manfaat daun sirih untuk wanita

Daun sirih berguna untuk berbagai pengobatan, seperti sakit kepala, gatal, mastitisi, sembelit , dan luka. Namun, di balik itu, ternyata ada manfaat daun sirih untuk wanita, lho. Apa sajakah itu?

Bagi seorang wanita, menjaga kebersihan area kewanitaan merupakan hal yang sangat penting. Meski begitu, masih ada wanita yang kurang begitu peduli dalam menjaga kebersihan organ reproduksi. Padahal, menjaga kebersihan daerah kewanitaan bukan hal yang sulit, lho.

Ada beberapa cara alami menjaga kesehatan area intim yang dapat dilakukan di rumah. Salah satunya dengan memanfaatkan daun sirih sebagai perawatan kebersihan. 

Apakah daun sirih aman untuk daerah kewanitaan?

Daun sirih merupakan tanaman obat tradisional yang sangat baik untuk kesehatan. Kandungan antosianinnya yang tinggi menunjukkan sifat antioksidannya. 

Membersihkan area intim dengan daun sirih dapat mengurangi keputihan dan menjaga kebersihan area vagina karena sifat antiseptik yang terdapat dalam daun sirih

Untuk mengatasi keputihan dan membersihkan daerah kewanitaan, kamu cukup merebus 7 lembar daun sirih menggunakan 500 ml air bersih hingga mendidih. Lalu, dinginkan air sampai bersuhu ruang. Gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh area kewanitaan. 

Meskipun manfaat daun sirih untuk wanita ini terdengar menggiurkan, namun daun sirih juga memiliki sejumlah efek samping apabila kamu menggunakannya terlalu banyak. Terlebih, menggunakan daun sirih untuk area sensitif seperti area kewanitaan. 

Jadi, walau memiliki manfaat baik, tetapi tidak dianjurkan untuk menggunakan daun sirih pada area kewanitaan setiap hari karena akan menghilangkan pH alami yang ada di area kewanitaan. 

Perlu diketahui, miss V memiliki bakteri baik yang berguna untuk menjaga suasana asam di organ intim tetap berada pada suhu normal. Nah, jika kamu membersihkan area ini berlebihan, justru hanya akan mengganggu keseimbangan pH dan membuat miss V menjadi teriritasi.

Cara Menghentikan Haid Dengan Daun Sirih, Apakah Ampuh?

Manfaat daun sirih untuk wanita

manfaat daun sirih untuk wanita yang perlu kamu ketahui

Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, ada juga manfaat daun sirih untuk wanita, seperti:

1. Mengatasi gatal pada area kewanitaan

Gatal yang sangat mengganggu pada vagina bisa disebabkan oleh bakteri, kelembapan, jamur karena tersentuh jari atau apa pun yang kotor. Apabila kamu mengalami hal ini, sebaiknya jangan digaruk karena menggaruk justru akan memperparah kondisi.

Nah, kamu bisa memanfaatkan daun sirih untuk mengurasi rasa gatal pada area kewanitaan. Pasalnya, daun sirih memiliki sifat anseptik dan antijamur yang dapat mengatasi gatal.

Untuk mengobati rasa gatal, kamu bisa kamu bisa menggunakan air rebusan daun sirih untuk membasuh area kewanitaan. Namun, perlu diingat bahwa cara ini tidak disarankan dalam jangka panjang karena dapat memicu perubahan pH pada area kewanitaan.

2. Mengatasi keputihan

Tak bisa dipungkiri, semua wanita yang sudah memasuki masa pubertas pasti akan mengalami keputihan. Keputihan biasanya terjadi sebelum dan sesudah menstruasi. 

Jika mengalami keputihan, kamu bisa memanfaatkan daun sirih. Sifat antiseptik dan antijamur pada daun sirih berguna untuk mengobati bakteri dan jamur yang menjadi pemicu munculnya keputihan.

Keputihan Gatal Apakah Berbahaya? Begini Cara Mengatasinya

3. Menghilangkan bau tak sedap pada vagina

Beberapa wanita mungkin mengeluhkan adanya bau tak sedap pada organ kewanitaan. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya hindari parfum berbahan kimia yang justru akan mengiritasi miss V. Sebaliknya, kamu bisa memanfaatkan daun sirih.

Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau tak sedap pada vagina wanita berasal dari kandungan antioksidan, eugenol, dan chavicol pada daun sirih. Kandungan tersebut dipercaya efektif membunuh mikroba penyebab peradangan yang menimbulkan bau tak sedap.

4. Mengurangi nyeri saat haid

Nyeri haid memang kerap dialami sebagian wanita. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya dengan menggunakan daun sirih.

Untuk meringankan nyeri akibat haid, kamu bisa merebus daun sirih bersamaan dengan kunyit. Selain daun sirih, kunyit juga mengandung senyawa kurkumin yang bersifat sebagi antiperadangan atau antiinflamasi.

5. Baik untuk kecantikan

Tak hanya baik untuk kesehatan organ intim wanita, manfaat daun sirih untuk wanita ini juga bisa didapat dari segi kecantikan, lho.

Antiinflamasi dan antibakteri dari daun sirih dapat mencegah jerawat. Bahkan, ketika dicampur dengan kunyit, perawatan wajah alami ini dapat menghilangkan komedo, mengurangi peradangan, dan menyeimbangkan pH kulit.

Selain itu, kandungan vitamin yang terkandung pada daun sirih juga dapat mencerahkan wajah dengan mengangkat sel kulit mati, lho.

Apa Itu Pembalut Daun Sirih Dan Pengaruhnya Pada Area Intim?

Beberapa manfaat daun sirih untuk wanita di atas bisa kamu rasakan apabila kamu menggunakannya secara tepat dan jangan berlebihan. Apabila mengalami alergi atau gejala yang mengganggu, sebaiknya segera hubungi dokter ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference