perbedaan jomblo dan single

Jika didengar sekilas, perbedaan jomblo dan single memang hampir tidak ada bedanya. Keduanya memiliki arti yang sama, yaitu belum memiliki pasangan. Seseorang bisa menjadi jomblo karena pilihan mereka sendiri atau karena terpaksa dengan keadaan.

Jika kamu perhatikan, kata ‘jomblo’ cenderung memiliki konotasi negatif, menggambarkan seseorang yang haus akan cinta. Sedangkan kata ‘single’ cenderung menggambarkan seseorang yang independen. Kata ‘single’ juga bisa dibilang lebih formal dibandingkan ‘jomblo’. 

Perbedaan jomblo dan single

Cara menjadi pasangan romantis

Kamu lebih suka disebut jomblo atau single? Jika masih bingung dengan perbedaannya, berikut beberapa hal yang membedakan dua istilah tersebut:

1. Kesepian dan takut sendiri

Para jomblo biasanya akan merasa kesepian dan selalu takut sendirian dalam hidup, kesepian tersebut hanya bisa diobati dengan pacaran. Sedangkan orang single tidak takut dengan kesendirian atau kesepian, mereka yakin bahwa itu adalah hal yang wajar dalam hidup.

2. Fokus pikiran dalam hidup

Orang single biasanya tidak melulu memikirkan ‘kapan punya pacar’, tapi mereka menyibukan diri dengan hal bermanfaat dan membuat mereka senang. Sedangkan para jomblo akan fokus tentang bagaimana cara mendapat pacar baru.

3. Malu dengan status

Status jomblo atau single sebenarnya bukan hal yang memalukan, tapi biasanya para jomblo akan malu mengakui kalau mereka belum punya pacar. Sedangkan para single akan dengan santai memperlihatkan bahwa mereka sedang sendiri dan tetap hidup bahagia.

4. Merasa iri

Wajar saja jika kamu merasa iri ketika melihat orang lain hidup bahagia atau bermesraan dengan pasangan. Namun orang single tidak akan berlarut dalam perasaan iri tersebut, mereka akan ikut merasa bahagia saat melihat orang lain bahagia. Berbeda dengan para jomblo, biasanya mereka akan membantu.

5. Menikmati kesendirian

Orang single cenderung akan menikmati masa kesendirian dan tidak terburu-buru saat mencari pasangan. Sedangkan para jomblo biasanya akan merasa bosan dan tersiksa saat sendirian, bahkan mereka bisa berpacaran dengan orang yang baru dikenalnya beberapa hari, hanya untuk mengisi kesendiriannya.

Manfaat single untuk kesehatan

mengenal butterfly hug

Jika kamu memilih untuk single demi diri sendiri, maka itu adalah pilihan yang tepat karena kamu akan mendapat banyak keuntungan kesehatan. Terutama dari segi kesehatan mental, berikut adalah beberapa manfaat single untuk kesehatan:

1. Orang single memiliki kebiasaan yang lebih sehat

Secara umum, orang single cenderung memiliki lebih banyak waktu dibandingkan dengan orang yang sudah berpasangan. Lebih banyak waktu berarti lebih banyak ketersediaan untuk hobi, olahraga, dan belajar.

2. Merasa bahagia tanpa pamrih

Kebahagiaan yang tulus menjadi hal terpenting untuk kesehatan mental. Orang single biasanya tidak akan memikirkan hal lain saat merasa bahagia, mereka akan bahagia dengan murni. Berbeda dengan orang yang sudah berpasangan, untuk menjadi bahagia mereka kadang mengkhawatirkan satu sama lain.

3. Lebih menikmati hidup

Menikmati setiap momen dalam kehidupan menjadi cara yang sehat untuk memelihara kesehatan mental. Orang single biasanya sudah terlatih untuk menikmati berbagai hal yang terjadi dalam hidupnya. Mereka akan nyaman dengan diri sendiri dan tidak mengkhawatirkan apapun, sehingga hidupnya jadi lebih nikmat.

Manfaat jomblo untuk kesehatan

Jika kamu sekarang terpaksa menjomblo karena suatu alasan, jangan khawatir karena sebenarnya kamu bisa mendapat banyak manfaat dari kesendirian itu. Berikut adalah beberapa manfaat jomblo untuk kesehatan:

Mengurangi stres finansial

Pacaran butuh modal, ungkapan ini sudah menjadi rahasia umum bahwa kamu dan pasangan harus punya uang untuk melakukan hal menyenangkan. Namun beruntunglah bagi para jomblo, karena kalian tidak perlu memikirkan finansial untuk pacaran. Masalah finansial dalam pacaran tidak jarang menimbulkan stress dan tidak baik untuk kesehatan mental.

Tidur jadi lebih nyenyak

Tidur tanpa harus menunggu kabar dari seseorang menjadi kebiasaan yang baik untuk kesehatan mental. Salah satu manfaat jomblo untuk kesehatan yaitu berkurangnya beban pikiran dan kekhawatiran yang akhirnya membuat kamu stres.

Tidak merasa bersalah pada diri sendiri

Selalu merasa diri sendiri kurang adalah tanda bahwa kamu belum self love atau mencintai diri sendiri. Orang dengan kepercayaan diri seperti ini sangat rentan terkena stres. Menjadi jomblo bukan hal yang salah, kamu bisa mengapresiasi diri karena mampu menjalani hidup sendiri tanpa harus punya pacar.

Kamu bisa memilih mau menjadi single atau jomblo, toh perbedaan jomblo dan single tak terlalu berbeda, kan? Keduanya sama sama belum memiliki pasangan, namun dengan cara pandang dan pola pikir yang berbeda.

Share artikel ini
Reference