batas telat haid

Banyak wanita yang tidak segera haid setelah mengalami persalinan. Hal ini terjadi karena beberapa faktor yang terjadi pada sang ibu itu sendiri. Ada berbagai penyebab yang membuat haid yang kunjung datang usai melahirkan, jika datang pun terkadang siklusnya menjadi tak lancar seperti sebelum hamil.

Kondisi ini merupakan umum terjadi pada ibu menyusui atau setelah melahirkan. Menentukan waktu haid setelah persalinan juga cukup sulit, namun bukan berarti ibu akan kesulitan mendapatkan haid yang normal kembali.

Simak apa saja penyebabnya dan ketahui cara agar cepat haid setelah nifas dalam ulasan ini, yuk!

Penyebab haid tidak teratur setelah melahirkan

Haid yang tidak kunjung datang setelah melahirkan adalah kondisi yang normal ya, ladies. Biasanya haid akan kembali datang setelah masa nifas selesai. Menurut laman NHS, memang sulit untuk menentukan kembali waktu haid usai melahirkan karena terdapat siklus yang berbeda antara satu wanita dengan wanita lainnya.

Umumnya wanita dapat mengalami haid setelah 5-6 minggu pasca melahirkan. Ketidakteraturan haid setelah melahirkan juga disebabkan berbagai faktor seperti sang ibu yang sedang memberikan asi eksklusif kepada anaknya selama 6 bulan penuh. Terdapat meningkatkan hormon prolactin yang menyebabkan siklus menjadi tak sebaik dulu.

Ibu melahirkan umumnya akan mengalami masa nifas selama 40 hari dan setelah kondisi ini dapat menyebabkan haid menjadi tidak teratur, darah haid yang lebih banyak, flek darah hingga kram yang terasa lebih nyeri dari sebelumnya. Beberapa penyebab haid tidak teratur usai melahirkan antara lain:

1. Konsumsi pil kb

Banyak ibu melahirkan yang langsung menggunakan alat kontrasepsi usai masa nifas, salah satunya dengan konsumsi pil kb. Konsumsi pil kb ini dapat menyebabkan perut tidak terlalu sakit, namun haid menjadi tidak teratur, bisa lebih panjang atau pendek.

2. Aktivitas menyusui

Penyebab haid yang tak kunjung datang usai melahirkan adalah aktivitas ibu menyusui yang melepas hormon prolaktin saat mengeluarkan asi.

Hormon ini dapat mengganggu siklus haid dan kegiatan ini memang termasuk dalam kb alami yang sering dilakukan ibu usai melahirkan. Haid akan berangsur normal kembali setelah beberapa minggu atau bulan.

3. Kenaikan berat badan

Proses haid tidak dapat dipisahkan dari hormon seorang wanita yang cenderung naik turun usai melahirkan. Berat badan yang berlebih karena hamil dan menyusui dapat memicu siklus haid menjadi tak lagi lancar. 

Estrogen yang dihasilkan lebih banyak dan memicu haid berantakan, selain itu berat badan dapat mengacaukan siklus teratur menstruasi karena pengaruh kelenjar otak yang mengatur proses tubuh bernama hipotalamus.

4. PCOS

PCOS merupakan sindrom ovarium polikistik yang kerap menyerang wanita akibat kelebihan hormon pria. Kondisi ini dapat terjadi pada seorang ibu setelah melahirkan dan memicu kista ovarium muncul semakin banyak, sel telur akan sulit terlepas dan mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak lancar.

Moms, Seperti Ini Durasi Darah Nifas Dan Berapa Banyaknya

Kapan haid lagi setelah melahirkan 

Banyak ibu melahirkan yang merasa bingung karena mengalami ketidakteraturan haid setelah persalinan, hal ini merupakan normal dan sering terjadi karena selama hamil, seorang ibu memang tidak mengalami haid selama 9 bulan lamanya.

Faktor penyebab dan kondisi kesehatan masing-masing ibu dapat memicu perbedaan siklus haid yang dialami. Ada ibu yang mengalami haid setelah 6-8 minggu setelah melahirkan dan ada juga yang membutuhkan waktu berbulan-bulan sejak di kecil lahir.

Jika tidak ada tanda gawat meskipun terlambat haid usai melahirkan, tidak perlu khawatir dan tetap lakukan pola hidup sehat, menyusui bayi dan terus mengonsumsi makanan sehat agar haid kembali lancar dan teratur. Apabila keterlambatan haid membuat khawatir, kamu dapat berkonsultasi dengan dokter dan mengecek siklus haid yang kamu alami, ya.

Lalu bagaimana cara agar cepat haid setelah nifas?

Mengenal Pembalut Nifas, Pembalut Khusus Pasca Melahirkan

Cara agar cepat haid setelah nifas atau melahirkan

manfaat hidup sehat

Mengatasi siklus haid agar kembali lancar pasca melahirkan yaitu dengan tetap melakukan aktivitas seperti biasa, menyusui bayi dan melakukan pola hidup sehat. Beberapa cara yang dapat dicoba untuk mengembalikan siklus alami haid agar teratur, yaitu:

1. Olahraga dan meditasi

Olahraga ringan seperti yoga dapat menjadi salah satu cara untuk mengembalikan siklus alami dari haid. Yoga dapat dilakukan 35-60 menit yang dilakukan setiap hari selama sang ibu menyusui. Banyak wanita yang merasakan siklus haid kembali normal dan lancar setelah mempunyai kebiasaan berolahraga secara teratur.

2. Menjaga berat badan stabil

Menjaga berat badan ibu tetap stabil dapat meningkatkan peluang agar siklus haid kembali lancar pasca melahirkan. Berat badan yang sulit naik atau turun dapat memicu berbagai kondisi kesehatan, salah satunya siklus haid yang semakin berantakan. 

Kondisi siklus haid yang tidak wajar juga perlu dikonsultasikan ke dokter sehingga dapat diberikan saran dan perawatan yang tepat agar siklus haid kembali normal.

3. Konsumsi makanan sehat

Mengonsumsi makanan sehat bagi ibu menyusui merupakan hal yang wajib dilakukan. Selain dapat menjaga kebugaran, seorang ibu juga dapat mengembalikan siklus haid lebih cepat dengan konsumsi makanan yang bergizi.

Perbanyak makanan mengandung kalsium dan vitamin D untuk membantu siklus kembali lancar.

4. Istirahat cukup

Cukup istirahat akan membantu kerja tubuh lebih optimal. Pikiran dan tubuh yang rileks dapat membuat hormon alami siklus haid dapat bekerja maksimal sehingga membantu periode datang dengan lancar. Tidur selama 7-8 jam sehari dapat membantu tubuh ibu lebih bugar dan sehat.

5. Ganti alat kontrasepsi

Banyak wanita yang mengalami haid tidak teratur akibat penggunaan alat kontrasepsi. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter dan apabila memungkinkan ganti jenis alat kontrasepsi yang tidak terlalu mempengaruhi siklus haid.

6. Terapi hormon

Pemberian dosis tertentu hormon estrogen dan progesteron dapat dilakukan untuk mengembalikan siklus haid. Namun kondisi ini berlaku apabila wanita mengalami PCOS dan sulit hamil serta membutuhkan konsultasi dan perawatan dari dokter ahli.

Beberapa cara agar cepat haid setelah nifas ini kamu lakukan secara perlahan ya, ladies. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila terdapat ketidakteraturan haid paska melahirkan.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference