manfaat susu kurma untuk ibu hamil

manfaat susu kurma untuk ibu hamil

Susu kurma dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan bernutrisi. Soalnya, kombinasi antara rasa manis kurma dengan kelembutan susu bisa menciptakan rasa yang lezat di mulut. 

Nah, minuman susu kurma bisa menjadi camilan untuk ibu hamil karena memiliki manfaat baik, lho. Yuk, ketahui kandungan dan manfaat susu kurma untuk ibu hamil di bawah ini!

Kandungan gizi susu kurma

Buah kurma dikenal sebagai hidangan pembuka yang dikonsumsi pada berbuka puasa. Sesuai namanya, buah ini berasal dari pohon kurma yang tumbuh di daerah tropis dan subtropis, seperti wilayah Timur Tengah dan Afrika Utara. 

Dari pohonnya, tanaman kurma memiliki batang yang kokoh dan tinggi dengan daun panjang. Yap, pohon kurma dapat tumbuh mencapai ketinggian sekitar 20-25 meter, lho. 

Daging buahnya lembut dan manis, dengan biji yang terletak di tengah. Buah kurma memiliki rasa yang khas dan kandungan gizi yang kaya, termasuk serat, gula alami, vitamin, mineral, dan antioksidan. Untuk itu, kurma termasuk camilan yang aman untuk ibu hamil.

Untuk penjelasan lengkapnya, ini dia kandungan gizi yang ada di dalam 311 gram susu kurma.

  • Lemak: 19 gram
  • Kolesterol: 78 miligram
  • Sodium: 165 miligram
  • Karbohidrat: 106 gram
  • Gula: 92 gram
  • Protein: 9,4 gram
  • Kalsium: 344 miligram
  • Vitamin D: 0,4 mikrogram

Manfaat susu kurma untuk ibu hamil

susu kurma untuk ibu hamil

Oleh karena itu, kurma tentu menawarkan banyak manfaat nutrisi selama kehamilan. Apalagi, buah satu ini merupakan sumber fruktosa alami yang baik, sehingga bisa memberi energi untuk tubuh agar mampu melawan rasa lelah selama masa kehamilan.

Selain itu, perlu diketahui bahwa ada manfaat baik lainnya dari mengonsumsi susu kurma untuk ibu hamil. Berikut penjelasannya.

  • Mengurangi konstipasi

Konstipasi adalah kondisi umum yang sering terjadi selama proses kehamilan karena perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada sistem pencernaan.

Nah, buah kurma mengandung serat yang tinggi, terutama serat larut, sehingga dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan mengurangi kemungkinan terjadinya konstipasi.

Serat larut dalam kurma membantu menjaga kelembapan tinja dan mendorong pergerakan usus agar lebih baik.

Selain itu, kurma juga mengandung senyawa alami yang dikenal sebagai sorbitol atau efek pencahar alami.

  • Mencegah cacat pada janin

Minuman susu kurma juga mengandung folat yang dibutuhkan tubuh sang ibu untuk mencegah cacat bawaan pada otak dan sumsum tulang belakang si kecil.

Sebab, folat mampu membantu pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal untuk pembentukan sel-sel baru, sintesis DNA, dan pembentukan sistem saraf janin.

  • Menjaga kesehatan tulang ibu hamil

Manfaat susu kurma juga termasuk untuk menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Hal ini dikarenakan susu kurma mengandung vitamin K yang bisa mengatur keseimbangan kalsium dan mencegah risiko osteoporosis.

  • Mencegah anemia

Kurma juga mengandung zat besi dan fitokimia yang dapat membantu mencegah anemia selama kehamilan.

Selain itu, zat besi juga berperan dalam menjaga kandungan hemoglobin dalam tubuh, memberikan dukungan pada sistem kekebalan tubuh sang ibu, dan perkembangan bayi.

  • Mengatur tekanan darah

Potassium termasuk mineral yang dibutuhkan ibu hamil selama mengandung. Bukan tanpa alasan, ibu hamil yang memiliki kandungan mineral di bawah batas minimum bisa meningkatkan risiko tekanan darah, penyakit kardiovaskular, dan stroke.

Cara membuat susu kurma

Setelah mengenal manfaatnya, kami ingin membagikan resep cara membuat susu kurma sendiri di rumah. Tertarik? Yuk, coba cara berikut ini!

Bahan-bahan:

  • 15-20 butir kurma
  • 500 ml susu putih cair
  • Air mineral
  • Madu

Cara membuat susu kurma:

  1. Pertama-tama, pisahkan biji dari buah kurma. Kemudian, rendam buahnya selama 5 jam.
  2. Jika sudah, masukkan semua buahnya ke dalam blender.
  3. Tambahkan susu cair dan madu. Kemudian, blender sampai semua menyatu dan halus.
  4. Setelah itu, sajikan susu kurma di dalam gelas.

Hanya dengan empat langkah di atas, kamu bisa menikmati segelas susu kurma yang kaya manfaat untuk tubuh. 

Menarik, bukan? Apalagi, ada segudang manfaat dari susu kurma. Hanya saja, batasi konsumsinya karena ibu hamil tidak disarankan makan dan minum sajian yang terlalu manis.


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference