warna darah haid hitam

Pernah melihat warna darah haid kamu berwarna hitam? Tenang, warna darah hitam tidak perlu dikhawatirkan. Sangat normal terjadi pada haid, kok. Ketika pelepasan lapisan rahim berhenti, alirannya menjadi lebih ringan. 

Sementara itu, darah yang tersisa teroksidasi dan keluar sebagai cairan hitam, bukan menstruasi. Ini adalah darah sisa yang semakin gelap dan semakin tua. Ini normal jika berlangsung selama dua hari. Namun, jika diamati lebih dari tujuh hari, kamu harus menemui dokter sesegera mungkin.

Penyebab warna darah haid hitam

Darah haid yang berwarna hitam, coklat, atau mirip dengan bubuk kopi dapat disebabkan oleh:

1. Perubahan emosi

Beberapa perubahan dalam keadaan emosional wanita, seperti peningkatan stres atau depresi, dapat mempengaruhi struktur rahim dengan mengurangi ketebalan dindingnya. Perubahan ini menunda pelepasan lapisan rahim dalam persiapan untuk menstruasi, dan darah memiliki lebih banyak waktu untuk teroksidasi sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Cara Membedakan Darah Haid dan Darah Kista dari Gejalanya

2. Perubahan hormonal

Perubahan hormon, yang dapat terjadi dengan masalah tiroid atau menopause, dapat menyebabkan sejumlah kecil darah haid gelap. Kondisi ini juga sangat umum ketika mengganti alat kontrasepsi atau ketika kamu sedang dalam masa pascamelahirkan, mulai menyapih dari menyusui.

3. Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual yang disebabkan oleh bakteri, seperti gonore atau klamidia, menyebabkan pemecahan darah menstruasi yang lebih cepat, yang membuatnya lebih gelap. Jenis darah ini biasanya juga disertai dengan bau yang tidak sedap, keluarnya cairan berwarna coklat sebelum atau sesudah menstruasi, nyeri panggul dan demam di atas 38ºC.

4. Endometriosis dan kondisi lainnya

Endometriosis adalah pertumbuhan jaringan endometrium di luar rahim. Jenis masalah ini, atau kondisi lain seperti adenomiosis, dapat menyebabkan nyeri hebat di daerah panggul dan keluarnya cairan berwarna gelap, mirip dengan bubuk kopi, yang dapat terjadi selama dan di antara menstruasi.

Dalam hal ini, haid selain gelap juga bisa berlangsung hingga 7 hari. Bila curiga, kamu harus pergi ke dokter kandungan untuk penilaian dan pengobatan yang diperlukan (yang mungkin termasuk operasi).

5. Pasca melahirkan

Selama tahap pascamelahirkan, darah gelap juga merupakan temuan normal yang terjadi. Rahim membutuhkan waktu sekitar 45 hari untuk kembali ke ukuran normal dan pendarahan biasanya terjadi selama waktu ini. Pendarahan ini sebenarnya bukan menstruasi, tetapi bisa berwarna gelap, dan mungkin membingungkan banyak wanita.

Pilihan pengobatan darah haid hitam

Mengobati darah haid hitam
Mengobati darah haid hitam

Jika kamu memiliki kekhawatiran atau tidak yakin apa yang menyebabkan darah haid hitam, pastikan untuk mengunjungi penyedia layanan kesehatan. Pilihan pengobatan tergantung pada penyebab darah periode hitam:

  1. Jika ada benda asing yang tersangkut di vagina, gejalanya mungkin termasuk demam, nyeri, dan keluarnya cairan berwarna gelap. Penting untuk mengunjungi penyedia layanan kesehatan agar benda tersebut dikeluarkan sesegera mungkin.
  2. IMS dan penyakit radang panggul biasanya diobati dengan antibiotik. Ikuti semua instruksi yang diberikan dan selesaikan seluruh rejimen.
  3. Meskipun keguguran yang terlewat dapat sembuh dengan sendirinya, sebagian besar pasien memerlukan bantuan medis segera. Pengobatan termasuk obat resep atau prosedur pelebaran dan kuretase untuk mengangkat sisa jaringan dari rahim.
  4. Dengan menstruasi yang tertahan, pembedahan mungkin diperlukan untuk memperbaiki kondisi yang awalnya menyebabkan penyumbatan.
  5. Kanker serviks diobati dengan kombinasi pembedahan, kemoterapi, dan radiasi yang unik untuk setiap pasien.

Kapan harus menemui dokter?

Jika keputihan berwarna gelap terjadi selama kehamilan atau setelah melahirkan, atau saat memasuki masa menopause, penting untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan, karena dapat menunjukkan masalah mendasar yang serius.

Mimpi Melihat Darah Haid, Apakah Pertanda Sesuatu?

Darah haid hitam disertai dengan gejala-gejala ini juga memerlukan perhatian medis:

  • Debit banyak
  • Keputihan berbau busuk
  • Vagina gatal
  • Kram, nyeri, atau demam

Darah haid hitam terkadang merupakan kejadian bulanan yang umum atau, dalam kasus yang jarang terjadi, merupakan gejala dari masalah yang lebih besar. Jika kamu menduga memiliki salah satu kondisi yang diuraikan di atas, buatlah janji dengan penyedia layanan kesehatan. Pengobatan darah haid hitam akan didasarkan terutama pada apa yang menyebabkannya.

Darah Haid Warna Pink Hingga Merah Menyala, Apa Artinya?

Share artikel ini
Reference