manfaat rumput fatimah untuk promil

Rumput fatimah merupakan salah satu tanaman herbal yang populer di kalangan wanita, terutama bagi yang sedang menjalani program hamil. Benarkah manfaat rumput fatimah untuk promil terbukti ampuh? Yuk, simak di artikel ini!

Manfaat rumput fatimah untuk promil sudah sangat familiar. Kalau kamu pernah mendengar khasiat tanaman dari Malaysia ini, pasti tertarik untuk mencobanya. Rumput fatimah bagus untuk mengurangi bau tidak sedap di bagian kewanitaan dan melancarkan haid

Kelancaran siklus menstruasi juga bisa memengaruhi peluang keberhasilan program hamil. Nah, agar semakin paham, kamu wajib mengikuti pembahasan tentang manfaat rumput fatimah untuk promil beserta aturan konsumsinya. 

4 Manfaat Buah Parijoto untuk Promil

Manfaat rumput fatimah untuk promil

Nama ilmiah rumput fatimah adalah Labisia pumila, tetapi sebagian orang lebih mengenal dengan sebutan kacip fatimah, akar siti fatimah, pokok pinggang atau rumput palis. 

Tanaman dengan bentuk daun lonjong dan berbulu di bagian bawahnya ini, umumnya diberikan pada wanita hamil dengan tujuan memicu kontraksi sehingga mempercepat proses persalinan. 

Rumput fatimah memang mengandung zat serupa dengan oksitosin yang berfungsi merangsang kontraksi. Namun, jumlahnya tidak dapat diukur pasti. Terutama bagi yang mengonsumsinya langsung bukan dalam bentuk produk. 

Konsumsi rumput fatimah tidak disarankan ketika hamil, sebab berisiko menyebabkan janin stres dan meningkatkan risiko keguguran. 

Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengonsumsinya selama tidak sedang mengandung dan mendapatkan manfaat berupa: 

1. Melancarkan siklus menstruasi

Salah satu ciri kesuburan wanita adalah siklus menstruasi yang lancar. Kesuburan berperan penting dalam program hamil yang kamu jalani. Ketidakseimbangan hormon estrogen dapat menyebabkan haid tidak lancar

Kamu yang mengalami haid tidak lancar bisa mengonsumsi rumput fatimah karena penelitian menunjukkan terkandung estrogen di dalamnya. Kadar estrogen yang cukup akan melancarkan menstruasi sehingga meningkatkan peluang keberhasilan promil. 

2. Meningkatkan gairah seksual

Sejumlah produk mengandung rumput fatimah mengklaim mampu memberikan khasiat berupa peningkatan gairah seksual dan libido. Hal ini tentunya akan  berpengaruh pada keberhasilan program hamil. Penelitian pada 2009 juga dilakukan untuk menguji efektivitas tanaman tersebut.

3. Mengurangi risiko keputihan

Keputihan abnormal dapat memicu infertilitas atau ketidaksuburan. Mengonsumsi rumput fatimah dipercaya bisa mengurangi keputihan dan lendir di bagian vagina. Alhasil, wanita bisa tetap nyaman saat berhubungan seksual. 

4. Mengurangi nyeri haid

Di samping bagus untuk program hamil, akar fatimah juga bermanfaat mengurangi nyeri haid. Biasanya seseorang meminum air rendaman rumput fatimah untuk meringankan gejala seperti pegal, demam, dan sakit kepala.

4 Manfaat Jahe untuk Promil yang Wajib Dicoba!

5. Menghilangkan bau berlebih di bagian kewanitaan

Bau akibat keputihan sering kali menyebabkan wanita jadi tidak percaya diri, terutama ketika melakukan hubungan seksual. Untuk mengatasi permasalahan ini pertimbangkan mengonsumsi rumput fatimah. 

6. Baik untuk wanita menopause

Kacip fatimah bagus dikonsumsi oleh wanita pascamenopause. Wanita yang sudah menopause mengalami kekurangan hormon estrogen yang memicu gejala, seperti gangguan tidur, penurunan gairah seksual, nyeri kepala, dan sebagainya. Riset dari Journal of Medicinal Food (2014) menampilkan akar fatimah mampu meringankan menopause

7. Kaya akan antioksidan

Rumput fatimah banyak digunakan masyarakat karena mengandung antioksidan. Kandungan flavonoid yang bersifat antioksidan ini berguna mencegah kerusakan struktur radikal bebas yang meningkatkan penuaan dini serta penyakit kronis. 

8. Mencegah penuaan

Manfaat lain wajib kamu ketahui adalah mencegah penuaan. Antioksidan yang terkandung dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penurunan kolagen. Jika kolagen menurun kulit kamu rentan kendur dan muncul kerutan. 

Penggunaan rumput fatimah untuk anti aging yaitu dengan mengoleskan ekstrak tersebut ke kulit. Namun, penelitian tentang efek sampingnya masih perlu diteliti lebih lanjut. 

9. Memperkuat tulang

Tahukah kamu kalau wanita yang telah menopause rentan alami pengeroposan tulang. Hal ini terjadi karena hormon estrogen menurun drastis. Cara mengatasi osteoporosis, yakni dengan rumput fatimah. 

Ini Manfaat Saffron untuk Promil, Benarkah Ampuh?

Manfaat rumput fatimah untuk promil perlu diteliti lebih lanjut. Kamu bisa berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi tanaman herbal tersebut. 


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference