manfaat air kelapa hijau untuk promil

Manfaat air kelapa hijau lebih dari sekedar pelepas dahaga. Minuman yang mengandung elektrolit juga dinilai baik untuk kesehatan secara keseluruhan, lho!

Tak hanya itu, manfaat air kelapa juga banyak. Kandungan elektrolit pada air kelapa dapat membantu menggantikan elektrolit yang hilang saat ibu hamil muntah (morning sickness).

Tak hanya itu, adanya nutrisi dalam air kelapa juga mendukung perkembangan janin kamu. Apakah benar demikian? Yuk, kenali berbagai manfaat dan efek sampingnya!

Manfaat air kelapa hijau untuk promil

Kelapa muda memiliki banyak manfaat, apalagi jika saat ini kamu sedang menjalani promil, seperti:

1. Membantu mengontrol kadar gula darah

Salah satu kegunaan air kelapa hijau untuk penderita diabetes adalah membantu mengontrol kadar gula darah.

Menurut sebuah penelitian yang dirilis oleh Journal of Medicinal Food, tikus dengan diabetes mengalami peningkatan kontrol gula darah dan penurunan kadar gula darah secara keseluruhan setelah minum air kelapa. Jika memungkinkan, pilihlah air kelapa hijau murni tanpa tambahan gula.

Namun, air kelapa hijau murni pun masih mengandung gula alami sehingga konsumsi dalam jumlah banyak, apalagi berlebihan, tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

2. Tenangkan perut

Berdasarkan sebuah klaim, air kelapa diyakini memiliki efek menenangkan pada perut. Manfaat air kelapa hijau untuk lambung juga karena mudah dicerna sehingga membantu mencegah terjadinya sembelit.

Waktu yang tepat untuk minum air kelapa hijau adalah saat perut dalam keadaan kosong, misalnya di pagi hari. Pasalnya, air kelapa membantu meningkatkan kekebalan tubuh, dan melancarkan metabolisme.

3. Mencegah dehidrasi

Manfaat air kelapa hijau yang pertama adalah dapat mencegah dehidrasi. Air kelapa hijau memiliki kandungan mineral dan nutrisi yang tinggi, karena kandungan yang terkandung di dalamnya, air kelapa dapat digunakan sebagai pengganti minuman berenergi yang efektif menghidrasi tubuh.

4 Manfaat Susu Kedelai untuk Promil, Ternyata Kaya Asam Folat!

4. Menyehatkan tulang dan otot

Satu gelas air kelapa muda sendiri mengandung 56 mg kalsium. Mineral dalam kelapa muda berperan penting untuk memperkuat gigi dan tulang. Selain itu, kalsium juga membantu otot untuk bekerja lebih baik.

5. Mendukung penurunan berat badan

Dalam satu gelas air kelapa muda ini mengandung 45 kalori yang bisa dijadikan pengganti minuman tinggi gula untuk kamu yang ingin melepas dahaga. Manfaat air kelapa hijau untuk promil cocok dikonsumsi bagi kamu yang ingin tetap menjaga berat badan supaya stabil.

Hal ini karena adanya kandungan kalorinya yang rendah, air kelapa juga dinilai mampu mendukung program diet dan menjaga berat badan.

6. Baik untuk perkembangan janin

Vitamin dan mineral sangat penting untuk perkembangan bayi kamu. Itu sebabnya vitamin prenatal sangat penting selama kehamilan. Karena air kelapa merupakan sumber mikronutrien yang baik seperti kalsium, magnesium, dan potasium, menambahkannya ke dalam makanan kamu dapat meningkatkan kesehatan ibu dan janin.

Perkembangan Janin 1 Bulan, Apa Saja Perubahan Tubuh Yang Terjadi?

Misalnya, magnesium dikaitkan dengan peningkatan berat lahir dan risiko preeklampsia yang lebih rendah, sedangkan kalsium berkontribusi pada perkembangan gigi dan tulang bayi.

7. Tingkatkan jumlah cairan ketuban

Salah satu manfaat air kelapa yang terkenal selama kehamilan adalah meningkatkan kadar cairan ketuban. Khususnya pada trimester ketiga, minum air kelapa muda berfungsi sebagai cara alami untuk meningkatkan indeks cairan ketuban (AFI). Bahkan banyak dokter yang menganjurkan meminumnya untuk mencapai kadar AFI normal.

Efek samping air kelapa hijau

apakah air kelapa boleh diminum saat haid

Manfaat air kelapa hijau untuk promil memang banyak, dan aman dikonsumsi saat hamil. Namun, konsumsi berlebihan juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu kamu. Kemungkinan efek samping dari minuman buah tropis ini selama kehamilan meliputi:

  • Sembelit
  • Tekanan darah rendah
  • Lebih sering buang air kecil
  • Hiperkalemia (terlalu banyak kalium dalam darah)
  • Ketidakseimbangan elektrolit
  • Peningkatan kadar gula darah
  • Juga, jika kamu alergi terhadap air kelapa, pastikan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan kamu sebelum menambahkannya ke dalam diet kamu.

Cara memilih kelapa hijau yang sudah matang

Jika kamu memilih kelapa hijau yang sedikit lebih matang, kamu akan menemukan bahwa dagingnya jauh lebih empuk daripada kelapa coklat. Berikut cara memilih kelapa hijau yang sudah matang:

1. Pilih kelapa yang berat

Saat kamu mengocoknya, kamu seharusnya tidak mendengar air mengalir. Itu menandakan sudah penuh air dan masih belum matang.

2. Lebih mudah dibuka

Kelapa hijau memiliki cangkang luar dan dalam yang lebih lunak, yang membuatnya lebih mudah dibuka daripada kelapa yang keras dan berwarna coklat.

Berapa banyak air kelapa hijau yang diminum sehari?

Dalam sehari, batas minum air kelapa hanya satu gelas atau 250 cc per hari. Pada air kelapa yang memiliki kandungan potasium, sodium dan gula yang tinggi, minum air kelapa harus dibatasi.

Jumlah tersebut aman agar tubuh tidak mendapat kalori yang berlebihan dari gula. Kamu harus mewaspadai kandungan potasium pada air kelapa karena dapat menimbulkan efek samping tertentu.

Air kelapa mengandung potasium 10 kali lebih banyak daripada minuman olahraga biasa. Sebagaimana 236 ml air kelapa setara dengan kalium pada satu buah pisang. Manfaat air kelapa hijau untuk promil akan kamu dapatkan jika konsumsi sesuai anjuran dan tidak berlebihan.

Jika kamu terlalu banyak minum air kelapa, ada efek samping seperti hiperkalemia. Dampak meminum air kelapa secara berlebihan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang mengkaji kasus yang berjudul Death by Coconut.

Studi kasus mengungkapkan bahwa minum terlalu banyak air kelapa bisa berakibat fatal. Seorang pria yang sehat berumur 42 tahun tiba-tiba mengalami peningkatan potasium setelah mengonsumsi delapan gelas air kelapa.

Air kelapa adalah pilihan minuman yang aman dan menghidrasi untuk wanita hamil. Penuh nutrisi, dengan efek menyegarkan. Namun, harus dikonsumsi dalam jumlah sedang agar tidak menimbulkan efek samping.
––
Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference