manfaat serai untuk promil

Serai adalah tanaman yang bagian daun dan minyaknya biasa digunakan untuk obat. Serai juga umum digunakan dalam produk kecantikan, makanan, dan minuman. Namun tahukah kamu bahwa ada manfaat serai untuk promil?

Yap, kamu tak salah baca. Ada manfaat daun serai untuk promil, baik untuk kamu maupun pasanganmu. Kandungan yang berfungsi sebagai peningkat kesuburan itu di antaranya ialah antioksidan dan flavonoid.

Pengaruh serai terhadap kesuburan

tanda ovulasi gagal

Yuk cek, kira-kira apa manfaat serai untuk kesuburan pria.

1. Membuang racun antifertilitas

Air herbal serai dapat memberikan perlindungan terhadap polusi yang merugikan kesehatan seksual seperti membuang racun seperti timbal asetat dan meningkatkan kualitas sperma pada pria.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap penurunan kualitas sperma. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mengekspos diri terhadap pencemaran lingkungan seperti timbal asetat memiliki potensi efek negatif pada kesuburan pria.

Ekstrak serai yang secara alami kaya akan antioksidan & flavonoid dapat sangat mengurangi racun dengan membuangnya dari tubuh.

6 Ciri Sperma Sehat, Begini untuk Kesuksesan Promil!

2. Melindungi sel sperma dari kerusakan

Air herbal serai kaya akan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan memperkuat pertahanan terhadap benda asing.

3. Meningkatkan kualitas sperma

Sebuah studi pada tikus menunjukkan ekstrak serai mungkin dapat meningkatkan konsentrasi dan motilitas spermatozoa.

Itu tadi kegunaan serai untuk kesuburan pria, berikut ini untuk kesuburan wanita:

  • Dapat membantu meringankan nyeri haid.
  • Ekstrak mengandung senyawa kimia yang membantu mencegah ketidakseimbangan hormon.

Manfaat serai

manfaat daun serai

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari mengkonsumsi serai:

  • Membantu Pemulihan Pasca Persalinan

Serai membantu ibu pulih selama masa nifas. Penggunaan utama dari bahan ini adalah untuk mencegah angin dan kelembaban. Serai juga cocok untuk meredakan kondisi seperti diare, sakit kepala, rematik, dan sakit perut.

Ramuan ini juga baik untuk mengatur haid dan mengobati bengkak pasca melahirkan. Konsumsi jamu yang memadukan serai dan sarang burung walet juga dapat menyehatkan cairan tubuh, kulit, dan paru-paru serta memperbaiki warna kulit.

  • Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Mengkonsumsi teh serai dapat membantu menjaga tekanan darah tinggi dengan menginduksi ketenangan dan menekan peradangan. Studi menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh serai mencapai relaksasi. Para peserta juga menunjukkan penurunan detak jantung yang signifikan dan penurunan tekanan darah yang moderat.

  • Mengandung Sifat Anti-Bakteri

Serai memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antimikroba. Karenanya, minyak atsiri sereh adalah pengobatan potensial untuk kondisi seperti kurap, kudis, kutu air, dan infeksi jamur.

Kemampuan bahan ini untuk menyembuhkan infeksi berasal dari kandungan citral yang tinggu dalam minyak atsiri serai. Senyawa kimia ini sangat efektif dalam mengurangi infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans.

  • Mengurangi Stres Dan Kecemasan

Ramuan ini dapat membantu menenangkan saraf seseorang. Sebuah studi di Journal of Alternative and Complementary Medicine menunjukkan bahwa subjek yang mengalami kecemasan dalam situasi tertentu melaporkan penurunan emosi saat terpapar aroma minyak atsiri serai.

Selain itu, sifat menenangkan serai dapat membuat tidur nyenyak. Serai menginduksi pelepasan serotonin (prekursor hormon melatonin), yang menenangkan pikiran dan tubuh, dan memodulasi siklus tidur-bangun.

  • Mendukung Pencernaan yang Sehat

Menariknya, citral — yang berlimpah dalam teh serai — dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan memastikan metabolisme tetap sehat. Sifat antioksidan ramuan ini juga mendorong pertumbuhan bakteri menguntungkan (probiotik). Selain itu, sifat antibakteri dan antimikroba yang kaya dari serai membantu melawan gangguan perut yang disebabkan oleh berbagai patogen.

Cara konsumsi serai yang benar

Sebaiknya konsumsi tanaman serai sebagai minuman teh. Untuk menyiapkan teh serai, Kumpulkan seikat daun atau batang serai, cuci dengan air bersih sebelum dipotong-potong dengan panjang minimal 1 inci lalu rebus minimal 6 menit atau lebih. 

Tambahkan pemanis seperti madu, batang kayu manis, atau lemon segar dan hiasi dengan jeruk nipis jika mau. Saring untuk menghilangkan daun atau tangkai kemudian tambahkan gula atau madu dan sajikan dalam keadaan panas atau dingin. The serai dapat dikonsumsi dalam keadaan panas atau dingin.

Hindari memakan atau meminum serai saat tubuhmu sedang panas. Jika tidak, dapat memperburuk gejala seperti sembelit, pusing, sakit kepala, berkeringat, haus, mulut kering, sakit gusi, dan sakit tenggorokan. 

9 Makanan yang Baik untuk Penderita Radang Tenggorokan

Karena dapat menghilangkan gumpalan darah dan menyegarkan sirkulasi darah, orang yang memiliki gangguan pendarahan atau sedang menjalani pengobatan pengencer darah harus berkonsultasi dengan profesional obat herbal atau dokter.

Sementara serai dan herbal serupa lainnya menawarkan banyak manfaat, perlu dicatat bahwa herbal memiliki tingkat toksisitas (gejala toksik) yang berbeda-beda. Dianjurkan untuk menjalani penilaian medis menyeluruh oleh penyedia layanan kesehatan sebelum mencari saran dari praktisi TCM.

Bisakah serai diminum saat hamil?

Ya, hanya dalam jumlah yang minimal, namun perlu diketahui bahwa mengonsumsi dengan dosis tinggi dapat menyebabkan keguguran. Ekstrak serai mengandung myrcene dan minyak citral yang dapat menyebabkan kebocoran pada selaput janin bila dikonsumsi berlebihan dan dapat menyebabkan keguguran.

Untuk menghindari risiko keguguran, kurangi asupan atau hindari sepenuhnya untuk berada di sisi yang lebih aman karena dosisnya tidak dapat diatur dengan benar, sehingga kemungkinan overdosis dapat terjadi.

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak dari serai dapat digunakan dengan elemen lain untuk menginduksi persalinan. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menegaskan hal ini.

—-

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference