Konsep cantik alami tidak selalu soal penampilan fisik, kamu mungkin sudah tahu tentang fakta itu. Kecantikan luar memang menjadi hal penting, tidak heran para wanita berlomba-lomba melakukan perawatan dan bergaya agar terlihat cantik. Namun kecantikan dari dalam juga tidak kalah penting.

Istilah cantik alami tidak bisa memisahkan antara kecantikan internal dan eksternal, karena keduanya menjadi hal penting. Misalnya perawatan kulit dan kemampuan berempati, jika keduanya berhasil dimiliki maka seseorang akan terlihat cantik alami.

Apa itu cantik alami

Cantik alami adalah keindahan yang nyata dalam bentuk yang utuh atau bawaan. Kecantikan alami tidak harus dicapai dengan melakukan atau memakai sesuatu seperti melakukan operasi plastik, memakai riasan, mendapatkan gaya tertentu.

Hati dan perilaku yang murni juga menjadi bagian dari cantik alami dari seorang wanita. Namun definisi cantik alami masih menjadi sesuatu yang abstrak, setiap orang bisa saja tidak setuju dengan suatu define dan memiliki pendapat berbeda. Hal ini tidak menjadi masalah besar yang perlu diperdebatkan.

Ciri ciri wanita cantik alami

kepribadian ENFP

Fitur kepribadian positif menjadi salah satu ciri dari wanita cantik alami. Tidak hanya mencakup cara perilaku terhadap orang lain, tapi juga tentang bagaimana cara dia merasa tentang hidupnya sendiri. Jika kamu penasaran, berikut beberapa cirinya:

1. Kebaikan 

Kebaikan dalam berperilaku menjadi hal utama dan tidak bisa dipalsukan. Wanita yang baik akan memberikan kesan bagus secara menyeluruh. Kita bisa saja memalsukan rasa hormat atau penampilan luar, namun kebaikan tidak bisa dipalsukan karena melekat dalam diri sepanjang waktu.

2. Kelembutan

Langkah ini terkadang cukup sulit karena terkadang kelembutan bisa dikacaukan dengan kelemahan. Faktanya, dibutuhkan wanita (atau pria) yang sangat kuat untuk menjadi lembut ketika situasinya jauh lebih mudah untuk marah, kasar, atau blak-blakan. Mengendalikan emosi menjadi kunci dari kelembutan.

3. Kesopanan

Wanita yang sopan seringkali dikaitkan dengan cara berpakaian yang tertutup. Namun sebenarnya tidak selalu begitu, kamu bisa mengenakan apapun dan bebas berekspresi. Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda menjadi bagian utama dari kesopanan.

4. Kejujuran

Semua sifat positif termasuk kejujuran, bisa menjadi bagian dari ciri cantik alami. Meskipun terdengar klasik, tapi mungkin kamu juga bisa melihat bahwa orang yang memiliki sifat jujur dan sifat positif lainnya, akan memancarkan kecantikannya tersendiri.

Tips cantik alami

Urutan skincare yang benar (1)

Ada beberapa tips cantik alami yang bisa kamu ikuti, menurut Vivian Diller seorang mantan model dan penari dari New York dan juga seorang psikolog dengan fokus penelitian pada psikologi kecantikan. Beberapa tipsnya yaitu:

  • Mindset: kamu lebih dari apa yang kamu lihat

Sebagai seorang model, Vivian Diller bertemu banyak wanita sempurna tetapi tidak selalu merasa cantik. Mengapa? Itu karena “kecantikan tidak tergantung pada ukuran atau bentuk yang sempurna, tetapi pada jenis sikap yang dimiliki seseorang terhadap tubuhnya.”

  • Lihat dirimu di kaca

Mungkin kamu akan merasa canggung saat menatap diri sendiri. Lawan kecanggungan itu dan bicaralah dengan diri sendiri di cermin, seolah-olah itu adalah sahabatmu. Katakana hal positif seperti “Wah, kamu terlihat menakjubkan.” Ini benar-benar berhasil membangun kecantikan alami.

  • Hilangkan hal negatif

Jika kamu terus-menerus memiliki pikiran negatif tentang tubuh kamu, saraf tubuh akan menyerapnya menjadi lebih kuat, dan pikiran itu menjadi otomatis dan menjadi kebiasaan. Ubah kebiasaan itu dengan berpikir positif, hal ini tidak hanya membuat kamu merasa lebih percaya diri secara emosional, tetapi juga mengubah cara kamu dipersepsikan oleh orang-orang.

  • Percaya diri dan angkat kepalamu!

Perbaiki postur, angkat kepala, dan tatap mata orang-orang di sekitar dengan penuh percaya diri. Meskipun kamu tidak terlalu percaya diri, bersikap seolah-olah percaya diri akan membuat dirimu melawan ketakutan dan pikiran negatif, sehingga kepercayaan diri benar-benar muncul dari dalam dirimu.

  • Kembangkan minat dan bakatmu

Coba pikirkan kembali apa yang membuat kamu bahagia saat melakukan sesuatu? Apakah belajar mata pelajaran tertentu, belajar musik, masak, menggambar? Apapun itu, lakukanlah! Kamu akan terlihat lebih cantik alami saat menguasai sesuatu yang benar-benar disukai.

Terkadang beberapa orang menganggap bahwa cantik alami dari dalam menjadi pertanda bahwa seseorang tidak cantik secara fisik. Anggapan ini tentu tidak benar, pemikiran sempit seperti ini hanya akan merusak batin dan meredupkan kecantikan kamu.

Share artikel ini
Reference