manfaat kacang kedelai untuk promil

Kamu pasti tidak menyangka jika ada manfaat kacang kedelai untuk promil buat para wanita yang ingin segera memiliki anak. Faktanya, beberapa kandungan nutrisi dalam kacang kedelai tidak hanya bermanfaat untuk program hamil, tetapi juga kesehatan tubuh.

Lalu, apa saja manfaat kacang kedelai untuk tubuh? Artikel ini akan membahas lengkap tentang manfaat kacang kedelai untuk promil, kandungan, hingga manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan kacang kedelai

Yuk, cari tahu kandungan yang ada dalam kacang kedelai terlebih dahulu sebelum mengenali manfaat kacang kedelai untuk promil!

Kacang kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang berasal dari Asia bagian timur yang telah dikonsumsi selama ribuan tahun. Kacang ini banyak tumbuh tidak hanya di Asia, tetapi juga di Amerika Selatan dan Utara.

Ada berbagai macam produk kedelai tersedia saat ini di pasaran, seperti tepung kedelai, protein kedelai, tahu, susu kedelai, kecap, dan minyak kedelai. Kacang kedelai mengandung beragam nutrisi dan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Tiap 100 gram kacang kedelai mengandung:

  1. 172 kalori
  2. 63% air
  3. 18,2 gram protein
  4. 8,4 gram karbohidrat
  5. 3 gram gula
  6. 6 gram serat
  7. 9 gram lemak

Selain beberapa kandungan di atas, kacang kedelai juga mengandung:

  1. Kalsium
  2. Zat besi
  3. Magnesium
  4. Fosfor
  5. Kalium
  6. Vitamin A
  7. Molibdenum
  8. Vitamin K1
  9. Folat
  10. Tembaga
  11. Mangan
  12. Tiamin
  13. Isoflavon
  14. Asam fitat
  15. Saponin

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati terbaik meski kualitasnya tidak setinggi beberapa protein yang ada pada hewan. Jenis protein utama yang terkandung dalam kacang kedelai adalah glycinin and conglycinin.

Ramuan Warisan Leluhur, Ini Manfaat Wuji Bai Feng Wan untuk Promil dan Kesehatan!

Manfaat kacang kedelai untuk promil

manfaat kacang kedelai untuk promil dan kesehatan

Menurut studi yang dilakukan oleh Universitas Harvard terhadap 239 wanita yang menjalani bayi tabung antara 2007-2012 ditemukan bahwa kacang kedelai dapat meningkatkan kesuburan wanita, terutama wanita yang terpapar bisphenol A atau BPA.

BPA merupakan bahan kimia yang ditemukan di banyak produk plastik serta lapisan di beberapa makanan kaleng. Bahan kimia ini dapat mengganggu sistem reproduksi.

Berdasarkan kandungannya, ada beberapa manfaat kacang kedelai untuk promil yang bisa dicoba. Kandungan utama dalam kacang kedelai yang berperan penting untuk promil, yaitu isoflavon.

Isoflavon adalah fitonutrien unik yang menyerupai hormon seks wanita, yaitu estrogen, yang dapat meningkatkan gairah seks agar cepat hamil.

Baik sebelum dan sesudah hamil, kacang kedelai faktanya bisa menjadi menu makanan sehat. Selama masa kehamilan, kacang kedelai sangat bermanfaat untuk ibu hamil dan juga janinnya.

Kandungan asam folat atau vitamin B9 dalam kacang kedelai, tidak hanya mampu menyehatkan ibu hamil namun juga menyehatkan janin di dalam tubuhnya.

4 Manfaat Jahe untuk Promil yang Wajib Dicoba!

Manfaat kacang kedelai untuk kesehatan

Sama seperti kebanyakan kacang-kacangan lainnya, kacang kedelai juga memiliki sejumlah efek kesehatan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beragam manfaat kacang kedelai untuk kesehatan:

  1. Mengurangi risiko penyakit kanker
  2. Membantu memperlambat gejala menopause
  3. Meningkatkan kesehatan tulang, terutama pad wanita
  4. Menjaga kesehatan kulit
  5. Membantu mencegah munculnya keriput pada kulit
  6. Menjaga kestabilan berat badan
  7. Membantu menurunkan kadar kolesterol
  8. Membantu mengontrol glukosa darah pada penderita diabetes tipe 2
  9. Mencegah kebotakan
  10. Meningkatkan kesehatan jantung
  11. Membantu melawan peradangan
  12. Mencegah risiko hipertensi
  13. Menbantu menjaga kualitas tidur yang baik
  14. Meringankan gejala depresi, kecemasan, dan kegelisahan
  15. Mencegah insomnia

Walaupun ada manfaat kacang kedelai untuk promil dan kesehatan tubuh, kamu tidak boleh mengonsumsi kacang ini secara berlebihan. Jika dikonsumsi terlalu banyak, maka ada efek negatif pada tubuh, seperti:

  1. Sembelit, mual, dan kembung
  2. Memicu penyakit hipotiroid dengan gejala: rasa tidak nyaman, mengantuk, sembelit, dan pembesaran tiroid
  3. Gejala alergi, terutama bagi mereka yang mempunyai alergi terhadap glycinin and conglycinin dalam kacang kedelai

Di Balik Kelezatan, Temukan Manfaat Kurma Muda untuk Promil

Nah, sudah paham kan sekarang apa saja manfaat kacang kedelai untuk promil? Baik itu kacang kedelai atau jenis lainnya memang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference