mestrual pad

 Apa itu Menstrual Heating Pad?

Pernahkah kamu merasa sakit mencekam di area perut ketika haid? Atau justru rasa kram yang tidak enak dan menganggu aktivitas? Ada berbagai cara untuk mengatasi rasa nyeri saat haid, salah satunya adalah meminum obat pereda nyeri. Namun, kini ada cara yang lain yang bisa kamu coba, Ladies.

Menstrual heating pad bisa menjadi solusi terbaik dan aman bagi para perempuan. Sebenarnya, apa sih menstrual heating pad? Menstrual heating pad adalah bantalan yang bisa mengeluarkan efek hangat hingga panas untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid. Cara ini telah digunakan banyak orang dan bisa menjadi pilihan utamamu ketika datang bulan nih.

Cara Kerja Menstrual Heating Pad Atasi Nyeri Haid dan Berbagai Macam Jenisnya

Rasa hangat hingga panas pada menstrual heating pad bisa memberikan efek menenangkan dan membuat tubuh menjadi jauh lebih rileks dan nyaman selama masa haid. Menstrual heating pad memiliki tiga fungsi utama lho. Sebuah jurnal oleh Junyoung Jo dan Sun Haeng Lee pada tahun 2018 mengatakan bahwa panas bisa membantu melancarkan sirkulasi darah, meregangkan otot di sekitar perut, dan menghilangkan nyeri saat haid.

Menstrual heating pad tentunya sangat berguna bagi para perempuan agar bisa beraktivitas dengan nyaman tanpa rasa sakit ketika haid.
Ada berbagai macam jenis menstrual heating pad mulai dari yang perekat sekali pakai (seperti koyo), bisa dipanaskan di microwave, harus menggunakan listrik, dan tanpa kabel. Tergantung Ladies paling nyaman menggunakan jenis apa.

Namun, bila ingin yang harga terjangkau, penggunaan lebih mudah, dan lebih higienis bisa menggunakan menstrual heating pad yang sekali pakai. Selain terjamin kebersihannya, Ladies juga bisa menggunakannya di mana dan kapan saja sesuka hati lho.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Menstrual Heating Pad dan Tips Berguna Lainnya

Menstrual heating pad bisa digunakan ketika rasa sakit, nyeri, dan kram muncul saat menstruasi pada perempuan berlangsung. Menstrual heating pad bisa diletakan di area perut atau di bagian punggung bawah ya, Ladies, sehingga bisa tertutup oleh pakaian. Untuk jangka waktu pemakaian menstrual heating pad bervariasi setiap individu.

Setiap orang merasakan rasa sakit dan daya tahan terhadap efek hangat hingga panas yang berbeda-beda. Lalu, disarankan juga untuk memakai menstrual heating pad selama 15 sampai 30 menit saja ya. Jangan sampai terlalu lama agar tidak terjadi sensasi terbakar dan kekeringan pada kulit. Saran pemakaian menstrual heating pad yaitu bisa digunakan sambil berbaring agar tubuh juga bisa ‘istirahat sebentar’.

Atau bisa juga sambil berjalan santai jika kamu ingin lebih bergerak dan produktif. Tapi sebenarnya, tidak ada kewajiban untuk berbaring atau berjalan ketika menggunakannya ya. Menstrual heating pad sangat fleksibel dan tidak kaku sehingga Ibisa melakukan aktivitas seperti biasa, terutama jika dirasa nyeri sudah perlahan mulai menghilang.

Manfaat dari Menstrual Heating Pad, Solusi Terbaik dan Aman untuk Masa Haid

Manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan menstrual heating pad adalah pengobatan untuk mengatasi nyeri secara cepat pada saat haid. Cara ini jauh lebih efektif dan cenderung minim risiko bagi perempuan. Selain itu penggunaan menstrual heating pad juga lebih mudah dan simple, serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Cara lain yaitu meminum obat pereda nyeri seperti ibuprofen memang tidak dilarang namun kemungkinan besar bisa berdampak buruk untuk jangka panjang ke depannya, Ladies. Nah maka dari itu, menstrual heating pad adalah solusi paling aman dan terbaik untuk meredakan nyeri pada saat haid. Jadi, tidak perlu lagi khawatir ketika masa haid datang, menstrual heating pad bisa menjadi andalan yang tepat untuk jalani aktivitas dengan nyaman dan tentunya aman.

Referensi:
https://www.healthline.com/health/womens-health/heating-pad-for-cramps
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6214933/

Share artikel ini