penyebab komedo hitam

Mungkin kamu menyangka penyebab komedo hitam yaitu karena debu dan kotoran di wajah yang menumpuk. Namun ternyata penyebabnya lebih dari itu, ada berbagai masalah yang bisa menyebabkan komedo hitam.

Tidak hanya di wajah, terkadang komedo hitam juga bisa muncul di punggung, bahu, leher, dan bagian tubuh lainnya. Menghilangkan komedo hitam memang lebih sulit daripada komedo putih, tapi tenang saja karena kamu tetap bisa menghilangkannya.

Mengenal penyebab komedo hitam

Komedo masih termasuk ke dalam jenis jerawat (acne vulgaris), yaitu merupakan benjolan terbuka pada kulit yang dipenuhi minyak berlebih dan kulit mati. Folikel yang tersumbat sebenarnya menyebabkan komedo menjadi hitam. Meski bagian dari jerawat, komedo bukanlah jerawat karena biasanya tidak disertai dengan inflamasi atau nyeri.

Berikut adalah beberapa penyebab komedo yang harus kamu waspadai:

  • Peningkatan produksi sebum atau minyak di wajah.
  • Pembentukan abnormal keratin (protein yang membantu membuat rambut, kulit, dan kuku).
  • Peningkatan hormon (androgen).
  • Adanya peningkatan bakteri pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Cara menghilangkan komedo hitam di wajah

Kamu bisa menghilangkan komedo hitam di wajah dan di bagian tubuh lain menggunakan produk yang mengandung bahan tertentu, seperti:

  • Salicylic acid, kamu bisa menggunakannya tanpa resep, biasanya tersedia dalam bentuk toner atau serum. Kandungan ini membantu menghilangkan lapisan atas kulit yang rusak. Salicylic acid melarutkan sel-sel kulit mati untuk mencegah folikel rambut tersumbat di pori-pori.
  • Asam azelaic: Barley, gandum, gandum hitam dan berbagai biji-bijian lainnya secara alami asam azelaic. Kandungan ini dapat membunuh mikroorganisme pada kulit yang menimbulkan komedo hitam .
  • Benzoil peroksida: Kandungan ini biasanya ditemukan pada produk sabun pencuci wajah. Bekerja dengan menargetkan bakteri di permukaan, yang sering memperburuk jerawat. Tapi mungkin akan terjadi beberapa efek samping seperti iritasi dan kulit kering.
  • Retinoid (turunan vitamin A): Kandungan ini mampu memecah komedo hitam, komedo putih dan membantu mencegah pori-pori tersumbat. Kamu bisa menggunakan pelembab untuk mengurangi efek samping retinoid yang bisa menyebabkan pengelupasan kulit.
  • Tea tree oil: Kandungan ini dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab komedo dan jerawat. Oleskan sedikit tea tree oil pada kapas dan gosokkan pada komedo.
  • Scrub gula atau garam: Scrub ini dapat mengelupas sel-sel mati di permukaan kulit. Basahi wajah, oleskan scrub garam atau gula ke area yang terkena dan pijat kulit dengan gerakan melingkar kecil hingga 30 detik. Bilas wajah dengan air setelah selesai.
  • Green tea: Daun teh hijau basah dapat membantu mengurangi produksi minyak di kulit. Teh hijau juga merupakan antioksidan. Kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung green tea seperti toner, serum, atau pencuci wajah.

Pencegahan komedo hitam

Pencegahan komedo hitam

Komedo hitam terkadang muncul tanpa diduga, sekalipun kamu sudah rajin membersihkan dan merawat wajah. Cara-cara berikut dapat mencegah komedo hitam muncul di wajah, ikuti cara sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki.

Jika kamu memiliki kulit sensitif atau kulit kering yang rentan mengelupas, ikuti cara ini:

  • Lakukan eksfoliasi kulit dengan produk toner, serum, atau kapas khusus eksfoliasi. Kotoran di kulit dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo terbentuk.
  • Jaga kulit tetap terhidrasi dengan menggunakan pelembab non alkohol dan non parfum.
  • Minum banyak air sepanjang hari untuk kulit yang lebih sehat.
  • Pastikan untuk membersihkan kulit dengan benar meskipun kamu tidak menggunakan make up. Lakukan double cleansing dengan micellar water atau susu pembersih.

Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, lakukan cara ini untuk mencegah munculnya komedo:

  • Gunakan clay mask untuk menyerap minyak berlebih pada kulit wajah.
  • Tambahkan selalu produk salicylic acid atau benzoil peroksida ke dalam rutinitas perawatan kulit. Bahan-bahan ini dapat melarutkan sumbat minyak sebelum menyumbat pori-pori.
  • Lakukan eksfoliasi menggunakan scrub lembut, kamu bisa membelinya atau menggunakan bahan alami seperti gula dan garam.
  • Gunakan krim atau serum retinoid untuk merawat kulit dengan lebih maksimal. Ketahuilah bahwa bahan ini dapat membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari, jangan lupa untuk selalu menggunakan SPF setiap hari terutama saat berkegiatan di luar rumah.

Menghilangkan komedo hitam memang tidak dapat dilakukan sekaligus, perlu perawatan rutin agar komedo bisa hilang sepenuhnya. Gunakan produk yang cocok dengan kulitmu agar pencegahan komedo berhasil.

Share artikel ini
Reference