Manfaat kacang hijau untuk promil sangat penting diketahui oleh pasangan yang sedang merencanakan kehamilan. Kacang hijau, yang juga dikenal sebagai kacang mung, merupakan sumber nutrisi yang kaya dan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi yang belum lahir.

Kacang hijau mengandung banyak protein, serat, vitamin, dan mineral seperti folat, magnesium, dan potasium. Konsumsi kacang hijau yang cukup selama promil dapat membantu meningkatkan kesuburan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mencegah berbagai risiko dan komplikasi kehamilan seperti preeklampsia dan persalinan prematur.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai manfaat kacang hijau untuk ibu promil dan mengandung.

Apakah kacang hijau aman untuk promil?

manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Mengkonsumsi makanan dengan kandungan kaya nutrisi sangat penting bagi wanita yang tengah promil. Salah satu makanan yang kerap dikonsumsi wanita saat program hamil adalah kacang hijau. Tapi, apakah kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang promil?

Tenang saja, kacang hijau aman sekali untuk dikonsumsi selama promil. Ini karena berbagai kandungan nutrisi di dalamnya dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral penting bagi tubuh untuk menyiapkan kehamilan.

Bahkan, kacang hijau kaya akan nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang dapat mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin nantinya.

4 Manfaat Madu Untuk Promil Dan Tips Mengonsumsinya

Manfaat kacang hijau untuk kehamilan

1. Mencegah cacat tabung saraf

Kacang hijau memiliki khasiat dalam mencegah cacat pada tabung saraf. Hal ini disebabkan karena kandungan folat yang tinggi pada kacang hijau, yang dapat mengurangi risiko terjadinya cacat lahir dan juga memainkan peran penting dalam banyak fungsi lain selama masa kehamilan.

2. Meningkatkan suasana hati

Kacang hijau memiliki potensi untuk meningkatkan suasana hati karena mengandung vitamin B9 atau folat, yang dikenal sebagai penguat suasana hati alami dan bermanfaat untuk mendukung kesehatan tubuh dan mental.

3. Memenuhi kebutuhan zat besi selama kehamilan

Kacang hijau mengandung sejumlah zat besi dan magnesium yang dapat memberikan manfaat kesehatan. Saat kehamilan, kebutuhan tubuh akan zat besi meningkat untuk memastikan pasokan oksigen yang cukup ke janin. Zat besi berperan penting dalam membantu sel darah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. 

Jika asupan zat besi kurang, kamu mungkin mengalami anemia. Salah satu cara yang efektif untuk mencegah anemia dan memastikan bayi mendapatkan oksigen yang cukup adalah dengan mengonsumsi makanan kaya zat besi, termasuk kacang hijau. Kacang hijau dapat memberikan tambahan zat besi yang dibutuhkan tubuh.

4. Membantu mengendalikan gula darah

Ibu hamil yang menderita diabetes gestasional dapat merasa nyaman mengkonsumsi kacang hijau, karena kacang hijau memiliki indeks glikemik yang rendah. Konsumsi kacang hijau tidak menyebabkan kenaikan kadar glukosa dalam darah secara cepat. Kacang hijau juga mengandung serat makanan yang dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

5. Mengontrol berat badan selama kehamilan

Makan kacang hijau selama kehamilan dapat membantu kamu mengontrol kenaikan berat badan. Kacang hijau mengandung banyak vitamin dan mineral serta rendah kalori, menjadikannya makanan yang ideal untuk menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan. Selain itu, serat makanan dalam kacang hijau membantu mengurangi rasa lapar dan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama hingga waktu makan atau camilan berikutnya.

6. Cegah sembelit selama kehamilan

Kacang hijau dapat membantu memperbaiki masalah pencernaan dan mencegah sembelit karena mengandung serat makanan yang baik. Konsumsi serat juga membantu menjaga kadar kolesterol dalam tubuh agar tetap sehat.

7. Sumber magnesium

Magnesium diperlukan oleh berbagai sistem di tubuh, termasuk bayi dalam kandungan kamu. Keberadaannya sangat penting untuk menjaga fungsi saraf dan otot yang optimal.

Magnesium juga dapat membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan penelitian menunjukkan bahwa konsumsi yang cukup selama kehamilan dapat membantu mengurangi risiko komplikasi kehamilan serta persalinan prematur.

Bisa Buat Subur, Ini Manfaat Kurma Untuk Promil dan Kesehatan Lainnya

8. Mendukung pertumbuhan tulang dan tulang rawan bayi

Kandungan mangan yang tinggi dalam kacang Perancis berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan tulang rawan pada bayi.

9. Membantu perkembangan mata janin

Kacang hijau mengandung vitamin A yang penting bagi ibu hamil dan janin yang belum lahir. Vitamin A membantu ibu hamil mempertahankan penglihatan malam yang baik dan mendukung kesehatan mata janin. Selain itu, vitamin A juga berperan dalam perkembangan organ dan sistem kekebalan tubuh bayi Anda.

10. Meningkatkan kesehatan jantung 

Kacang hijau mengandung jumlah potasium yang tinggi, yang berperan penting dalam mengatur detak jantung dan tekanan darah. Pada masa kehamilan, menjaga tekanan darah agar tetap sehat sangat penting untuk mencegah kondisi seperti preeklampsia.

Efek samping kacang hijau

Meskipun manfaat kacang hijau untuk promil sangat banyak, namun mengkonsumsi kacang hijau secara berlebihan tetap tidak disarankan. Pasalnya, mengkonsumsi kacang hijau secara berlebihan dapat menimbulkan berbagai efek samping, seperti:

1. Mengganggu pencernaan

Konsumsi berlebihan kacang hijau yang kaya serat berpotensi mengganggu pencernaan dengan menimbulkan berbagai masalah seperti mulas, kembung, mual, diare, dan gangguan penyerapan nutrisi.

2. Alergi

Seperti pada kacang tanah, alergi terhadap kacang hijau juga dapat terjadi dan menimbulkan berbagai reaksi seperti gatal-gatal, eksim, gangguan pencernaan, hingga sesak napas.

3. Penumpukan gas di perut

Konsumsi berlebihan kacang hijau dapat menyebabkan penumpukan gas di perut yang menyebabkan kembung, hal ini disebabkan oleh peningkatan serat makanan dan bereaksi dengan obat-obatan tertentu yang dapat mengurangi efektivitas obat.

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference