manfaat yogurt untuk ibu hamil

Selama kehamilan, wanita harus memilah apa yang boleh dimakan dan tidak boleh dimakan. Sebab, makanan yang dikonsumsi akan berpengaruh terhadap kesehatan bayi dan dirinya sendiri. Ada beberapa jenis produk susu yang aman untuk kehamilan. 

Produk susu merupakan makanan padat nutrisi yang disarankan untuk dikonsumsi selama kehamilan. Apakah yogurt adalah salah satunya? Kami akan membahas semua manfaat yogurt selama kehamilan. Jadi, simak sampai akhir artikel berikut ini, ya!

Bolehkah ibu hamil makan yogurt?

Ibu hamil boleh makan yogurt selama kehamilan karena makanan ini mengandung berbagai nutrisi yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Jika kamu sedang hamil dan ingin mengonsumsi yogurt, kamu bisa memilih yogurt yang dipasteurisasi, rendah lemak, dan tidak mengandung pemanis.

Yogurt dapat dimakan pada setiap tahap kehamilan, termasuk trimester pertama hingga masa kelahiran.

Berapa banyak yogurt yang harus dikonsumsi ibu hamil sehari?

Jika kamu mengonsumsi yogurt yang banyak mengandung probiotik, disarankan untuk mengonsumsi sebanyak 600 gram dalam sehari. Dengan begitu, kamu bisa memenuhi asupan kalsium yang direkomendasikan selama kehamilan. 

Saat mengonsumsi yogurt, kamu bisa mencampurnya dengan buah segar seperti beri maupun madu. Hal ini akan menambahkan rasanya sehingga menjadi lebih lezat.

Tetapi, jangan mencampurnya dengan gula atau perasa buatan. Kamu bisa mengonsumsi yogurt saat sarapan atau memasukkannya ke dalam hidangan, seperti salad.

Baca juga: Yogurt Rendah Lemak, Asupan Bernutrisi untuk Diet

8 manfaat yogurt untuk ibu hamil

Yogurt sebagai camilan yang baik selama kehamilan memiliki beberapa manfaat berikut.

1. Mendukung pembentukan gigi dan tulang janin

Yogurt kaya akan kalsium, sehingga dapat memenuhi kebutuhan kalsium harian selama kehamilan. Kalsium berfungsi untuk mendukung pembentukan tulang dan gigi janin, serta fungsi tubuh lainnya.

Selain itu, kalsium juga bisa meningkatkan proses penyerapan vitamin D dalam tubuh ibu hamil.

Baca juga: Perkembangan Janin 1 Bulan, Apa Saja Perubahan Tubuh yang Terjadi?

2. Meningkatkan sistem kekebalan

Yogurt mengandung bakteri baik yang berperan untuk mengatasi infeksi perut. Di samping itu, yogurt bisa menjaga dan meningkatkan kesehatan pencernaan dan meringankan penyakit.

Selain itu, yogurt bisa membantu agar saluran pencernaan menyerap lebih banyak nutrisi dan menjaga kesehatan usus.

3. Mencegah hipertensi

hipertensi dalam kehamilan
hipertensi dalam kehamilan

Manfaat yogurt untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk mencegah hipertensi. Mengonsumsi yogurt selama kehamilan dapat mengendalikan kolesterol, menurunkan tekanan darah, dan menenangkan tubuh ibu hamil.

Baca juga: Bahaya Hipertensi dalam Kehamilan dan Cara Menanganinya! 

4. Mengurangi mulas

Jika kamu mengidam makanan pedas selama kehamilan, kamu harus menyiapkan yogurt. Sebab, dengan yogurt, kamu bisa mengurangi efek negatif dari mengonsumsi makanan pedas, salah satunya adalah mulas.

5. Menjaga kesehatan kulit

Yogurt mengandung banyak vitamin E yang bisa menjaga kesehatan kulit selama kehamilan. Selain itu, kandungan yang terdapat pada yogurt juga bisa mencegah terjadinya pigmentasi dan kulit kering.

6. Meredakan stres dan kecemasan

gejala hipertensi dalam kehamilan

Manfaat yogurt untuk ibu hamil selanjutnya, yaitu meredakan stres dan kecemasan. Selama kehamilan, banyak wanita yang merasa cemas dan stres. Yogurt merupakan makanan sehat yang bisa meredakan stres dan kecemasan. 

7. Menjaga berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan bagi ibu hamil dan bayinya. Mengonsumsi yogurt bisa membantu menjaga berat badan agar tetap terkendali selama kehamilan. 

8. Menjaga kesehatan otot

Yogurt merupakan sumber kalsium dan protein yang baik. Sehingga, tidak heran jika yogurt dapat membantu perkembangan otot dan kontraksi otot.

Tips memilih yogurt yang aman untuk ibu hamil

manfaat yogurt untuk ibu hamil

Beberapa tips memilih yogurt yang aman untuk ibu hamil, antara lain:

  • Konsumsi yogurt yang rendah lemak dan sudah dipasteurisasi.
  • Selama kehamilan, jangan mengonsumsi yogurt yang penuh lemak. Sebab, yogurt yang penuh lemak bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang tidak sehat dan berlebihan.
  • Sebaiknya, kamu tidak mengonsumsi yogurt yang homemade. Sebab, yogurt yang dibuat sendiri biasanya rentan terhadap kontaminasi bakteri.
  • Pilihlah yogurt yang tidak mengandung pemanis. Sebab, yogurt yang tinggi gula bisa meningkatkan gula darah. Agar rasanya lebih manis, kamu bisa menambahkan madu, buah, atau granola.

Yogurt merupakan produk olahan susu yang enak dan kaya akan nutrisi. Yogurt aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain bisa meningkatkan kekebalan tubuh, yogurt juga bisa menjaga berat badan, mengurangi stres, bahkan mencegah hipertensi. Disarankan untuk mengonsumsi yogurt yang sudah dipasteurisasi, bukan yang homemade.

Share artikel ini
Reference