hubungan yang sehat
Hubungan Harmonis Seks & Relationship

5 Ciri-Ciri Hubungan Yang Sehat, Termasuk Saling Percaya

Imelda Rahmawati | Maret 23, 2022
Share

Setiap pasangan yang sedang jatuh cinta pasti ingin memiliki hubungan yang sehat dan harmonis. Namun, untuk mencapainya memang tidaklah mudah. Butuh usaha dan perjuangan yang kuat dari kamu dan pasangan jika ingin hubungan ingin tetap bertahan lama..

Tentu ini tak menghalangi banyaknya pasangan yang ingin mencapai hubungan ideal tersebut. Bagaimana caranya? Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

Apa itu hubungan yang sehat?

Hubungan itu saling berusaha, saling menjaga di kala sehat maupun sakit, dalam suka maupun duka. Kamu dan pasangan harus rela berusaha membina komunikasi terbuka satu sama lain dan tidak hanya salah satu dari kalian yang berusaha.

Pada dasarnya, menjalin suatu hubungan membutuhkan kesiapan mental, sekaligus kepercayaan diri untuk menguatkan hati. Sebab, dalam perjalanan nanti, setiap pasangan pasti akan menemui kerikil dan liku-liku jalan yang tak selalu mulus dan tak jarang terjal yang bisa membuat sebuah hubungan goyah.

Tanpa persiapan dan usaha, bukan tidak mungkin hubungan yang tadinya harmonis berubah menjadi toxic.

Ciri-ciri hubungan yang sehat

Sangat mudah untuk menyalahkan hubungan yang menunjukkan situasi yang kurang ideal, seperti sering bertengkar, ketidakjujuran, dan sebagainya. Di sisi lain, diskusi tentang aspek-aspek yang berkontribusi pada hubungan yang baik sama pentingnya. Coba lihat ciri-ciri hubungan sehat ini dan renungkan, apakah kamu dan pasangan juga memilikinya.

1. Saling percaya

Tanpa kepercayaan, hubungan yang tidak sehat akan terbentuk. Kondisi ini erat kaitannya dengan pengalaman menjalani hubungan sosial di awal kehidupan.

Jika sebelumnya kamu menjalagi hubungan yang stabil dan aman, maka peluang untuk memercayai pasangan lebih besar. Di sisi lain, jika kamu pernah dikhianati dan menjalani hubungan beracun, biasanya membangun kepercayaan dengan pasangan baru membutuhkan lebih banyak usaha.

2. Komunikasi yang lancar

Komunikasi adalah kunci hubungan yang langgeng. Keterbukaan antara kedua belah pihak juga menjadi akar dari terbentuknya kepercayaan. Ketika komunikasi lancar dan dua arah, maka berbagi apapun menjadi lebih lancar.

Seiring berjalannya waktu, komunikasi yang lancar ini akan menghasilkan rasa saling percaya. Komunikasi juga akan menjadi sumber keamanan dan kenyamanan kamu dan pasangan.

3. Jujur

Dalam hubungan, komunikasi sangat penting. Namun, komunikasi apa dalam suatu hubungan yang bisa membuat dua pasangan bertahan? Jawabannya adalah komunikasi yang jujur.
Individu yang bisa jujur ​​dan setia pada siapa mereka sebenarnya akan merasa lebih terhubung. Tidak hanya itu, ini akan menjadi akar dari terbentuknya kepercayaan.

4. Ada batasan yang jelas

Meskipun kamu terbuka satu sama lain, itu tidak berarti semua orang dalam suatu hubungan harus memberitahumu segalanya. Setiap orang berhak memiliki ruang dan privasinya sendiri. Kamu dan pasangan tak harus menempel terus seperti perangko. Toh, kalian adalah individu sebelum menjadi pasangan. Sebelum itu, kamu dan pasangan punya pekerjaan sendiri dan juga lingkup pertemanan sendiri.

Menghabiskan waktu dengan keluarga atau teman-teman kamu dan tidak melulu dengan pasangan, akan membuat batasan yang sehat dalam hubungan asmara.

5. Beri ruang untuk tumbuh

Sama seperti menetapkan batasan yang jelas untuk pasangan, tanda hubungan sehat adalah saling memberi ruang untuk berkembang. Artinya, setiap individu dalam koneksi tersebut masih bisa melakukan aktivitas lain atau bergabung dengan komunitas yang disukainya.

