cara agar tidak stres yang ampuh

Kita tidak bisa menghindari stres karena itu menjadi bagian dari kehidupan. Stres adalah kondisi ketegangan mental yang terjadi akibat ketidakmampuan seseorang mengatasi tuntutan dan peristiwa tertentu, seperti pekerjaan, hubungan, keuangan, dan lainnya. Lalu, bagaimana cara agar tidak stres?

Saat stres, tubuh merespons dengan membuat hormon yang memberikan energi ekstra, fokus, dan kekuatan yang disebut respon fight-or-flight .

Terkadang, stres bisa menjadi hal yang positif yang dapat membantu seseorang melakukan sesuatu dengan baik saat di bawah tekanan sehingga dapat menyelesaikannya dengan tepat waktu.

Terlalu stres justru bisa menghalangimu sehingga bisa berisiko membuat lelah, menguras energi, dan mempersulit menyelesaikan sesuatu. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari cara mengelola stres. Berikut beberapa cara agar tidak stres yang bisa dicoba.

Tanda stres yang perlu dikenali

Setiap orang mengalami stres. Namun, jika itu memengaruhi hidup, kesehatan, dan kesejahteraan, penting untuk mengatasinya sesegera mungkin.

Meskipun kondisi ini bisa memengaruhi setiap orang dengan cara yang berbeda, namun ada tanda dan gejala umum yang harus kamu perhatikan, di antaranya:

  1. Perasaan khawatir atau cemas yang terus-menerus
  2. Sulit berkonsentrasi
  3. Mood swing atau perubahan suasana hati
  4. Mudah marah
  5. Rendah diri
  6. Makan lebih banyak atau lebih sedikit dari biasanya
  7. Perubahan kebiasaan tidur
  8. Menggunakan alkohol, tembakau atau obat-obatan terlarang untuk mendapatkan sensasi rileks
  9. Mengalami ketegangan otot
  10. Mual dan pusing
  11. Kehilangan gairah seks

Jika kamu mengalami gejala-gejala ini untuk jangka waktu yang lama dan merasa itu memengaruhi kehidupan sehari-harimu, segera lakukan konsultasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

20 Cara Menenangkan Pikiran Dari Stres Berkelanjutan

Penyebab seseorang mengalami stres

Segala macam situasi dapat menyebabkan stres, tapi yang paling umum biasanya disebabkan oleh masalah pekerjaan, masalah uang, dan hubungan dengan pasangan, anak-anak, atau anggota keluarga lainnya.

Stres dapat disebabkan baik oleh pergolakan besar dan peristiwa kehidupan seperti perceraian, pengangguran, pindah rumah dan berkabung, atau oleh serangkaian gangguan kecil, seperti merasa diremehkan di tempat kerja atau berdebat dengan anggota keluarga. Terkadang, tidak ada penyebab yang jelas.

Selain itu, penyebab lainnya yang sering dilaporkan adalah:

  • Mengalami keguguran
  • Mengemudi di lalu lintas padat atau takut akan kecelakaan
  • Takut akan kejahatan 
  • Takut hamil karena belum siap menjadi orang tua
  • Kebisingan yang berlebihan, kepadatan penduduk, dan polusi
  • Berada dalam situasi ketidakpastian atau menunggu hasil penting
  • Beberapa orang mengalami kondisi yang berkelanjutan setelah mengalami rasa trauma, seperti kecelakaan atau semacam pelecehan.

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

Cara agar tidak stres yang bisa dicoba

cara agar tidak stres yang ampuh dan efektif

Stres adalah reaksi alami terhadap situasi sulit dalam hidup. Namun, kamu bisa melakukan cara agar tidak stres berikut ini:

1. Hentikan cara-cara yang tidak sehat

Banyak dari kita yang merasa sangat stres dan berusaha untuk menghilangkannya, tapi menggunakan cara yang tidak sehat dan tidak produktif. Beberapa cara agar tidak stres ini justru bisa  menyebabkan lebih banyak kerusakan, seperti:

  • Merokok, minum alkohol terlalu banyak, atau menggunakan obat-obatan terlarang
  • Makan makanan tidak sehat secara berlebihan
  • Terlalu lama menghabiskan waktu di depan TV
  • Menarik diri dari teman, keluarga, dan aktivitas sosial
  • Terlalu banyak tidur
  • Menunda-nunda
  • Melampiaskan pada orang lain (memukul dan melakukan kekerasan fisik lainnya)

2. Berolahraga

Cara agar tidak stres yang bisa kamu lakukan dengan mudah yaitu dengan berolahraga secara teratur. Pasalnya, olahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Ditambah, olahraga dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Namun, berapa lama waktu yang diperlukan untuk berolahraga setiap minggu? Lakukan hingga 2 jam 30 menit olahraga yang cukup intens, seperti jalan cepat atau 75 menit olahraga yang lebih berat seperti berenang, jogging, atau olahraga lainnya.

3. Luangkan waktu melakukan hobi atau aktivitas yang disuka

Menyisihkan waktu untuk hal-hal yang kamu sukai sangat penting dilakukan agar kamu tidak stres karena telah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan. 

Cobalah melakukan sesuatu setiap hari yang membuat kamu merasa baik, di mana hal tersebut akan membantu menghilangkan stres. Tidak perlu menghabiskan banyak waktu, kamu bisa meluangkan 15-20 menit sehari pun sudah cukup.

4. Pilih makanan sehat yang bisa meningkatkan suasana hati

Tahukah kamu bahwa makanan memiliki peran penting dalam meningkatkan suasana hati? Mengonsumsi makanan yang teratur dan seimbang akan membantumu merasa lebih baik yang mana nantinya juga bisa membantu mengendalikan suasana hatimu.

Pastikan kamu mengonsumsi sayuran, buah, biji-bijian, dan protein tanpa lemak untuk menghasilkan energi..

5. Istirahat yang cukup

Istirahat menjadi cara utama yang bisa kamu lakukan agar tidak stres. Kamu perlu merencanakan waktu istirahat untuk memberikan waktu istirahat bagi pikiran dari stres. Selain penuhi kebutuhan tidur, kamu bisa mengistirahatkan tubuhmu dengan beberapa cara berikut:

  • Meditasi
  • Yoga
  • Mendengarkan musik favorit 
  • Menghabiskan waktu di alam

Inilah Jenis-Jenis Stres yang Sering Dialami! Ini Cara Mengatasinya!

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar tidak stres. Jika ada hal-hal yang mengganggu pikiranmu, kamu bisa berbicara dengan anggota keluarga, teman, dokter, atau terapis.

Selain itu, kamu  juga dapat berbicara dengan diri sendiri atau self-talk. Tetapi agar self-talk membantu mengurangi stres, kamu perlu memastikan bahwa itu positif dan bukan negatif.

Misalnya, jangan katakan pada diri sendiri “Saya tidak bisa melakukan ini”. Namun katakan pada dirimu bahwa “Saya bisa melakukan ini”.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference