ciri ciri orang jatuh cinta

“Jatuh cinta berjuta rasanya”. Begitulah penggalan lirik lagu yang menggambarkan perasaan jatuh cinta. Kamu tentu juga pernah merasakannya, bukan? Nah, ciri-ciri orang jatuh cinta dapat sangat terlihat jelas, lho. Salah satunya, selalu mikirin dia. Nah, apakah kamu benar-benar mengalami jatuh cinta? Apakah doi juga merasakan hal yang sama? 

Kalau ingin mengetahui ciri ciri orang jatuh cinta, kamu sudah datang ke artikel yang tepat. Berikut ini ulasan menarik seputar tanda orang yang sedang jatuh cinta. Yuk, simak ulasan lengkapnya! 

Alasan orang jatuh cinta

Cinta menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah kata sifat yang menggambarkan perasaan suka. Hubungan cinta kasih sendiri sebenarnya tidak hanya berlaku utnuk dua orang yang menjalin hubungan romantis.

Nah, sebelum mengetahui apa saja ciri-cirinya, ada baiknya mengetahui kenapa seseorang jatuh cinta? Alsan seseorang jatuh cinta mungkin tak bisa selalu dideskripsikan. Namun ada beberapa ciri ciri orang jatuh cinta dan alasan kenapa orang bisa jatuh cinta menurut sisi psikologis, seperti berikut. 

1. Memiliki beberapa persamaan

Ketika kamu dan pasangan memiliki banyak persamaan, maka kemungkinan kamu akan jatuh hingga dapat menjalik hubungan romantis akan lebih besar. Persamaan bisa dari agama, cara berpikir, hingga kepribadian yang dimiliki. 

2. Karakter

Karakter bisa menjadi alasan seseorang untuk jatuh cinta. Karakter yang ideal akan membuat orang suka, mendambakan, dan ingin bersama dalam jalinan asmara.

3. Kebiasaan

Kebiasaan juga dapat membuat orang merasakan jatuh cinta. Kebiasaan berdiskusi, bekerjasama dan melakukan interaksi akan membuat orang mudah jatuh cinta.

4. Saling menyukai

Perasaan suka dan menyukai akan menjadi alasan kuat seseorang menjadi jatuh cinta dna meningkatkan rasa cinta yang ada.

Faktor lain yang dapat membuat orang jatuh cinta antara lain:

  • Pengaruh sosial, bisa jadi karena dijodohkan rekan atau teman.
  • Sebuah rasa yang terpenuhi karena orang tersebut dapat memberikan apa yang kamu inginkan.
  • Perasaan yang tidak biasa dan bahkan dapat dibedakan saat bersama orang dicintai dan yang tidak.
  • Perasaan cinta yang datang karena ada hal unik pada diri seseorang yang menarik perhatian kamu.
  • Perasaan ingin dicintai yang begitu besar.
  • Kamu juga dapat merasakan jatuh cinta karena orang tersebut tanpak misterius dan rasa ingin tahu membuat kamu menjadi jatuh cinta.

Begitu banyak alasan orang jatuh cinta dan hal tersebut adalah rasa yang wajar dan merupakan anugerah tuhan. Lalu bagaimana ciri-ciri orang jatuh cinta?

Baca juga: Perbedaan Cinta dan Sayang Menurut Psikologi

10 Ciri-ciri orang jatuh cinta

ciri ciri orang jatuh cinta

Apakah si dia mencoba terus merasuki hari-harimu dan membuatmu terus memikir apa yang sedang dia lakukan? Bisa jadi itu tanda cinta lho. Menurut rangkuman, tanda atau ciri-ciri orang jatuh cinta antara lain:

1. Selalu memikirkan si dia

Orang yang sedang jatuh cinta akan terus memikirkan mereka sehingga dapat menghabiskan 85% waktu dalam sehari. Hal ini memang menjadi salah satu ciri yang paling terlihat di antara orang yang sedang jatuh cinta.

