Setiap pasangan tentu ingin memiliki hubungan yang langgeng dan senantiasa awet bukan? Banyak kunci hubungan langgeng yang bisa dilakukan berdua dengan pasangan agar tetap saling mendukung dalam hubungan, terlebih jika kamu dan pasangan saat ini menjadi long distance relationship atau LDR (hubungan jarak jauh).

Banyak kesalahpahaman dapat terjadi saat pasangan melakukan hubungan jarak jauh. Lalu apa yang menjadi kunci hubungan LDR langgeng? Yuk kulik di sini.

Kunci hubungan langgeng

Setiap pasangan yang menjalin hubungan tentu akan melewati berbagai masalah yang bisa merenggangkan hubungan. Pasangan LDR yang jarang bertemu biasanya bermasalah dalam komunikasi dan juga salah paham. Pasangan yang terus menerus bertemu saja bisa menimbulkan masalah,a apalagi yang jarang bertemu ya?

Hubungan yang langgeng bisa dibangun dengan kepercayaan, komunikasi, keintiman, kompromi dan komitmen. Tentunya semua itu tidak bisa didapat dalam waktu yang singkat saja.

Kunci hubungan langgeng untuk pasangan LDR adalah tetap percaya satu sama lain. Kepercayaan terhadap pasangan juga perlu dibangun dengan kuat dan punya berbagai cara. Bagaimana caranya?

10 Cara Meningkatkan Kualitas Hubungan Suami Istri dalam Pernikahan, Yuk Catat!

Tips hubungan langgeng saat LDR

virtual date

Kunci hubungan langgeng untuk pasangan saat LDR tentunya harus datang dari kedua belah pihak. Tidak bisa salah satunya saja, lho. Berikut tips dalam merawat hubungan meskipun kamu dan pasangan tengah LDR:

1. Rutin komunikasi

Bagi kamu pasangan yang sudah menikah atau belum, lakukanlah komunikasi rutin dengan pasangan. Jangan biarkan pasangan menunggu tanpa kejelasan karena kamu tiba-tiba menghilang. Ucapkan sapaan dan dukung satu sama lain agar hubungan menjadi lebih lancar. Sering bertukar kabar dan cerita akan membuat pasanganmu Bahagia.

2. Komunikasi dengan wajar

Komunikasi merupakan media yang penting untuk semua pasangan, terlebih saat hubungan jarak jauh sedang kamu hadapi. Namun kamu dan pasangan juga tetap harus punya waktu untuk sendiri sehingga berkomunikasilah dengan wajar. Tidak perlu terlalu posesif dan mengatur waktu pasangan secara berlebihan.

14 Cara Memanjakan Pacar, Walau LDR Tetap Romantis!

3. Saling berkunjung

Hubungan akan lebih hangat jika kamu memberikan waktu kepada pasangan. Atur jadwal secara berkala untuk saling berkunjung dan menikmati waktu berdua. Jika pasangan di luar kota, maka ini bisa jadi kesempatan yang bagus untuk mengunjungi tempat baru bersama pasangan, bukan?

4. Nikmati me time

Meskipun kamu tengah berada dalam suatu hubungan, namun bukan berarti kamu tidak punya waktu untuk diri sendiri. Nikmati waktu sendiri dengan membaca buku, makan di restoran enak, menonton film dan sebagainya. Kamu juga bisa melakukannya bersama teman atau keluarga.

5. Berpikir positif

Energi positif akan memberikan kekuatan dalam hubungan jarak jauh bersama pasangan. Jika kamu sering berpikir negatif, maka hubungan dapat mudah retak dan pasangan mungkin akan berpikir hal yang sama.

Ternyata Take and Give Penting Untuk Bangun Hubungan Yang Sehat

6. Ketahui jadwal pasangan

Ketahui jadwal dan kesibukan masing-masing untuk meminimalisir rasa khawatir. Katakan di awal waktu jika kamu punya kesibukan tertentu sehingga pasangan juga tidak akan terus menerus menghubungi. Ketahui juga jadwal pasangan agar kamu bisa memberikan semangat dan dukungan ya!

7. Jadila sahabat 

Menjadi sahabat pasangan berarti dapat menerima dan mendengarkan keluh kesahnya. Terkadang ada hal yang tidak sesuai dengan harapan dan menjadikan kecewa, maka jadilah sahabat dna pendengar yang baik untuk pasangan. Kelak pasangan juga akan melakukan hal serupa.

8. Melatih komunikasi lebih mumpuni

Sering mencari topik dan obrolan menarik agar kamu dan pasangan tidak cepat bosan. Latih kemampuan komunikasi agar lebih baik dan hal ini akan memberikan dampak positif dalam hubungan.

9. Hati-hati dalam berkata

Salah paham biasanya berawal dari kata-kata yang saling diucapkan. Lebih hati-hati dan saring kata-kata agar tidak menyakiti atau menyinggung pasangan. Kamu juga dapat memberikan pengertian jika ada hal yang tidak kamu inginkan dalam suatu hubungan agar dapat saling mengerti kondisi dan keadaan masing-masing.

10. Hindari situasi tegang

Jangan biarkan ada api tersulut karena hal sepele. Di saat hubungan jarak jauh dijalani, biasanya rasa curiga atau khawatir akan mudah terjadi. Kabari pasangan jika kamu sedang sibuk sehingga tidak dapat mengabari, atau katakan segera jika ada hal yang kamu rasakan berbeda.

6 Tanda Hubungan Relationship Goals, Ini Cara Wujudkannya!

Hal yang harus dihindari dalam hubungan

hubungan yang sehat

Kunci hubungan langgeng baik Ketika LDR atau bukan bisa dibangun oleh kedua belah pihak. Selain itu ada beberapa hal yang perlu dihindari agar hubungan tetap langgeng dan awet, yaitu:

Saling mempunyai rahasia. Semua orang tentu memiliki rahasianya sendiri, namun jika itu menyangkut hubungan, kamu perlu memberitahukan dengan pasangan. Segala rahasia yang hanya dipendam sendiri hanya akan menjadi bom waktu yang dapat meledak kapan saja.

Tidak menjaga komunikasi. Komunikasi dalam suatu hubungan sangat penting, jika kedua tidak dapat mengerti pentingnya komunikasi, maka hubungan akan mudah retak. Rekatkan perasaan satu sama lain dengan sering berkomunikasi untuk menumpas rasa takut, was-was, curiga dan tuduhan tanpa bukti.

Merasa paling benar. Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, minta maaf dan berikan maaf jika kamu atau pasangan melakukan kesalahan dan mencoba memperbaiki diri. Hormati keputusan orang lain dan diskusikan jika ada hal yang mengganjal bersama dengan pasangan.

Kunci hubungan langgeng, terutama untuk LDR adalah rasa saling percaya, dan percaya tidak bisa didapat hanya dengan satu atau dua hari saja. Jalani komitmen yang telah dibuat dan berusahalah agar hubungan tetap awet dan langgeng bersama pasangan.

Share artikel ini
Reference