menjadi wanita karir

Apakah kamu pernah mendengar tentang metode kaizen, yoonies? Metode ini berasal dari Jepang yang artinya adalah kai (perubahan) dan zen (lebih baik).

Banyak perusahaan yang berusaha menerapkan metode kaizen karena dianggap dapat menjelaskan konsep pembangunan sehingga tercipta perkembangan yang diharapkan.

Jika kamu masih asing dengan istilah kaizen, yuk simak pembahasan lengkapnya dalam ulasan berikut!

Apa itu metode kaizen?

Salah satu metode yang terus dikembangkan dan diadptasikan di berbagai perubahan adalah metode kaizen. Metode kaizen adalah filosofi bisnis yang berasal dari jepang dan mulai populer serta dikembangkan sejak tahun 1950-an.

Banyak perusahaan yang akhirnya mencontoh jenis metode ini karena mendorong perusahaan menjadi lebih berkembang daripada sebelumnya.

Kaizen adalah perubahan menjadi lebih baik dan berkelanjutan. Perubahan sekecil apapun dalam sebuah operasi perusahaan akan membuat perusahaan lebih berkembang,

Ada beberapa makna filosofis kaizen yang dapat diterapkan dalam perusahaan mengenai perkembangan dan perubahan seperti:

    • Menambahkan kualitas mulai dari proses bisnis, praktik kerja hingga produknya
    • Perubahan biaya perusahaan seperti mengatur sumber daya, energi yang dibutuhkan dan dikeluarkan serta bahan
    • Metode pengiriman yang dapat meliputi aktivitas nilai tambah dan waktu pengiriman.
    • Manajemen perusahaan seperti alur kerja, pelatihan, sikap, dokumentasi dan managerial.
    • Kondisi kerja dan keselamatan kerja serta perusahaan.

Bagaimana sebuah perusahaan menerapkan metode dalam usahanya dalam berkembang?

Cara Tes Kepribadian Sanguinis, Melankolis, Koleris, Atau Plegmatis

Proses melakukan kaizen

16 tipe kepribadian mbti adalah beragam

Metode kaizen memang tidak dapat dilakukan dalam waktu yang cepat dan sebentar. Perlunya pembiasaan dan banyak waktu akan memberikan ritme yang seimbang dalam sebuah perusahaan untuk dapat berproses secara berkelanjutan. Proses ini tentunya akan sangat berguna untuk sebuah perusahaan hingga kemudian hari.

Beberapa proses dalam melakukan kaizen dalam perusahaan antara lain:

1. Identifikasi peluang perubahan

Perubahan tidak akan terjadi apabila peluang perubahan tidak diketahui. Perubahan dapat diidentifikasi dengan cara mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Tentunya saat ada kebutuhan, akan ada peluang untuk dapat melakukan perubahan dalam perusahaan.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu seperti mempelajari kegiatan perusahaan, melacak kondisi aset hingga meminta saran langsung dari karyawan dan staff.

2. Analisis proses

Setelah kebutuhan sudah diketahui, diperlukan analisis proses setelah informasi dan data terkumpul. Memahami proses sangat penting agar kebutuhan perusahaan dapat dipenuhi sesuai dengan sasaran.

3. Mengembangkan solusi

Solusi sederhana dan efektif diperlukan setelah perusahaan menemukan masalah yang dihadapi. Perubahan ini dimulai dari hal yang paling kecil namun tetap konsisten akan menghasilkan progress yang lebih efektif dan berkelanjutan.

13 Cara Menghilangkan Ngantuk Dengan Jari Pijatan dan Alami, Yuk Coba!

4. Menerapkan solusi

Libatkan semua orang yang ada dalam perusahaan untuk menerapkan solusi yang telah ditemukan. Jika tidak, maka solusi akan sangat sulit untuk mengubah kebiasaan perusahaan menjadi lebih baik. Libatkan semua staff dari level bawah sampai atas untuk kepentingan perubahan perusahaan.

5. Analisis hasil

Meninjau kembali hasil dengan analisis proses perubahan yang telah dilakukan selama beberapa waktu. Luangkan waktu untuk membahas perubahan sekecil apapun dalam perusahaan dan pastikan solusi yang tidak berhasil harus diubah dan disesuaikan dengan tujuan awal.

6. Standarisasi solusi

Membuat solusi menjadi standar perusahaan sangat penting untuk dapat menerapkan perubahan yang terus berkelanjutan. Jika solusi sudah bekerja sesuai dengan keinginan, maka perusahaan dapat membuat pelatihan berkelanjutan agar solusi dapat menjadi bagian dari perusahaan.

7. Rencana perbaikan

Terus pantau perubahan dan metode yang dilakukan agar dapat dilakukan peningkatkan dna pengembangn sehingga membawa perusahaan akan lebih baik di masa depan.

Apa Itu Gangguan Kepribadian Paranoid? Berikut Cara Mengatasinya!

Manfaat menerapkan kaizen

Metode kaizen merupakan cara untuk perusahaan tidak cepat puas dengan perkembangan kecil. Dibalik itu ada banyak manfaat yang didapatkan saat perusahaan menerapkan metode kaizen seperti:

1. Produktivitas meningkat

Perubahan kecil yang dilakukan terus menerus akan memicu perusahaan meningkatkan pembangunan yang konsisten. Produktivitas kerja akan meningkat seiring dengan kemajuan perusahaan dan hal ini akan menjadi budaya yang diterapkan dalam perusahaan.

2. Fasilitas perusahaan aman

Pada saat metode kaizen dilaksanakan, tentunya akan ada evaluasi yang menyeluruh dan masalah yang dapat membahayakan perusahaan serta karyawan dapat ditemukan. Hal ini dapat menjaga aset dan fasilitas perusahaan serta keselamatan karyawan juga terjamin.

3. Hemat biaya

Mengelola operasional dalam sebuah perusahaan memerlukan biaya dan anggaran yang sangat besar. Dengan meningkatkan kualitas perusahaan melalui kaizen akan menghemat biaya yang sangat besar bagi sebuah perusahaan. Anggaran akan lebih mudah ditentukan dan ditekan semaksimal mungkin di masa depan.

4. Komunikasi berkembang

Dengan penerapan metode kaizen, maka komunikasi dalam perusahaan akan lebih berkembang dan aka nada banyak peningkatan. Karyawan akan merasa mereka diberdayakan dan membantu menekan pergantian karyawan dengan cepat.

5. Karyawan lebih termotivasi

Lingkungan kerja yang dinamis karena kaizen dapat memberikan motivasi yang besar kepada karyawannya. Banyak karyawan akan merasa puas dengan perubahan yang mereka sarankan sehingga dapat memberikan kinerja yang paling terbaik.

6. Pelanggan lebih puas

Produk yang dihasilkan oleh perusahaan yang senantiasa berkembang akan memberikan hasil yang memuaskan. Kualitas produk menjadi lebih baik sehingga pelanggan akan merasa lebih puas. Banyak aspek yang akan berkembang dengan metode kaizen yang diterapkan dalam perusahaan.

Metode kaizen bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan perubahan kecil namun berkelanjutan dalam sebuah perusahaan. Tentunya metode ini harus dipahami oleh seluruh pihak yang terlihat agar perusahan dapat menuju ke arah lebih baik dan makin berkembang.

Share artikel ini
Reference