minum kiranti saat haid

Bagi wanita yang siklus haidnya tidak teratur, rutin minum jamu untuk memperlancar haid sangat bisa diandalkan untuk membuat tamu bulanan datang tepat waktu setiap bulannya. Beberapa wanita yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil mungkin secara tidak sengaja meminum jamu telat datang bulan untuk mempercepat haidnya.

Nyeri haid merupakan hal yang wajar bagi wanita, karena merupakan tanda bahwa otot rahim sedang berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid. Namun, perlu waspada jika nyeri haid semakin parah setiap bulannya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Tidak semua produk alami atau herbal tergolong aman. Begitu juga dengan Kiranti. Meski terbuat dari bahan alami, Kiranti bisa menimbulkan efek samping bagi sebagian wanita. Namun, hal ini tergantung dari usia, dosis pemakaian, dan respon tubuh.

Lantas, minum kiranti saat haid boleh atau tidak? Yuk ketahui fakta selengkapnya di bawah ini!

Manfaat minum kiranti saat haid

Mengatasi masalah haid merupakan salah satu manfaat Kiranti, minuman yang diklaim mampu mengatasi berbagai masalah haid. Masa menjelang dan saat haid serta segala gejalanya terkadang sangat menyiksa, sehingga sebagian wanita membutuhkan obat atau jamu.

Kiranti Sehat Menstruasi bisa diminum 1-2 botol per hari. Kamu bisa meminumnya mulai dari 3 hari sebelum haid hingga 3 hari setelahnya. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan agar manfaatnya maksimal di tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat Kiranti, antara lain:

1. Meredakan sakit perut

Jadi, minum kiranti saat haid boleh atau tidak sebenarnya boleh. Karena bisa mengatasi sakit perut selama menstruasi. Adanya nyeri perut menjadi penyebab kontarksi terjadi.

Kandungan herbal seperti kunyit, kencur, jahe dan asam jawa pada Kiranti dapat menjadi pereda nyeri alami yang dapat membantu mengatasi sakit perut.

Adanya kurkumin pada kunyit dapat mempengaruhi enzim yang mampu menghambat produksi senyawa yang menyebabkan rasa sakit pada tubuh.

2. Mengatasi keputihan

Konsumsi Kiranti juga dapat membantu mengatasi masalah keputihan. Pada dasarnya keputihan yang dialami wanita adalah masalah wajah. Pada beberapa kondisi seperti infeksi bakteri atau jamur, efek samping obat, dan kondisi lainnya dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal yang ditandai adanya perubahan warna, tekstur dan baunya.

3. Meredakan sakit dan nyeri

Selain nyeri di perut, wanita juga kerap mengalami nyeri pegal di sekujur tubuh saat menstruasi. Minum kiranti saat haid boleh atau tidak sebenarnya sah-sah saja.

Perlu diketahui, Pegal dan Pegal Kiranti tidak hanya bisa dikonsumsi saat haid saja, tapi juga bisa dikonsumsi untuk mengobati pegal linu akibat aktivitas sehari-hari. Cara Kiranti mengatasi pegal linu tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi sakit di perut.

10 Cara Meredakan Nyeri Haid Secara Alami, Yuk Coba Ladies!

4. Meningkatkan energi

Manfaat lain dari minum Kiranti adalah menambah energi. Salah satu gejala umum yang terjadi saat menstruasi adalah kelelahan. Minuman siap konsumsi ini memiliki berbagai kandungan herbal yang dapat membantu meningkatkan energi sehingga kamu dapat tetap beraktivitas tanpa gangguan saat sedang menstruasi.

Efek samping minum kiranti jamu yang boleh diminum saat haid

Kiranti sebenarnya relatif aman, asalkan jika dikonsumsi sesuai aturan. Namun, efek samping tetap bisa terjadi jika minuman ini digunakan secara berlebihan atau tidak sesuai dosis yang dianjurkan.

Efek samping kiranti yang mungkin muncul adalah:

  • Mual
  • Gangguan pencernaan
  • Diare
  • Pusing

Oleh karena itu, penting untuk selalu mengikuti petunjuk pada label kemasan. Kamu juga bisa berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi Kiranti, jamu, atau jamu apapun agar aman bagi tubuh.

Manfaat Jamu Beras Kencur, Kandungan, dan Tips Mengonsumsinya

Minum kiranti saat haid boleh atau tidak? Sebenarnya boleh saja, kamu juga disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat untuk membantu mengurangi nyeri haid.

Mulailah dengan mengatur pola makan gizi yang sehat dan seimbang, olahraga teratur, istirahat yang cukup, dan pengendalian stres. Tak hanya membuat haid terasa nyaman, kebiasaan sehat ini juga bisa membantu melancarkan haid tidak teratur.

Nyeri haid merupakan hal yang wajar bagi wanita, karena merupakan tanda bahwa otot rahim sedang berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid. Namun, kamu perlu waspada jika nyeri haid semakin parah setiap bulannya.

Share artikel ini
Reference