manfaat makan coklat untuk ibu hamil

Selama kehamilan, ada beberapa pantangan makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Padahal, ibu hamil bisa mengidam berbagai jenis makanan. Mulai dari keju hingga coklat, ibu hamil bisa bisa mengidam apa saja, bahkan saat tengah malam sekalipun.

Jika kamu sering mengidam coklat selama kehamilan, kamu pasti ingin tahu apakah ibu hamil boleh makan coklat dan apa manfaat coklat untuk ibu hamil. Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak sampai akhir artikelnya, ya!

Bolehkah ibu hamil makan coklat?

Ibu hamil boleh makan coklat pada awal kehamilan, asalkan dikonsumsi secukupnya saja. Namun, karena coklat mengandung gula, kamu perlu membatasi asupannya selama kehamilan.

Sebab, terlalu banyak makan gula dapat memberikan dampak negatif bagi ibu hamil beserta bayinya. Misalnya, dapat meningkatkan risiko diabetes gestasional, peningkatan berat badan, preeklamsia, dan kelahiran prematur.

Selain itu, sebaiknya jangan mengonsumsinya pada trimester ketiga. Sebab, sebuah studi tahun 2014 menyatakan bahwa makan coklat pada trimester ketiga kemungkinan memiliki efek negatif terhadap duktus arteriosus (DA) bayi di akhir kehamilan.

DA merupakan pembuluh darah janin yang penting untuk proses perkembangan. Jadi, coklat aman dikonsumsi oleh ibu hamil, asalkan tidak berlebihan dan dikurangi jumlahnya pada trimester ketiga.

Untuk itu, karena mengandung kafein, terlalu banyak mengonsumsinya juga bisa meningkatkan risiko keguguran. 

Kenapa ibu hamil sering mengidam coklat?

es krim untuk ibu hamil

Sebenarnya, tidak diketahui secara pasti mengapa wanita hamil seringkali mengidam coklat daripada beberapa makanan lainnya selama kehamilan.

Namun, tidak ada kaitan antara mengidam coklat dengan kadar hormon di dalam tubuh. Tetapi, ada beberapa bukti yang menemukan bahwa mengidam coklat disebabkan oleh pengaruh psikologis dan budaya.

Ibu hamil sering didorong dengan keinginan untuk makan lebih banyak. Mengidam cokelat cukup aman apabila dikontrol dengan benar selama kehamilan.

Baca juga: Apa Itu Ngidam Selama Kehamilan? Bagaimana Cara Menghadapinya?

6 Manfaat coklat untuk ibu hamil

Beberapa manfaat coklat untuk ibu hamil, antara lain:

1. Mengurangi risiko preeklamsia

ciri-ciri preeklamsia
ciri-ciri preeklamsia

Berdasarkan The Times of India, makan coklat selama kehamilan dapat mengurangi risiko preeklamsia hingga 50 persen dan meningkatkan fungsi plasenta.

Preeklamsia merupakan suatu kondisi ketika wanita mengalami tekanan darah tinggi dan munculnya protein dalam urin yang dapat mengindikasikan masalah hati atau ginjal.

Namun, Dr. Emmanuel Bujold, dari Université Laval Québec City, Kanada, mencatat bahwa hasil penelitian yang menilai hubungan antara asupan coklat selama kehamilan dan preeklamsia perlu diteliti lebih lanjut.

Baca juga: Ciri-Ciri Preeklamsia, Penyebab, Diagnosa, dan Pengobatannya!

2. Membantu mengelola stres

Selama kehamilan, ibu hamil mengalami perubahan hormon yang dapat menimbulkan stres. Coklat dapat menurunkan tingkat stres dan meningkatkan suasana hati ibu hamil sehingga lebih bahagia. Suasana hati ibu hamil bisa mempengaruhi bayinya selama kehamilan.

Baca juga: Dampak Stres pada Ibu Hamil, Bisa alami Prematur

3. Mengurangi kemungkinan keguguran

Ibu hamil yang mengonsumsi coklat setiap hari memiliki peluang 20 persen lebih kecil untuk mengalami keguguran selama trimester pertama.

4. Membantu menjaga berat badan

Selain itu, manfaat makan coklat bagi ibu hamil juga dapat membantu dalam menjaga berat badan. Eits, asalkan konsumsi coklat tidak berlebihan dan tanpa banyak gula tambahan, ya. 

5. Membantu perkembangan janin

Beberapa penelitian menyatakan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi coklat setiap hari selama kehamilan memiliki pertumbuhan plasenta dan janin yang lebih baik.

6. Menurunkan kadar kolesterol

Coklat mengandung flavanol yang berkaitan dengan penurunan risiko masalah kardiovaskular dan menurunkan kadar kolesterol. 

Baca juga: 6 Manfaat Makan Coklat, Ternyata Bagus untuk Kolesterol!

Berapa banyak coklat yang boleh dikonsumsi oleh ibu hamil?

Pada 2016, terdapat sebuah studi yang mengungkapkan bahwa makan 30 gram coklat setiap hari selama kehamilan dapat bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsinya lebih dari itu karena kandungan gula dan kafeinnya. Coklat juga tidak memiliki banyak nilai gizi, jadi jadikan sebagai camilan sesekali saja, bukan asupan utama.

Tetapi, kamu harus benar-benar menghindari coklat jika kamu kesulitan untuk mengendalikan gula darah, didiagnosis diabetes gestasional, dan kelebihan berat badan.

Kamu boleh menikmati coklat selama kehamilan. Manfaatnya ada banyak, termasuk mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke bayi. Namun, yang perlu diperhatikan adalah ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa makan coklat pada trimester ketiga akan lebih berisiko. 

Share artikel ini
Reference