Manfaat minyak kemiri untuk bayi

Minyak kemiri disebut sebagai salah satu bahan yang mempunyai banyak khasiat. Tak hanya untuk orang dewasa, minyak kemiri untuk bayi juga dipercaya sebagai salah satu minyak penuh khasiat.

Penasaran dengan manfaat minyak kemiri untuk bayi? Bagaimana tips menggunakan minyak kemiri tersebut dan adakah efek sampingnyat? Supaya tidak bingung, langsung saja simak pembahasan lengkapnya berikut ini..

Mengenal manfaat minyak kemiri

Minyak kemiri adalah minyak yang diekstrak dari tumbuhan Aleurites Moluccana. Tumbuhan ini banyak tumbuh di Hawaii dan banyak dimanfaatkan sebagai minyak penuh khasiat. Jenis minyak ini memang sudah lama dimanfaatkan untuk berbagai keperluan kesehatan, tidak terkecuali untuk keperluan bayi.

Minyak kemiri umumnya digunakan untuk perawatan kesehatan kulit dan rambut bayi. Terutama, menumbuhkan dan melebatkan rambut. Tak heran banyak orang tua yang memberikan minyak kemiri untuk menumbuhkan rambut bayi. Selain itu, tentunya masih banyak manfaat minyak kemiri, langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Minyak kemiri untuk bayi

Banyak orang yang bertanya apakah benar minyak kemiri berpengaruh sebagai penumbuh rambut bayi agar lebih lebat dan hitam. Pertumbuhan rambut sendiri sebetulnya dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, yaitu asupan gizi dan genetik atau keturunan. Kelainan di kulit kepala dan beberapa jenis penyakit dapat mempengaruhi rambut bayi.

Minyak kemiri diketahui bermanfaat karena mengandung protein dan mineral yang berfungsi untuk pertumbuhan rambut, seperti menumbuhkan dan mencegah kerontokan. Apa saja yang menjadi kandungan minyak kemiri sehingga sangat bermanfaat untuk kebutuhan bayi?

Kandungan minyak kemiri

Sebelum membahas apa saja manfaat minyak kemiri untuk bayi, sebaiknya mengetahui apa saja kandungan bermanfaat yang bisa diketahui dibawah ini. Minyak kemiri diketahui mengandung asam lemak tak jenuh yang disebut asam linoleat dan asam linolenat dengan kandungan 66,2% dari lemak total.

Asam linoleate mengandung omega-3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk kesehatan kulit dan rambut. Selain itu nutrisi lengkap dalam kemiri antara lain:

  • Saponin
  • Flavonoid
  • Polifenol
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Mineral
  • Fosfor
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin E
  • Folat
  • Fitosterol

Kandungan di dalam minyak kemiri memang sangat tinggi dan mempunyai berbagai nutrisi lengkap yang bermanfaat untuk berbagai kebutuhan kesehatan bayi.

Manfaat minyak kemiri untuk bayi

Seperti dijelaskan sebelumnya ada banyak manfaat minyak kemiri untuk bayi. Nah, manfaat minyak kemiri yang dapat dirasakan untuk keperluan si kecil antara lain:

Memperkuat rambut

Minyak kemiri dapat membantu rambut bayi menjadi lebih kuat dan mencegah kerontokan rambut bayi. Rambut menjadi lebih sehat dan lebat tanpa adanya kerontokan lagi. Jika rambut bayi sering patah atau rontok, kamu bisa menggunakan minyak kemiri ini.

Menghitamkan rambut

Produk shampoo yang mengandung kemiri diketahui dapat bermanfaat untuk dapat menghitamkan rambut. Rambut menjadi hitam alami dengan kandungan miristat kemiri yang berfungsi baik untuk rambut. Selain itu miristat dapat membantu rambut lebih sehat dan subur.

Memberi nutrisi rambut

Minyak kemiri yang diperoleh dari hasil ekstrak sangat membantu menutrisi rambut bayi. Kandungan asam linoleat sebagai asam lemak tak jenuh dapat bermanfaat sebagai nutrisi alami dalam proses pertumbuhan rambut bayi.

Menjaga kesehatan dan kelembutan rambut

Protein dalam minyak kemiri memberikan nutrisi tambahan yang sangat baik untuk tubuh berfungsi secara optimal, terutama rambut. Rambut si kecil menjadi lebih sehat dan lebat dengan penggunaan minyak ini.

Kulit bayi menjadi terhidrasi dan lembab

Vitamin E yang terdapat pada minyak kemiri sangat baik untuk memberikan nutrisi pada lapisan kulit terluar. Kandungan ini membuat minyak alami menjadi lebih mudah keluar sehingga mencegah kulit bayi menjadi kering. Kulit bayi akan jauh lebih lembab, sehat dan kenyal.

Mencegah kulit bayi terbakar

Kulit bayi yang sensitif bisa terbakar atau kemerahan saat dijemur di pagi hari. Minyak kemiri yang diaplikasikan ke kulit akan membantu melembabkan kulit dan mencegah sengatan matahari merusak kulit bayi.

Melawan bakteri

Ekstrak biji kemiri dapat memiliki efek antimikroba yang bermanfaat untuk melawan jamur atau bakteri. Kandungan dalam minyak ini juga baik untuk proses penyembuhan luka dan mencegah bakteri dapat menyebar di permukaan kulit. Minyak kemiri mampu melawan jamur kuku, gatal, jamur kulit dan ketombe.

Mengobati luka

Minyak kemiri dapat membantu kulit luka ringan atau terbakar dalam mempercepat kesembuhan. Minyak kemiri dapat meningkatkan kolagen kulit sehingga sel kulit baru cepat terproduksi dan menghilangkan bekas luka.

Nah, mengingat kulit bayi yang masih sangat sensitif, bagaimana tips memakai minyak ini agar aman untuk bayi?

Tips menggunakan minyak kemiri untuk bayi

Meskipun dengan substansi yang sangat kecil atau ringan, bayi yang memiliki kulit sangat sensitif bisa mengalami peradangan dengan penggunaan minyak tertentu. Peradangan malah akan menyebabkan kulit bayi menjadi merah, bengkak, gatal, perih dan kondisi lainnya. Maka dari itu penting mengetahui tips menggunakan minyak kemiri.

Berikut adalah tips mudah menggunakan minyak kemiri:

  • Ketahui penyusun dan olahan produk minyak kemiri yang dipilih. Pastikan bahwa minyak kemiri dibuat dengan bahan alami dan tidak mengandung bahan yang bisa memicu alergi kulit.
  • Jangan sembarangan memberikan minyak kemiri untuk bayi kurang dari 1 tahun. Kamu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak apakah minyak kemiri tertentu aman digunakan untuk si kecil dan mencegah alergi atau kulit sensitif.
  • Berikan bayi ASI dan kebutuhan gizi secara lengkap. Jika kamu ingin rambut atau kulit bayi mempunyai pertumbuhan dengan baik, lengkapi kebutuhan gizi dan ASI yang cukup untuk bayi.
  • Hindari menggunakan tutup kepala kotor. Tutup kepala kotor dapat menyebabkan bakteri bersarang sehingga menyebabkan penyakit kulit kepala.
  • Gunakan produk minyak kemiri yang aman. Pilih produk untuk kulit dan rambut bayi dengan kandungan dan bahan alami.

Minyak kemiri untuk bayi mempunyai segudang manfaat baik untuk proses pertumbuhan rambut maupun kesehatan kulitnya. Lakukan pengecekan penyusun produk minyak kemiri agar dapat digunakan dengan aman dan bermanfaat untuk kesehatan si kecil.

 

Share artikel ini
Reference