makanan sehat untuk jantung dan tubuh

Jantung adalah organ penting yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan, maka aliran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar sehingga organ lainnya pun tidak bisa berfungsi dengan baik. Lalu, apa saja makanan sehat untuk jantung dan tubuh?

Buat yang ingin menjaga kesehatan jantung, ada cara mudahnya lho. Selain rutin berolahrga, kamu juga perlu mengonsumsi makanan sehat untuk jantung. Apa saja daftar makanan yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini.

Makanan sehat untuk jantung

Ternyata ada banyak makanan sehat untuk jantung. Dengan mengonsumsi makanan-makanan tersebut, kamu tidak hanya membuat jantung sehat, tapi juga mencegah penyakit arteri koroner dan mengurangi kolesterol darah. Berikut beberapa jenis makanan sehat untuk jantung dan tubuh:

1. Biji-bijian

Makanan sehat untuk jantung yang pertama, yaitu biji-bijian. Beberapa jenis biji-bijian seperti beras merah dan gandum sangat baik untuk kesehatan jantung. Biji-bijian utuh mampu melindungi jantung sedangkan karbohidrat olahan seperti tepung gandum dan multigrain dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner.

2. Sayuran hijau

Jenis sayuran yang dimaksud adalah sayuran berdaun hijau. Sayuran berdaun hijau seperti sawi, kangkung, dan bayam merupakan makanan sehat untuk jantung. Kandungan vitamin K yang ada di dalam sayuran hijau dapat membantu melindurngi arteri. Sayuran hijau juga mengandung nitrat sebagai penurun darah tinggi.

3. Alpukat

Sering diolah menjadi jus, alpukat ternyata merupakan salah satu makanan sehat untuk jantung, lho. Kandungan lemak tak jenuh dalam buah ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan kadar kolesterol. Kandungan potasium di dalam buah ini merupakan nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Catat, Ini Jumlah Kalori Alpukat untuk Kamu yang Diet

4. Beri

Selain alpukat, jenis buat lainnya yang merupakan makanan sehat untuk jantunga dalah buah beri. Buah beri seperti raspberry, blackberry, blueberry, dan stroberi mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Buah beri mampu mencegah peradangan yang memicu penyakit jantung.

5. Tahu

Siapa sangka jika tahu merupakan makanan sehat untuk jantung? Protein kedelai yang ada pada tahun mengandung mineral, serat, dan lemak tak jenuh ganda yang dapat menyehatkan jantung. Pastikan kamu mengonsumsinya dengan cara ditumis dengan sedikit minyak agar nutrisinya tidak berkurang.

6. Jeruk

makanan sehat untuk jantung dan tubuh anak muda wajib tahu

Buah lainnya yang dapat dikategorikan sebagai makanan sehat untuk jantung, yaitu jeruk. Jeruk mengandung serat pektin yang dapat melawan kolesterol dan potasium yang dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

7. Oatmeal

Semangkuk oatmeal hangat dapat membuat kenyang selama berjam-jam dan membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dari waktu ke waktu. Ini artinya oatmeal bermanfaat bagi penderita diabetes. Serat oat dapat membantu jantung kamu tetap sehat dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

8. Yoghurt rendah lemak

Makanan olahan susu seperti yoghurt ternyata merupakan makanan sehat untuk jantung. Yoghurt rendah lemak dapat membantu mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan potasiumnya juga bagus untuk menyehatkan jantung.

Selain Lezat, Ada Segudang Manfaat Yoghurt Untuk Wanita Dan Ibu Hamil

9. Kacang hitam

Kacang hitam mengandung banyak nutrisi yang dapat menyehatkan jantung kamu. Kandunagn magnesium, antioksidan, dan folat di dalamnya dapat menurukan tekanan rendah. Seratnya mampu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah.

10. Ikan berlemak

Jenis ikan seperti tuna, sarden, mackerel, dan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung. Asam lemak dari ikan ini juga dapat membantu mengurangi risiko penyakit aritmia. Kamu juga bisa mendapatkan manfaat asam lemak ini dari suplemen minyak ikan.

Cara cek jantung sehat

Setelah mengetahui jenis makanan sehat untuk jantung, pasti banyak dari kamu yang penasaran apakah jantung dalam tubuh dalam kondisi sehat? Cara cek jantung sehat atau tidak dapat kamu ketahui dari ciri-cirinya.

Berikut ciri-ciri jantung sehat yang wajib kamu ketahui:

  1. Tekanan darah tubuh kamu cenderung normal
  2. Detak jantung kamu juga cenderung normal
  3. Pernapasan kamu juga normal (tidak ada keluahan pernapasan berat atau sesak napas)
  4. Kadar high density lipoprotein (kolesterol baik) lebih tinggi
  5. Kamu cenderung tidak merasa mudah lelah
  6. Rongga mulut dalam keadaan bersih dan sehat
  7. Indeks massa tubuh kamu (BMI) normal

Sudah paham kan sekarang apa saja makanan sehat untuk jantung dan seperti apa ciri-ciri jantung yang sehat itu? Selain mengonsumsi makanan sehat, pastikan berolahraga dengan rutin, ya! Semoga bermanfaat.


Penulis: Tara Anugerah

Share artikel ini
Reference