Ekspektasi yang tidak sehat ini akan berujung pada sikap membatasi ruang untuk tidak menghargai privasi di area lain. Jika kalian saling mengekang satu sama lain, maka akan ada waktu saat salah satu dari kalian merasa tidak puas dalam hubungan tersebut dan memilih untuk berpisah.

Faktor yang memengaruhi hubungan yang sehat

1. Tidak semua menuntut

Setiap manusia adalah individu yang unik yang memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Jadi jika kamu sudah siap menjalin hubungan romantis dengan seseorang, berarti kamu juga harus siap dengan segala kelebihan dan kekurangan orang tersebut.

Terkadang ada perasaan tidak puas dengan pasangan yang membuat kamu mentuntutnya untuk berubah. Tentu saja, jika perubahan itu bagus dan pasangan mau menerimanya itu akan baik-baik saja. Namun, bagaimana jika tuntutan kamu mengada-ada dan hanya mementingkan diri pribadi?

Namun, tentu saja ini bukan berarti kamu berlapang dada serta menyerah begitu saja pada sifat buruk pasangan kamu. Pasalnya, sifat buruknya juga bisa memengaruhi jalannya hubungan kamu.

Jika memang ada ketidakpuasan akan sikap pasangan, lebih baik berkomunikasi dengan gamblang untuk menemukan solusi yang nyaman bagi kamu dan pasangan.

2. Sama-sama ingin peduli dan terlibat

Hubungan cinta yang selalu sehat, langgeng, dan harmonis harus diperkuat dengan ikatan batin antara kamu dan pasangan.

Ini menunjukkan kedua belah pihak harus sama-sama rela berkorban satu sama lain, harus rela saling menjaga, dan harus sama-sama rela terlibat dalam segala aspek mulai dari hal sepele hingga kompleks. Jangan hanya mau enaknya saja tapi yang jeleknya kamu tidak mau terlibat, ya.

Cara menjaga hubungan yang sehat dengan pasangan

Kamu bisa mencoba berbagai cara ini untuk tetap menjaga hubungan harmonis kamu bersama pasangan, berikut adalah caranya:

1. Ekspresikan cinta kamu

Setiap orang memiliki love language yang berbeda, ada yang melalui perbuatan, ucapan, atau pemberian hadiah. Ada juga yang bisa dengan mudah mengatakannya secara langsung, namun ada juga yang lebih nyaman menyampaikannya melalui sikap dan tindakan sesederhana menyemangatinya, mengucapkan selamat malam, mengantarnya bekerja, hingga memeluknya.

Apapun love language kamu, penting untuk menunjukkannya pada pasangan. Kamu dan pasangan tentunya tidak mempunyai kekuatan super dan bisa membaca pikiran satu sama lain. Mengekspresikan rasa cinta akan membuat satu sama lain merasa dihargai dan dicintai.

2. Mampu menciptakan momen yang menyenangkan

Cara lain untuk menjaga hubungan sehat adalah setiap individu dapat menciptakan momen yang menyenangkan. Tertawa bersama tentunya akan membuat mood menjadi lebih baik dan mempererat hubungan.

Momen menyenangkan juga mampu meredakan kecemasan atau ketegangan yang sedang melanda kehidupan pribadi kamu. Seringkali pasangan yang sudah pacaran lama menjumpai kebosanan dalam hubungan asmara. Nah, dengan rutin menciptakan momen ini maka hubungan akan terasa lebih romantis dan bisa bertahan lama.

3. Saling menghormati

Pasangan dalam hubungan yang baik tahu betul bagaimana menghormati orang lain. Ada banyak cara untuk menunjukkannya, yang juga dipengaruhi oleh bahasa cinta masing-masing.

Beberapa contohnya adalah menjadi pendengar yang baik, memaafkan jika salah, mendukung impian pasangan, memberikan penghargaan, dan yang terakhir saling berempati.

Pada dasarnya hubungan yang sehat juga harus bebas dari segala bentuk teror kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan kekerasan emosional seperti merendahkan dan melecehkan harga diri pasangan.

Reference
Share