Manfaat madu untuk promil sangat banyak. Madu telah dianggap sebagai peningkat kesuburan alami selama beberapa generasi. Bahkan banyak orang percaya bahwa asal-usul ‘bulan madu’ berasal dari praktik kuno, yaitu pengantin baru yang mengonsumsi madu untuk mendukung kehamilan.

Dikemas dengan nutrisi dan antioksidan, tidak heran jika banyak calon ibu yang mengandalkan madu sebagai persiapan pra-konsepsi mereka. Apakah kamu juga salah satu calon ibu yang sedang menanti buah hati? 

Pengaruh madu pada kesuburan

meningkatkan kesuburan wanita

Secara historis, madu dianggap dapat meningkatkan kesuburan setidaknya sejak zaman Mesir kuno. Terutama madu mentah yang mengandung serbuk sari, menjadi makanan kaya akan Vitamin, asam amino, zat besi, kalsium dan mineral. Tidak heran jika makanan kaya nutrisi ini dapat meningkatkan fungsi efektif organ reproduksi pada wanita maupun pria.

Pada pria, hormon testosteron memainkan peran paling penting dalam menjaga gairah seks dan jumlah sperma. Madu kaya akan Vitamin B yang merupakan zat penting untuk produksi testosteron. Banyak penelitian telah menemukan korelasi positif antara testosteron dan asupan madu murni.

Oksida nitrat adalah senyawa penting lainnya yang dibutuhkan untuk organ reproduksi pria agar berfungsi. Menurut penelitian, bahwa konsumsi 100 gram madu dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah hingga 50%. 

Sedangkan pada wanita, kandungan asam amino pada madu mampu mendukung kesuburan dan memperbaiki sistem reproduksi. Beberapa kandungan madu lainnya juga mampu menyeimbangkan hormon dalam tubuh wanita, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan pembuahan.

Menanti Kehadiran Buah Hati? Ketahui Tanda Ovulasi Berhasil Dibuahi Berikut!

Jenis madu yang cocok untuk promil

Sebuah studi tahun 2022 yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Federal Ceará di Brasil menemukan bahwa madu organik mentah dari hutan hujan Brazil dapat meningkatkan kesuburan dengan mengurangi peradangan kronis di dalam tubuh. 

Banyak penelitian dan pengetahuan kuno juga menunjukkan, bahwa madu memang membantu kesehatan seksual pria dan wanita. Yang paling penting, madu yang dikonsumsi haruslah madu mentah atau murni. Hanya madu mentah yang mengandung serbuk sari dan nutrisinya masih utuh. Sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat madu untuk ibu hamil semaksimal mungkin.

Manfaat madu untuk kesehatan wanita

Wanita mengalami banyak hal yang terkait perubahan hormon, mulai dari rasa sakit, kecemasan, depresi dan kelemahan selama siklus menstruasi yang mengerikan. Tapi ternyata, madu bisa memberikan efek positif untuk menghadapi itu semua, seperti:

Meningkatkan imun

Kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral, madu juga dikenal sebagai emas cair. Hal ini dikarenakan nutrisi yang memperkaya kesehatan yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Madu bekerja sebagai pencahar alami, meningkatkan metabolisme, meningkatkan daya ingat, membantu memerangi flu musiman, alergi, demam, pilek, dan sakit tenggorokan.

Menyembuhkan rasa sakit

Wanita menderita beberapa gejala sebelum atau selama siklus menstruasi, seperti sakit tubuh, sakit punggung atau sakit kepala. Mengonsumsi satu sendok makan madu bersama air hangat atau dengan sedikit jahe, dapat membantu menyembuhkan rasa sakit dan mengurangi peradangan dalam tubuh.

Memperbaiki ketidakseimbangan hormon

Wanita sering mengalami ketidakseimbangan hormon, dalam jangka panjang juga mempengaruhi kesehatan reproduksi. Mengonsumsi madu setiap hari membantu menyeimbangkan kadar testosteron, yang meningkatkan kesehatan reproduksi, mengurangi perubahan suasana hati dan meningkatkan keseimbangan hormon.

Madu Penyubur Kandungan, Sukses Cepat Hamil!

Mengurangi penuaan kulit

Selain menyembuhkan rasa sakit atau meningkatkan kekebalan tubuh, madu juga membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, seperti garis-garis halus atau keriput. Minum air madu hangat setiap pagi adalah cara terbaik untuk mengonsumsinya. 

Berapa banyak madu yang dianjurkan dalam sehari

Satu sendok makan madu mengandung sekitar 8,6 gram gula. Oleh karena itu, setiap hari ibu hamil hanya boleh mengonsumsi madu maksimal 5 sendok makan atau setara dengan 180-200 kalori. Ingat, madu yang direkomendasikan yaitu madu murni atau mentah.

Minum segelas air madu hangat setengah jam sebelum sarapan dengan perut kosong. Cara ini paling efektif untuk mendapatkan manfaat dari enzim dan antioksidan yang ada di dalam madu organik mentah.

Agar promil yang kamu jalani memberikan hasil terbaik, mengandalkan madu saja tidak cukup. Kamu juga perlu melakukan perubahan gaya hidup dan terapi lainnya sesuai anjuran dokter. Ini bukan berarti bahwa madu tidak berpengaruh pada promil. Hanya saja, kamu membutuhkan lebih dari sekedar madu organik mentah agar promil lebih efektif. 

___________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference