Manfaat biji pepaya untuk kesehatan

Mengkonsumsi buah pepaya mungkin bukan hal yang baru. Pasalnya, buah ini memiliki rasa yang manis dan nikmat. Namun, apakah kamu pernah mengkonsumsi biji pepaya sebelumnya?

Ternyata ada sejumlah manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ulasannya.

Apakah biji pepaya aman untuk dikonsumsi

Pepaya adalah buah yang disukai oleh banyak orang karena rasa dan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Namun, sayangnya banyak orang yang membuang biji pepaya dan hanya memakan daging buahnya saja. 

Padahal, biji pepaya memiliki berbagai manfaat berkat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Biji pepaya mengandung polifenol dan flavonoid tinggi. Kedua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. 

Bukan hanya itu, biji pepaya juga diperkaya dengan kandungan asam lemak tak jenuh tunggal seperti asam oleat. Apalagi, biji buah ini juga mengandung serat yang cukup tinggi yang berguna untuk membantu mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah. Konsumsi serat yang tinggi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit stroke, jantung, obesitas, dan diabetes. 

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan

Manfaat biji pepaya

Berkat sejumlah kandungan nutrisi yang ada di dalamnya, biji pepaya dikaitkan dengan sejumlah potensi manfaat kesehatan, seperti:

1. Dapat membantu melawan infeksi

Dilansir dari Healtline, sebuah studi menunjukan bahwa biji pepaya dapat menghancurkan beberapa jenis parasit dan jamur. Pada sebuah penelitian tabung reaksi, menunjukan bahwa ekstrak biji pepaya ternyata efektif untuk melawan tiga jenis jamur, yang dapat menyebabkan infeksi jamur. 

Selain itu, studi kecil lainnya juga menemukan bahwa meminum biji pepaya kering dengan madu efektif untuk membunuh parasit usus dibanding dengan plasebo. 

2. Dapat melindungi fungsi ginjal

Ginjal adalah organ yang berperan penting dalam kesehatan. Organ yang satu ini bertindak sebagai filter untuk membuah limbah dan juga cairan berlebih dari tubuh. Penelitian juga menunjukan bahwa mengkonsumsi biji pepaya dapat melindungi sekaligus menjaga kesehatan maupun fungsi ginjal.

3. Bisa memiliki sifat antikanker

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah memiliki sifat anti kanker. Ini karena nutrisi dan kandungan antioksidan yang ada dalam biji pepaya. Pada beberapa penelitian menunjukan bahwa biji pepaya ternyata memiliki sifat antikanker. 

4. Dapat meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan yang satu ini didapatkan berkat kandungan serat yang ada di dalamnya. Tinjauan dari lima penelitian juga menemukan bahwa peningkatan asupan serat dapat meningkatkan frekuensi buang air besar pada orang yang mengalami sembelit. 

Selain itu, studi juga menunjukan bahwa serat makanan bisa melindungi tubuh terhadap penyakit seperti meredakan gejala wasir, radang usus dan juga mencegah pembentukan tukak usus. 

5. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Biji pepaya kaya akan kandungan antioksidan yang berguna untuk melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, kandungan biji pepaya ini juga membantu menurunkan tekanan darah dan kolesterol untuk melindungi jantung dari berbagai masalah kesehatan. 

6. Mengurangi peradangan

Manfaat biji pepaya untuk kesehatan selanjutnya adalah berguna untuk mengurangi peradangan. Ini karena biji pepaya kaya akan vitamin C, flavonoid, alkaloid, dan polifenol. Berbagai senyawa ini berguna untuk mencegah dan mengurangi peradangan pada penyakit radang sendi, asam urat dan lainnya. 

Efek samping biji pepaya untuk kesehatan 

Meskipun biji pepaya memiliki sejumlah potensi untuk kesehatan, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pasalnya, biji pepaya juga berpotensi memiliki efek samping seperti:

1. Dapat menurunkan kesuburan

Pada beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukan bahwa biji ini dapat mengurangi kesuburan. Dalam sebuah penelitian, menunjukan bahwa pemberian ekstrak biji pepaya dalam dosis cukup tinggi menyebabkan monyet mengalami kondisi azoospermia. Ini ditandai dengan kurangnya sperma dalam air mani. 

Namun, untuk mengetahui efek samping ini pada manusia, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat efek samping biji pepaya pada kesuburan. 

2. Bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu banyak

Biji pepaya memiliki kandungan benzil isothiocyanate yang ditemukan pada banyak jenis sayuran. Senyawa ini dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan termasuk mencegah kanker. 

Namun, beberapa penelitian juga menunjukan bahwa senyawa ini juga dapat berbahaya jika dalam jumlah besar. Dalam sebuah penelitian tabung menunjukan bahwa pemberian benzil isothiocyanate langsung ke sel individu dapat  menyebabkan kerusakan signifikan pada DNA. Namun, peneliti juga mencatat bahwa pemberian senyawa ini pada tikus hidup tidak memiliki efek sama.

Share artikel ini
Reference