2. Mencoba hal dan tantangan baru

Jatuh cinta membuat seseorang akan melakukan kegiatan atau hobi baru. Kamu yang tidak suka memasak tiba-tiba sibuk di dapur demi membuat makanan favoritnya? Atau tiba-tiba kamu memakai pakaian berwarna kuning karena dia suka? Bisa jadi itu jatuh cinta!

3. Ingin mengetahui detail si dia

Jatuh cinta akan mendorong seseorang untuk mencari tahu bagaimana dia menjalani hidupnya. Apa yang dia sukai, hal yang membuatnya tertarik juga akan menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk diketahui.

4. Dapat merasakan empati luar biasa

Jatuh cinta dapat membuatmu lebih berempati karena dapat merasakan apa yang dia rasakan. Saat dia mengalami penderitaan dan kesakitan, maka kamu juga akan merasakan kesedihan yang sama. Saat dia bahagia, kamu juga akan bahagia.

5. Merasakan posesif

Merasa cemburu karena dia terlalu dekat dengan rekan kantor atau sahabatnya? Bisa jadi kamu mulai posesif karena ingin memiliki dan mencintainya!

6. Merencanakan masa depan

Jatuh cinta akan membuat orang memikirkan dan membicarakan masa depan seperti rencana menikah, punya anak dan membangun kehidupan bersama.

7. Emosi yang tidak terkendali

Jatuh cinta terkadang membuat emosi tidak stabil sehingga menjadi gembira dan sedih dengan jeda yang cepat.

8. Memikirkan ide kencan selanjutnya

Jatuh cinta akan membuat kamu memikirkan ide untuk kencan selanjutnya. Kemana akan pergi, melakukan kegiatan dan bersenang-senang bersama.

9. Terkadang melupakan prioritas

Tentunya kamu pernah mengalami kehilangan teman karena mereka sedang jatuh cinta bukan? Hal itu juga dapat terjadi pada dirimu saat jatuh cinta. Prioritas akan berbeda dan focus kamu hanya si dia.

10. Mendambakan dan menikmati seks

Jatuh cinta dengan seseorang mungkin akan mendorong kamu untuk mendambakan dan menikmati seks dengan orang tersebut. Kamu akan lebih menikmati kapan saja dan dimana saja, asal bersama dengan orang yang kamu cinta.

Ciri ciri orang jatuh cinta yang lainnya seperti menjadi lebih penyayang, merasa khawatir akan si dia, sering menanti pesan atau telpon darinya, tidak berhenti senyum dan bisa jadi sering melamun. 

Orang yang sedang jatuh cinta tentu akan merasakan dunia jauh lebih berbeda dan seakan hidup dalam dunianya sendiri. Namun seiring berjalannya waktu, terkadang euporia ini akan mereda dan bisa dapat beradaptasi meskipun masih merasa jatuh cinta.

Apa yang membuat kita jatuh cinta dengan si dia?

Ciri ciri orang jatuh cinta antara satu dengan lain bisa jadi sama atau berbeda. Cinta mempunyai banyak bentuk dan dapat berubah seiring waktu berjalan. Namun ada beberapa alasan yang terkadang tetap membuat kamu merasa jatuh cinta dengan si dia, yaitu:

  • Rasa sayang dan aman saat bersama dia
  • Nyaman menjadi diri sendiri saat bersama si dia
  • Tidak perlu menahan pendapat saat berdiskusi dengannya
  • Mengungkapkan perasaan dengan lapang dan terbuka
  • Melihat dan menerima kekurangan serta kelebihannya

Jatuh cinta memang membuat hati dan perasaan terus berbunga hingga terkadang lupa akan realita. Ciri orang jatuh cinta ini mungkin bisa menjadi acuan untuk kamu apakah saat ini kamu sedang jatuh cinta dan apakah hal yang dilakukan itu benar atau salah agar tidak dibutakan oleh cinta, ya!

Baca juga: Cara Agar Tidak Mudah Jatuh Cinta, Jauh-Jauh dari Galau

Share artikel ini
Reference