makanan untuk penderita vertigo

Vertigo adalah perasaan pusing dan berputar yang biasanya terjadi dengan atau tanpa gerakan apapun. Hal ini karena otak merasa tubuh tidak seimbang, padahal kenyataannya tidak.

Saat kamu merasa pusing, sebaiknya kamu harus segera duduk untuk mengurangi berbagai kemungkinan terluka jika terjatuh. Biasanya, vertigo merupakan gejala dari kondisi medis yang mendasari atau beberapa kondisi berbeda.

Ada berbagai makanan untuk penderita vertigo dan makanan penyebab vertigo yang harus kamu hindari supaya gejala tidak kambuh lagi. Pasalnya, vertigo sendiri dikenal dengan gejala umumnya berupa sensasi berputar dan pusing hebat. Yuk, simak info selengkapnya berikut ini.

Rekomendasi makanan untuk penderita vertigo

Manfaat Sayur Kale

Berikut makanan yang dianjurkan bagi penderita vertigo untuk kamu konsumsi, di antaranya:

1. Sayuran

Sayuran juga termasuk makanan bagi penderita vertigo. Pasalnya, mengonsumsi makanan tersebut berdampak baik bagi kesehatan kamu secara keseluruhan, dan dipercaya mampu meredakan gejala vertigo.

Cobalah untuk menambahkan setidaknya satu jenis sayuran ke dalam menu harian kamu, seperti asparagus, brokoli, atau sayuran hijau lainnya.

2. Air

Selain makanan, penderita vertigo juga disarankan untuk tetap menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan rutin minum air putih.

Banyak minum air putih dianggap berperan penting dalam menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh.Gejala vertigo juga bisa bertambah parah jika penderitanya mengalami dehidrasi.

Oleh karena itu, penting bagi penderita vertigo untuk minum air putih secara teratur agar tubuh terhidrasi dengan baik.

3. Buah-buahan

Buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang dipercaya mampu mengendalikan gejala vertigo. Misalnya, buah untuk penderita vertigo yang bisa dimakan adalah buah beri, jeruk, nanas, dan jambu biji.

Kandungan vitamin C pada berbagai jenis buah dipercaya mampu meredakan gejala vertigo. Selain itu, buah untuk obat vertigo lain yang bisa kamu coba adalah pisang, anggur, dan aprikot.

Serangkaian buah-buahan di atas mengandung potasium yang mampu menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Akibatnya, retensi cairan di telinga bagian dalam dapat dipertahankan dan vertigo dapat dicegah.

4. Jahe

Jahe salah satu yang dipercaya baik untuk kamu konsumsi saat vertigo kambuh. Hal ini karena jahe dapat mengatasi berbagai gejala seperti mual, muntah, dan pusing yang berpotensi dialami oleh penderita vertigo.

Jika kamu tertarik mencoba jahe sebagai obat vertigo alami, rebus beberapa potong jahe dan minum airnya sebagai teh.

Ternyata Ini Manfaat Jahe Merah untuk Wanita? Kulik Ulasannya Berikut!

5. Makanan yang mengandung protein

Makanan untuk penderita vertigo berikutnya adalah makanan yang mengandung protein seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan telur memiliki asam amino yang digunakan untuk membangun jaringan tanpa lemak. Protein sendiri dapat membantu kamu untuk menyetabilkan kadar gula darah dalam tubuh, serta mampu meredakan gejala vertigo.

Ditambah lagi, sederet makanan di atas bisa memberikan energi yang bisa membantu kamu menjalani aktivitas sehari-hari.

Hindari makanan ini saat vertigo

macam gula untuk diabetes

Untuk memudahkan penyembuhan, berikut beberapa makanan penyebab vertigo yang perlu dihindari.

1. Makanan yang mengandung tyramine

Tyramine adalah asam amino yang diketahui memicu migrain dan kondisi lain yang memicu pusing atau vertigo. Beberapa makanan yang mengandung tyramine antara lain hati ayam, daging asap, acar herring, coklat, pisang dan buah jeruk.

2. Makanan tinggi gula

Makanan penyebab vertigo lain yang perlu dihindari adalah jika memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Adanya kandungan gula tersebut sehingga menyebabkan fluktuasi pada volume cairan di telinga dan menyebabkan kambuhnya gejala vertigo.

Untuk meminimalkan fluktuasi, pilihlah gula kompleks yang terdapat dalam kacang-kacangan, biji-bijian, kentang, dan sayuran. Cobalah untuk menghilangkan makanan yang mengandung gula meja, gula merah, madu, sirup maple, dan sirup jagung.

3. Memiliki kandungan garam yang tinggi

Salah satu makanan penyebab vertigo adalah yang mengandung kadar garam yang tinggi. Perlu diketahui, garam natrium merupakan penyebab utama dalam memperparah vertigo.

Makan garam dapat menyebabkan retensi air berlebih dalam tubuh dan memengaruhi keseimbangan dan tekanan cairan. Kelebihan garam dalam makanan juga bisa mengganggu keseimbangan internal.

4. Batasi konsumsi kafein

Kafein pada kopi, teh, coklat, minuman berenergi, dan soda dapat meningkatkan sensasi telinga berdenging sehingga akan memicu kambuhnya vertigo.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutritional Neuroscience pada tahun 2018 menyarankan untuk menghilangkan asupan kafein.

Penasaran, Ini Kalori Kopi Susu Yang Sering Kamu Minum

Vitamin untuk vertigo

Tidak hanya konsumsi makanan untuk penderita vertigo, vitamin D dan kalsium untuk vertigo juga bisa kamu konsumsi. Hal ini supaya bisa mengurangi kekambuhan vertigo setelah rehabilitasi vestibular yang berhasil, terutama di antara pasien dengan kadar vitamin D di bawah normal.

Ada sebuah studi yang melibatkan 957 orang di Korea Selatan dengan vertigo posisi paroksismal jinak yang telah menjalani manuver reposisi kanalit gerakan kepala yang menggantikan kristal kalsium karbonat di telinga bagian dalam.

Kelompok intervensi termasuk pasien yang menerima 400 IU vitamin D dan 500 mg kalsium karbonat dua kali sehari selama 1 tahun ketika tingkat awal vitamin D serum mereka di bawah 20 ng/mL bersama dengan pasien yang memiliki tingkat awal yang lebih tinggi dan tidak mengonsumsi suplemen. Kelompok observasi tidak memiliki pre-test atau intervensi.

Meski berbagai makanan di atas dipercaya mampu meredakan gejalanya, kamu tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter supaya bisa mendapat perawatan yang tepat.

__

Penulis: Annisa Sukarno

Share artikel ini
Reference