manfaat natur e untuk promil

Selain untuk kesehatan kulit, ternyata manfaat Natur E untuk promil tidak kalah hebatnya, lo. Faktanya tubuh membutuhkan asupan gizi dan vitamin yang cukup untuk merencanakan kehamilan, dan salah satunya bisa kau penuhi dengan suplemen Natur E. 

Baik kamu yang perempuan maupun laki-laki, harus memenuhi vitamin ini guna menjaga kesehatan reproduksi. Bagaimana cara kerja vitamin E dan pengaruhnya pada sistem reproduksi? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Bisakah vitamin E untuk promil?

asam folat untuk promil

Vitamin E adalah nutrisi penting yang larut dalam lemak yang ditemukan di banyak makanan dan suplemen. Di dalam tubuh, ia bertindak sebagai antioksidan dengan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Ini juga penting untuk penglihatan yang baik dan kesehatan otak, kulit, dan darah. 

Vitamin E memiliki manfaat yang tak terhitung jumlahnya, tapi kebanyakan orang tidak menyadari bagaimana zat tersebut mempengaruhi sistem reproduksi. Vitamin E juga bermanfaat bagi pria dan wanita yang sedang menjalani perawatan kesuburan.

Mengkonsumsi vitamin E dapat membantu meningkatkan peluang pasangan untuk hamil karena meningkatkan lendir serviks pada wanita, memungkinkan sperma bertahan hidup lebih lama. Vitamin ini juga meningkatkan efisiensi sistem reproduksi pria. 

Faktanya, infertilitas mempengaruhi pria dan wanita secara setara. Faktor laki-laki menyumbang sekitar 35 persen kasus infertilitas, sementara faktor perempuan menyumbang 35 persen lainnya. Dalam 20 persen kasus, faktor pria dan wanita harus disalahkan, dan dalam 10 persen kasus, penyebab infertilitas tidak dapat ditentukan.

7 Manfaat Vitamin E untuk Wajah dan Cara Menggunakannya

Vitamin E dan laki-laki

Beberapa laki-laki mungkin mengalami kekurangan vitamin E karena faktor genetik atau kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit celiac, pankreatitis kronis, fibrosis kistik, atau penyakit hati kolestatik. Kekurangan vitamin E pada laki-laki dapat menyebabkan fungsi reproduksi yang tidak tepat dan kerusakan testis.

Kadar vitamin E yang rendah juga diyakini berperan dalam kualitas dan mobilitas sperma yang buruk. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Arab Journal of Urology, antioksidan seperti vitamin E ditemukan memiliki efek positif yang signifikan terhadap jumlah dan fungsi sperma. Vitamin E juga telah ditemukan untuk melindungi membran sperma dari kerusakan oksidatif yang sangat penting untuk kesehatan sperma yang baik.

11 Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan, baik untuk Kulit hingga Kognitif

Vitamin E dan perempuan

Sementara itu, banyak wanita berjuang dengan ketidaksuburan karena masalah gizi, kesehatan fisik yang buruk, atau berbagai masalah lainnya. Faktanya, antara 10 dan 20 persen wanita yang mencoba untuk hamil tidak akan hamil dalam tahun pertama promil

Vitamin E dapat ditemukan dalam cairan di sekitar telur yang sedang berkembang. Kekurangan vitamin E telah dikaitkan dengan kesuburan yang buruk. Vitamin E juga merupakan antioksidan kuat yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Vitamin E juga memiliki manfaat utama lainnya, seperti membantu mencegah keguguran pada wanita yang memiliki riwayat keguguran berulang. Ia juga mendukung kantung ketuban yang sehat pada kehamilan dan mencegah ketuban pecah dini.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Fertility and Sterility, ditemukan bahwa suplemen vitamin E dapat membantu meningkatkan ketebalan endometrium. Endometrium, yang mengacu pada lapisan rahim wanita, bisa menjadi tipis karena sejumlah alasan, seperti kadar estrogen yang rendah. 

Ketika ketebalan lapisan rahim kurang dari 8 mm, hal itu dapat mengurangi kemungkinan keberhasilan implantasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 52 persen wanita yang diberi 600 mg vitamin E sehari mengalami peningkatan ketebalan endometrium.

Manfaat Natur E

manfaat natur e 300 untuk wajah

Natur E berasal dari ekstrak biji gandum dan bunga matahari pilihan. Seperti yang diterangkan sebelumnya, vitamin E memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut penjelasannya.

Meregenerasi sel tubuh

Vitamin yang satu ini bekerja dengan membantu tubuh meregenerasi sel. Proses ini, terutama sangat dibutuhkan bila tubuh mengalami luka. Semakin tercukupi kebutuhan vitamin E di tubuhmu, semakin cepat sel di tubuhmu beregenerasi.

Menjaga kesehatan mata dan kulit

Vitamin E bekerja dengan menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh. Dengan begitu, Natur E akan membantu menjaga organ-organ tubuhmu tetap sehat, termasuk di dalamnya kesehatan mata dan kulit.

Meningkatkan sistem imun

Mengonsumsi Natur E dan dibarengi dengan gaya hidup sehat akan memperkuat sistem kekebalan tubuhmu.

4 Manfaat Natur E Hijau untuk Wajah, Bisa Bikin Awet Muda!

Berapa banyak vitamin E untuk perempuan?

Recommended Dietary Allowance (RDA) merekomendasikan vitamin E untuk pria dan wanita usia 14 tahun ke atas sebanyak 15 mg setiap hari (atau 22 unit internasional, IU), termasuk perempuan yang sedang hamil. Sedangkan perempuan yang menyusui membutuhkan sedikit lebih banyak, yakni 19 mg (28 IU) setiap hari.

Sumber-sumber lain vitamin E dapat ditemukan dalam minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran seperti berikut.

  • Minyak biji gandum
  • Bunga matahari, safflower, dan minyak kedelai
  • Biji bunga matahari
  • kacang almond
  • Kacang tanah, selai kacang
  • Sayuran bit, collard hijau, bayam
  • Labu
  • paprika merah
  • Asparagus
  • Mangga
  • Alpukat

Tanda-tanda Kekurangan Vitamin E

Meski vitamin ini banyak tersedia dalam beragam makanan, banyak dari kita justru tidak mengambil cukup kebutuhan tersebut karena satu dan lain hal. Misalnya saja, orang yang memiliki gangguan pencernaan atau tidak menyerap lemak dengan baik (misalnya, pankreatitis, cystic fibrosis, penyakit celiac) dapat mengalami kekurangan vitamin E. 

Berikut ini adalah tanda-tanda umum defisiensi:

  • Retinopati (kerusakan pada retina mata yang dapat mengganggu penglihatan)
  • Neuropati perifer (kerusakan saraf tepi, biasanya di tangan atau kaki, menyebabkan kelemahan atau nyeri)
  • Ataksia (kehilangan kontrol gerakan tubuh)
  • Penurunan fungsi kekebalan tubuh

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference