cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil

Ternyata ada cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil dengan mudah, lho. Hal ini sangat bermanfaat buat kamu yang sedang melakukan program hamil dan ingin segera mendapat momongan. Jika sudah mengetahui kapan haid terakhir sebelum hamil, kamu juga akan mudah mempersiapkan kehamilan.

Yuk, cari tahu lebih jauh bagaimana cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil. Kenali juga ciri-ciri hamil muda dengan membaca artikel ini!

Cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil

Salah satu cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil adalah dengan memeriksa adanya pendarahan implantasi. Pendarahan ini merupakan tanda awal kehamilan yang mana sel telur atau embrio yang telah dibuahi menempel di dinding rahim. Ini merupakan pendarahan normal yang biasanya berlangsung hingga 2 hari.

Biasanya pendarahan implantasi disangka sebagai bagian dari menstruasi. Ada wanita yang mengalami pendarahan implantasi ketika menstruasi akan tiba, tetapi ada juga yang tidak. Waktu pendarahan ini juga bervariasi pada setiap wanita.

Berikut gambaran umumnya (siklus reguler 28 hari):

  1. Hari 1: Hari pertama menstruasi.
  2. Hari 14: Ovulasi terjadi 14 hari sebelum menstruasi berikutnya
  3. Hari 14-15: Pembuahan terjadi 0-1 hari setelah ovulasi
  4. Hari 20-24: Implantasi terjadi sekitar 6-7 hari setelah pembuahan
  5. Hari 24-25: Pendarahan implantasi

Umumnya, pendarahan implantasi terjadi sekitar 6-7 atau 12 hari setelah sel telur dibuahi. Banyak wanita yang belum mengetahui bahwa mereka sudah hamil karena mengira pendarahan yang terjadi merupakan bagian dari pendarahan menstruasi. Mereka baru menyadarinya ketika sudah melakukan tes kehamilan.

Pendarahan implantasi merupakan pendarahan ringan yang disebut spotting atau bercak. Cara memeriksa adanya pendarahan ini adalah dengan melihat apakah ada noda di pakaian dalam kamu atau kertas toilet saat membersihkan kemaluan setelah buang air.

Berikut ciri-ciri pendarahan implantasi.

  1. Berlangsung selama 48 jam atau dua hari
  2. Pendarahan yang ringan dan bukan pendarahan berat atau menggumpal
  3. Pendarahan yang bisa diatasi dengan menggunakan pantyliner
  4. Darahnya berwarna cokelat atau cokelat tua
  5. Tidak ada kram, jika muncul kram biasanya kram ringan

Kesimpulannya, memeriksa apakah ada spotting atau bercak pada celana dalam kamu merupakan salah satu cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil yang mudah. Jika kamu juga mengalami beberapa ciri-ciri di atas, selanjutnya kamu bisa mencoba melakukan tes kehamilan untuk memastikan.

Berapa Lama Batas Telat Haid Tanda Kehamilan?

Apa saja ciri-ciri hamil muda?

ciri-ciri hamil muda cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil

Kamu sudah mengetahui bagaimana cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil, yaitu dengan memerika apakah ada spotting atau bercak pada celana dalam.

Nah, setelah mengecek apakah ada spotting atau tidak dan melakukan tes kehamilan, kamu bisa lebih memastikan apakah kamu hamil atau tidak dengan mengetahui ciri-ciri hamil muda.

Tanda dan gejala awal kehamilan (hamil muda) yang paling umum:

  1. Tidak terjadi menstruasi
  2. Payudara terasa lembut, sedikit bengkak dan terasa nyeri
  3. Mual dan muntah atau mual saja
  4. Sering buang air kecil
  5. Sering merasa kelelahan

Tanda dan gejala kehamilan (hamil muda) lainnya:

  1. Emosi yang tidak stabil karena pengaruh hormon yang naik (sering murung dan menangis)
  2. Sering merasa kembung
  3. Adanya bercak ringan (pendarahan implantasi)
  4. Muncul rasa sakit kram ringan
  5. Sering merasa sembelit
  6. Sensitif terhadap bau
  7. Nafsu makan menurun atau hanya ingin mengonsumsi makanan tertentu
  8. Hidung tersumbat atau berair

Ciri-ciri hamil muda bisa terjadi dan bisa juga tidak tergantung kondisi masing-masing tubuh wanita. Kamu perlu curiga jika kamu tidak juga menstruasi. Jika setelah melakukan tes kehamilan pun masih belum yakin, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Hal yang paling penting untuk dilakukan jika kamu sudah benar-benar memastikan bahwa kamu sedang hamil, yaitu mulai mengonsumsi vitamin prenatal. Hamil muda merupakan masa kehamilan yang rentan sehingga kamu perlu mengonsumsi vitamin penguat kandungan, seperti asam folat dan zat besi.

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Tanda Kehamilan dengan Menstruasi!

Itulah penjelasan tentang cara mengetahui haid terakhir sebelum hamil, pendarahan implantasi, dan juga ciri-ciri hamil muda yang perlu kamu ketahui.

Jika kamu memang sedang menjalani program hamil, kamu perlu untuk selalu aware dengan kondisi tubuh kamu sendiri agar kesehatan janin bisa terjaga segera setelah mengetahui kehamilan. 


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference