Manfaat hati ayam atau hati sapi untuk promil mungkin sudah tidak asing lagi, namun bagaimana dengan manfaat hati unta untuk promil? Apakah hati unta tersebut juga dapat membantu program kehamilan yang sehat?

Yuk, simak jawabannya pada ulasan berikut ini.

Nutrisi dalam hati unta

Sebelum mengetahui manfaat hati unta untuk promil, kamu perlu tahu terlebih dahulu apa saja sih kandungan yang ada dalam hati unta? Dalam setiap 100g hati unta mengandung sekitar 143 kalori. 

Ini terdiri dari 26g protein, 3g lemak, dan 3g karbohidrat. Dari 3 g lemak tersebut, 0,7 g adalah lemak jenuh, 0,1 g adalah lemak tak jenuh ganda, dan 0,5 g adalah lemak tak jenuh tunggal. Ini mengandung 70mg sodium dan 64mg kolesterol.

7 Manfaat Daun Gedi untuk Promil dan Khasiat Kesehatan Lainnya

Manfaat hati unta untuk kesehatan

manfaat folavit 400 untuk promil

Selain bagus untuk promil, hati unta juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan.

1. Mengatasi Asma

Asma adalah gangguan saluran pernapasan yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau sesak nafas, bahkan dapat berakibat fatal jika tidak segera diobati. Salah satu pengobatan yang efektif untuk asma adalah hati unta, namun sayangnya hati unta sulit ditemukan karena harganya yang mahal dan hanya tersedia di negara-negara yang memiliki gurun atau habitat unta.

Meski begitu, setelah mengetahui keampuhan hati unta dalam menyembuhkan asma, banyak orang yang tertarik untuk mencoba menggunakan hati unta sebagai pengobatan alternatif untuk penyakit tersebut.

Terdapat dua jenis hati unta, yaitu kering dan mentah. Hati kering lebih banyak dijumpai di pasar dibandingkan hati mentah, hal tersebut disebabkan karena hati kering memiliki daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan hati mentah.

Untuk mengonsumsinya, hati dapat dipanggang atau digoreng dengan sedikit minyak goreng kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Konsumsilah satu sendok makan bubuk hati dua kali sehari.

2. Mengatasi Kelelahan

Hati unta dapat digunakan untuk mengatasi kelelahan karena mengandung banyak nutrisi yang dapat memulihkan energi tubuh. Untuk tujuan ini, hati mentah lebih disukai daripada hati kering.

Untuk memanfaatkan manfaat hati unta dalam mengatasi kelelahan, hati harus digoreng dengan minyak tanpa bumbu dan dipotong sesuai selera. Dengan cara ini, kita dapat memperoleh manfaat hati yang murni dan lebih banyak.

Manfaat Siwalan Untuk Promil: Bantu Atasi Disfungsi Ereksi

3. Meningkatkan Energi

Selain dapat menyembuhkan penyakit asma, hati unta juga berguna untuk meningkatkan energi tubuh. Kandungan lemak dan nutrisi di dalamnya dapat memberikan efek meningkatkan energi dan membuat tubuh lebih kuat dan sehat.

Ada beberapa cara untuk mengkonsumsi hati unta, seperti menggorengnya dan mengkonsumsinya langsung, atau membuatnya menjadi bubuk seperti cara yang digunakan untuk mengobati asma. Anda bisa memilih cara yang paling sesuai dengan selera dan kebutuhan Anda.

4. Mengobati Batuk

Hati unta juga memiliki manfaat dalam mengobati batuk yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat tenggorokan terasa sakit serta gatal.

Cara mengobati batuk dengan hati unta adalah dengan menggoreng hati tersebut dan membuatnya cair dengan cara diseduh dengan air panas. Kemudian, minumlah obat herbal tersebut 3 kali sehari hingga batuk Anda sembuh.

Mengapa makan hati baik untuk promil

manfaat hati ayam untuk promil

Hati merupakan salah satu makanan yang dapat dikonsumsi ketika wanita sedang menjalani program hamil. Ini karena kandungan nutrisi dalam hati yang dapat membantu meningkatkan kesuburan hingga menjaga kesehatan ibu dan janin selama masa kehamilan.

Seperti Hati unta diyakini memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan pada program hamil atau promil. Hati unta kaya akan nutrisi dan zat besi, yang membantu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, sehingga meningkatkan kesuburan.

Zat besi juga dapat membantu mengurangi risiko kelainan janin dan meningkatkan kesehatan ibu selama kehamilan.

Namun, bukan hanya hati unta, hati ayam dan hati sapi juga memiliki manfaat yang baik untuk promil. Berikut sejumlah alasan mengapa makan hati baik untuk program kehamilan.

1. Mengandung folat

Hati memiliki kandungan folat yang penting sekali selama promil dan masa kehamilan. Hati sapi adalah sumber makanan yang kaya akan folat alami, yang lebih mudah dicerna dan lebih efektif dibandingkan hampir semua makanan lainnya. Mengonsumsi 3,5 ons hati sapi dapat memberikan 65% dari nilai harian yang direkomendasikan.

2. Mengandung zat besi

Bukan hanya saat promil, zat besi juga penting selama masa kehamilan. Pada tahap akhir kehamilan, tubuh wanita mengalami peningkatan sirkulasi kardiovaskular sebesar 45%, yang membutuhkan suplai zat besi yang cukup untuk memproduksi sel darah merah tambahan.

Hati sapi diberi makan rumput adalah sumber zat besi yang mudah diserap yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh selama sembilan bulan kehamilan.

3. Mengandung protein

Protein memiliki manfaat yang penting untuk kesuburan. Kandungan protein yang cukup dalam tubuh membantu meningkatkan produksi hormon reproduksi dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

Selain itu, protein juga memainkan peran penting dalam pembentukan sel telur yang sehat dan perkembangan janin yang optimal. Konsumsi hati sapi yang diberi makan rumput dapat memberikan asupan protein berkualitas tinggi untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Bukan hanya itu, dengan mengonsumsi protein yang cukup, dapat membantu meningkatkan metabolisme dan mendukung pertumbuhan bayi yang sehat.

—-

Penulis: Intan Dwiyanti

Share artikel ini
Reference