apa itu yoni egg

Yoni egg, pernahkah kamu mendengar istilah benda ini? Benda ini adalah batu Kristal khusus untuk vagina dengan beberapa tujuan tertentu. Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan kepopuleran batu Kristal akhir-akhir ini, ternyata ada juga yang khusus untuk vagina loh!

Yoni egg, batu giok, bola kegel… benda ini memiliki banyak istilah berbeda, tetapi sebagian besar dari mereka memiliki sifat yang sama. Lalu apakah benda-benda ini membantu atau tidak? Apakah vagina benar-benar membutuhkan batu atau Kristal alami ini? Yuk cari tahu lebih lanjut!

Apa itu yoni egg?

Yoni adalah kata dalam bahasa Sansekerta yang berarti ruang, sumber atau rahim. Meskipun telur yoni dianggap berasal dari Tiongkok, penelitian menunjukkan tidak ada bukti historis yang mengonfirmasinya. Saat ini, penggunaan yoni egg telah dipopulerkan oleh para selebriti luar negeri seperti Gwyneth Paltrow.

Yoni egg berbentuk bola-bola seperti telur yang berbagai jenis batu, termasuk batu giok, kuarsa, dan obsidian. Harga telur yoni sangat bervariasi, namun biasanya berkisar antara 400 ribu hingga 1 juta.

Cara menggunakannya cukup sederhana sederhana. Yoni egg dibersihkan dan kemudian dimasukkan ke dalam vagina dan dibiarkan di sana antara beberapa menit hingga beberapa jam atau bahkan semalaman.

9 Macam Bentuk Vagina yang Wajib Kamu Ketahui!

Manfaat yoni egg

Meskipun banyak testimoni yang sangat meyakinkan, Kristal untuk vagina ini tidak terbukti memiliki kegunaan medis secara ilmiah. Para penggunanya mengatakan bahwa yoni egg bisa memberikan energi penyembuhan dan berbagai manfaat kesehatan, seperti:

  • Menyeimbangkan siklus haid
  • Meningkatkan kesehatan saluran kemih dan pencernaan
  • Meningkatkan libido dan orgasme
  • Meredakan kram menstruasi
  • Memperkuat otot-otot vagina
  • Meningkatkan pelumasan
  • Meningkatkan “energi feminin”
  • Menyeimbangkan hormon
  • Memperkuat otot dasar panggul

Apa Saja Penyebab Vagina Bengkak? Ini Cara Mengatasinya!

Period Talk: Apakah yoni egg aman?

Sebagian besar ahli medis setuju bahwa kristal vagina ini tidak memiliki manfaat medis dan, pada kenyataannya, menggunakannya justru dapat membahayakan vagina.

Menurut dr. Wisniaty Condro, memasukkan barang ke vagina bisa sangat berbahaya.

“Hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan adanya manfaat memasukkan kristal ke vagina. Hal tersebut justru dapat menimbulkan berbagai risiko seperti infeksi, tersangkut di dalam vagina, dan bahkan dapat merusak otot dasar panggul,” ujar dr. Wisni.

Dia menambahkan, memasukkan objek kedalam vagina dalam dalam waktu yang lama tidak dianjurkan.
Meski ada beberapa objek yang di desain untuk dimasukkan, tetapi pemakaiannya hanya sementara dan tidak dimasukkan sepenuhnya ke dalam vagina.

“Kamu sebaiknya tidak memasukkan objek yang dapat tertinggal dan melukai bagian dalam vagina seperti jarum, kancing, jepit rambut, tisu, dan sebagainya,” jelas dr. Wisniaty.

Selain itu, dilansir dari insider, yoni egg bisa memberikan efek samping:

  • Ketegangan otot, karena vagina yang terus berkontraksi.
    • Vaginismus, suatu kondisi di mana otot-otot berkontraksi secara tidak sadar ketika sesuatu dimasukkan ke dalam vagina, menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. 
  • Meningkatnya infeksi vagina atau kandung kemih, karena bahan berpori menyerap bakteri.

Manfaat batu alam atau kristal

yoni egg kristal

Kristal adalah kumpulan mineral alami. Secara sederhana, kristal adalah batu yang indah dan semi-langka, memiliki bentuk dan warna beragam, ada yang jernih dan ada juga yang memiliki warna-warna cerah.

Terlepas dari fungsi dan efek sampingnya untuk vagina, batu alam/Kristal yang menjadi bahan utama yoni egg ini pada dasarnya memiliki beberapa manfaat. Tidak sedikit orang yang mengandalkan batu atau Kristal untuk kebutuhan spiritual maupun fisik, berikut adalah beberapa manfaatnya:

  1. Menenangkan gangguan kesehatan mental

Kristal terkadang digunakan untuk mendukung kondisi kesehatan mental, seperti kecemasan atau depresi. Kamu bisa mencobanya, tapi lebih baik gunakanlah kristal untuk menciptakan perasaan membumi dan terpusat sambil mengikuti saran dokter atau psikolog.

Jika kamu merasa batu kristal ini sangat berperan dan banyak membantu, kamu boleh saja menggunakannya, meskipun itu bisa jadi hanya efek plasebo yang berperan. Perlu diingat, bahwa Kristal dapat memberikan dukungan, bukan pengobatan.

  1. Meningkatkan suasana hati atau pandangan

Kristal juga dapat memberikan dukungan ketika kamu merasa sedih atau stres. Sama seperti fungsi utama yang dapat memberikan dukungan untuk masalah kesehatan mental, kristal dapat membantu kamu meningkatkan mood. Benda ini dapat digunakan sebagai alat untuk membangkitkan perasaan seperti:

  • Pegangan hidup
  • Keterhubungan hidup
  • Makna spiritual
  • Tujuan hidup
  • Perasaan akan sesuatu yang lebih besar dari diri sendiri
  1. Berperan dalam mengatasi rasa sakit dan penyakit

Meskipun beberapa praktisi kristal percaya bahwa kristal dapat membantu mengatasi penyakit fisik yang nyata, namun belum ada penelitian ilmiah yang mendukung teori ini. Para praktisi kesehatan selalu menyarankan untuk berkonsultasi dengan ahli terapi fisik, terutama jika kamu memiliki masalah dengan vagina. 

Salah satu kepercayaan umum adalah bahwa kristal berinteraksi dengan medan energi tubuh, yang juga dikenal sebagai energi getaran. Idenya adalah bahwa kristal dapat mengarahkan dan menyalurkan kembali aliran energi dengan getaran energinya yang unik, membantu membuka blokir area tubuh atau medan energi yang telah “macet”.

 

__________________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference