Sejak 2019, hampir semua negara di dunia khawatir karena adanya Covid. Pada 2022, berbagai negara sudah melonggarkan aturan penggunaan masker karena angka kasus Covid sudah menurun secara signifikan. Namun sayang, saat ini varian baru Covid, yaitu Covid XBB justru kembali menggemparkan dunia. 

Menurut data dari WHO, hingga Oktober 2022, varian Covid ini sudah terdeteksi di 26 negara di dunia. Bahkan pemerintah Indonesia juga mengumumkan bahwa varian ini sudah terdeteksi di Indonesia.

Nah, agar kamu lebih memahami apa saja ciri-ciri Covid XBB, bagaimana gejala pasiennya, dan bagaimana cara menghindarinya, simak penjelasan berikut ini!

Ciri Covid varian baru XBB

benarkah ivermectin mampu mengobati infeksi covid-19

Sejak Covid membawa pandemi di seluruh dunia, ada berbagai varian Covid dengan ciri yang berbeda-beda. Kali ini, yuk kita bahas ciri varian baru ini!

Lebih mudah menular

Mohammad Syahril, Sp.P, MPH, juru bicara Kementerian Kesehatan RI, menyatakan bahwa Covid Omicron varian baru ini memiliki sifat penularan yang sangat cepat, seperti varian Omicron pada umumnya.

Namun, efek yang ditimbulkan tidak separah efek varian Covid-19 lainnya. Meskipun demikian, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan tetap menghimbau publik untuk tetap berjaga-jaga dengan terus menjalankan protokol kesehatan.

Memiliki kemampuan menghindari vaksin dan antibodi

Sebuah studi dari China menyatakan bahwa varian ini memiliki kemampuan menghindari vaksin dan antibodi.

Kemampuan ini lebih besar dibanding kemampuan Covid-19 varian lainnya, bahkan kemampuannya mendekati tingkat SARS-CoV-1.

Artinya, orang yang telah menerima vaksin dan penyintas Covid-19 tetap rentan terinfeksi varian ini. Bahkan studi ini menyatakan bahwa antibodi seperti Evusheld dan Bebtelovimab mungkin tidak terlalu efektif mengatasi varian ini.

Meskipun tidak mencegah secara sempurna, ahli kesehatan tetap menganjurkan publik untuk melakukan vaksin booster kedua untuk menghindari infeksi parah yang disebabkan oleh varian ini.

Gejala Covid varian baru XBB

gejala covid omicron varian baru

Ada beberapa gejala varian covid ini yang perlu kamu ketahui, seperti:

  • Demam disertai menggigil 
  • Batuk
  • Sesak napas
  • Badan lemas
  • Nyeri otot dan badan pegal-pegal
  • Sakit kepala
  • Mual atau muntah
  • Pilek atau hidung tersumbat
  • Kemampuan indera lidah dan hidung berkurang 
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit perut atau diare

Jika kamu mengalami beberapa dari gejala seperti yang dijelaskan di atas, lakukan tes Covid-19 untuk memastikannya agar masalahmu bisa segera ditangani dengan tepat. 

Baca juga: Obat Batuk Covid: Jenis dan Efek Sampingnya

Tips mengatasi Covid varian XBB

 

Cara mengobati anosmia

 

Sama seperti cara menghindari varian Covid-19 lainnya, kamu juga harus menjalankan protokol kesehatan untuk menghindari penularan Covid XBB. Ikuti tips ini ya!

Cuci tangan dengan benar dan rutin

Salah satu cara paling mudah dan efektif untuk menghindari penularan Covid XBB adalah dengan mencuci tangan dengan benar.

Pastikan kamu mencuci tangan dengan air mengalir dan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Pastikan juga semua bagian tangan dicuci dengan bersih. Keringkan tangan dengan tisu atau mesin pengering tangan.

Gunakan masker

Banyak orang memilih memakai masker kain untuk mencegah penularan Covid, padahal sebenarnya masker ini tidak terlalu efektif.

Secara umum, ada dua jenis masker yang bisa digunakan untuk mencegah penularan Covid, yaitu masker bedah dan masker N95. 

Baca juga: Pentingnya Memiliki Asuransi Covid Selama Pandemi

Jaga imun tubuh

Imun tubuh yang kuat dapat mencegah berkembangnya berbagai penyakit. Untuk menjaga dan meningkatkan imun, kamu dianjurkan mengonsumsi makanan sehat. 

Seperti, sayuran dan buah-buahan serta makanan berprotein seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak. Selain itu, pastikan kamu berolahraga secara teratur, memiliki waktu yang cukup untuk istirahat, serta menghindari rokok dan minuman alkohol untuk membantu tubuh membangun pertahanan dan mencegah infeksi virus.

Lakukan disinfeksi rumah secara rutin

Selain menjaga kebersihan diri, menjaga kebersihan rumah juga sangat penting di masa penyebaran virus Covid-19, termasuk Covid XBB.

Hal ini dikarenakan Covid telah terbukti bisa bertahan di permukaan benda mati selama berjam-jam hingga berhari-hari.

Oleh karena itu, rumahmu harus dibersihkan secara teratur dan didesinfeksi secara menyeluruh, terutama untuk perabotan yang sering disentuh, seperti gagang pintu, remote TV, keran air, permukaan meja, dan peralatan lainnya.

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang Covid XBB yang baru terdeteksi di Indonesia. Pastikan kamu menjalankan tips-tips di atas dan selalu jaga kesehatan yaa!

Share artikel ini
Reference