pori di kulit akan tersumbat sehingga menghasilkan ruam.

Biasanya, ruam yang diakibatkan dari kondisi suhu tubuh yang meningkat akan terbentuk di bagian lipatan tubuh.

Tidak sulit untuk diobati, cara mengatasi bintik merah pada kulit dan disertai gatal yang disebabkan oleh kepanasan bisa hilang dengan sendirinya jika suhu tubuh sudah menjadi normal seperti sedia kala.

4. Berenang

Kamu menyukai olahraga berenang? Pada dasarnya, aktivitas ini bisa menjadi penyebab bintik merah pada kulit disertai gatal juga. Hal ini disebabkan kolam renang memiliki berbagai kandungan di dalamnya.

Ditambah lagi, adanya beberapa kemungkinan mengenai parasit di dalam kolam renang, danau, atau lautan yang kamu tempati.

Saat tempatmu berenang mengandung parasit, parasit tersebut bisa masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, reaksi yang timbul berupa bintik merah pada kulit dan disertai gatal.

5. Kurap

Sering terjadi, penyebab bintik merah pada kulit yang disertai gatal juga bisa dikarenakan oleh kurap. Kurap bisa timbul disebabkan oleh adanya jamur.

Jadi, tidak menutup kemungkinan juga jika kamu memiliki kurap saat terdapat bintik merah yang gatal di kulit.

6. Dermatitis atopik

Termasuk ke salah satu jenis eksim, dermatitis atopik dikenal bisa menyerang bayi hingga orang dewasa. B

eberapa gejala umum dari dermatitis atopik adalah kulit yang kering, berwarna merah, pecah-pecah, terasa gatal, serta nyeri.

Jika kamu mengalami hal ini, pastikan tidak menggaruk area yang gatal tersebut, ya.

7. Obat-obatan

Jika kamu mengalami alergi terhadap suatu obat tertentu, bisa jadi penyebab kulitmu mengalami bintik merah dan gatal dikarenakan obat tersebut.

Tidak hanya obat berjenis oles, namun hal ini juga bisa terjadi jika kamu alergi terhadap obat minum tertentu.

8. Psoriasis

Penyebab lainnya bisa dikarenakan oleh psoriasis yang merupakan penyakit autoimun.

Penderita psoriasis biasanya memiliki bercak yang bersisik pada bagian kulit suku, lutut, kepala, atau bagian tubuh lainnya. Akibatnya, kulit tubuh akan terasa gatal secara terus-menerus.

Berbagai cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal

Dari penjabaran di atas mengenai penyebab bintik merah pada kulit yang disertai gatal, kondisi tersebut perlu diatasi dengan sesegera mungkin, lho.

Jika tidak, pastinya bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari sebab rasa gatal yang dihasilkan.

Jika kamu mengalami kondisi kulit yang gatal, berikut beberapa cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal yang bisa diikuti:

  • Kompres bagian kulit yang merah dan gatal dengan air dingin hingga rasa gatal mereda
  • Cobalah mandi menggunakan oatmeal agar mampu menenangkan kondisi kulit
  • Gunakan pelembab yang tidak mengandung wewangian untuk kulit

Tips mengatasi bintik merah yang disertai gatal dengan perubahan pola hidup

Lalu, bagaimana cara mengobati bintik merah pada kulit disertai gatal? Tidak sulit, salah satunya adalah dengan merubah gaya hidup.

Memiliki gaya hidup yang sehat menjadi salah satu kunci utama dalam menjauhkan diri dari berbagai penyakit, termasuk penyakit kulit.

Seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati. Nah, berikut beberapa cara agar kamu bisa mencegah adanya bintik merah pada kulit yang disertai gata melalui pola hidup terbaru:

  • Cobalah mandi dengan air hangat selama 10 menit
  • Gunakan sabun dan lotion untuk tubuh yang bebas dari kandungan wewangian
  • Perhatikan kandungan setiap produk untuk tubuh. Sebab, beberapa produk tanpa wewangian biasanya mengandung bahan kimia yang bisa membuat kulit menjadi iritasi.
  • Oleskan obat-obatan seperti salep lalu timpa dengan lotion
  • Pakailah baju yang longgar, utamanya dari bahan katun agar bisa menyerap keringat
  • Hindari tinggal di tempat yang memiliki perubahan suhu ekstrim

Itu dia beberapa tips mengatasi bintik merah yang disertai gatal dengan perubahan pola hidup. Kamu bisa memulainya sejak dini agar jauh dari risiko gatal-gatal di tubuh.

Yuk, mulai hidup sehat dan teratur agar tubuh pun ikut sehat!

Share artikel ini
Reference