Cara meningkatkan kuliatas hubungan suami istri

Pernikahan merupakan salah satu hubungan jangka panjang yang perlu selalu dirawat supaya tetap memiliki kualitas yang baik. Dalam perjalanan pernikahan pun pasti akan menemukan beberapa rintangan yang bisa memicu perselisihan. Meskipun begitu, kamu tentu ingin bisa melewatinya dan tetap bersama hingga akhir hayat.

Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Sehingga perjalanan rumah tangga kamu bisa tetap langgeng dan harmonis. Yuk, coba kulik bagaimana cara meningkatan hubungan dalam pernikahan.

Kualitas hubungan suami istri

Semua hubungan romantik tentu pernah mengalami pasang surut. Baik hubungan dalam pernikahan atau pacaran pun terkadang naik turun seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, semua hubungan membutuhkan kerja keras, komitmen, dan kemauan untuk saling beradaptasi.

Nah, bagaimana caranya tetap terhubung, menemukan kepuasan, dan kualitas dalam hubungan itu harus dicapai bersama dan diusahakan setiap saat. Kira-kira apa yang membuat hubungan dalam pernikahan menjadi berkualitas dan sehat?

Yuk ketahui cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri dengan menjalani kehidupan pernikahan yang sehat melalui ulasan dibawah ini.

Manfaat hubungan suami istri yang sehat

Apa pentingnya membuat hubungan pernikahan menjadi jauh lebih sehat? Hubungan yang sehat menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri. Hal ini tentu sangat berkaitan karena mengetahui prinsip dasar hubungan sehat dapat membantu kamu dan pasangan memperoleh beberapa hal seperti di bawah ini:

Hubungan menjadi lebih bermakna

Pernikahan yang sehat akan membuat hubungan menjadi jauh lebih bermakna. Apapun yang kamu dan pasangan lakukan bertujuan baik dan meningkatkan kualitas pernikahan.

Hubungan menjadi lebih memuaskan

Setiap pasangan tentu ingin menjadi hal yang lebih baik setiap harinya. Dengan hubungan yang sehat, maka kamu dan pasangan hanya akan fokus pada pernikahan dan bagaimana caranya terus meningkatkan kualitas hubungan bersama.

Memiliki tujuan bersama

Dengan memiliki hubungan yang sehat bersama pasangan, segala tujuan yang menjadi keinginan bersama dapat diupayakan dan dihadapi sekalipun menghadapi kegagalan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan hubungan kualitas hubungan pernikahan?

Cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri

Kualitas hubungan suami istri adalah kemitraan jangka panjang yang tumbuh dari penerimaan, empati, dan komitmen. Yuk ketahui cara meningkatkan hubungan dalam pernikahan seperti dibawah ini:

Habiskan waktu berkualitas dengan pasangan

Habiskan waktu dengan pasangan untuk menciptakan lebih banyak kenangan. Dengan memiliki waktu yang berkualitas bersama pasangan, kamu dan pasangan akan saling mengenal satu sama lain.

Berbicara satu sama lain

Bicarakan apapun hal yang mengganjal bersama pasangan. Terkadang masalah menjadi lebih besar karena adanya campur tangan orang lain. Bicarakan dan cari solusi bersama dengan pasangan.

Sesuaikan ekspektasi

Menyesuaikan harapan dan kenyataan memang tidak mudah, namun ini menjadi kunci kualitas hubungan dengan sikap penerimaan satu sama lain. Kamu tidak akan terus berada dalam pernikahan yang baik-baik saja sehingga penerimaan dan terus belajar bisa menjadi hal yang kamu dan pasangan lakukan.

Jangan ragu katakan ‘aku mencintaimu’ atau ‘terima kasih’

Hubungan pernikahan yang berkualitas bisa dimulai dengan sering mengucapkan ‘aku mencintaimu’ tanpa ragu, atau berterima kasih terhadap apapun yang pasangan lakukan untuk kamu. Ini menjadi salah satu cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri yang mudah kamu lakukan bersama pasangan.

Hadir secara penuh untuk pasangan

Jika kamu memiliki kesempatan untuk bersama dengan pasangan, hadirlah dengan penuh, jauhkan gawai dan berbicara satu dengan yang lain.

Jadwalkan aktivitas romantis bersama

Tidak ada salahnya sesekali menjadwalkan kegiatan bersama untuk memancing kembali kehangatan seperti makan malam romantis berdua, liburan atau quality time bersama pasangan.

Sering memeluk dan mencium pasangan

Kontak fisik seperti mencium atau memeluk pasangan akan menghubungkan sisi emosional suami dan istri. Adanya koneksi fisik ini akan membuat tubuh juga merespon dengan melepas zat kimia atau oksitosin sehingga memiliki efek menyehatkan.

Ajukan pertanyaan provokatif

Tidak bermaksud mencari masalah atau gara-gara dengan pasangan, namun pertanyaan provokatif terkadang membuka diskusi yang lebih banyak dan kamu dapat mengetahui lebih dalam apa yang pasangan pikirkan dan gagasannya terhadap suatu hal.

Dengarkan pasangan

Pasangan yang saling mendengarkan satu sama lain memiliki kualitas hubungan lebih baik. Dalam beberapa hal, mendengarkan dapat menyelesaikan lebih banyak masalah daripada saling berdebat tanpa ada ujungnya. Mendengarkan satu sama lain dapat menjadi cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri untuk saling mengerti pernikahan.

Tingkatkan kuantitas dan kualitas hubungan intim

Hubungan intim antar pasangan dapat meningkatkan kualitas hubungan. Jika kamu dan pasangan sibuk dengan pekerjaan masing-masing, lakukan kegiatan intim lebih sering agar koneksi secara fisik dapat meningkatkan kualitas hubungan.

Menjaga kualitas menjadi tugas berdua sehingga pernikahan berjalan lebih lancar serta sesuai dengan harapan. Penting melakukan beberapa tips untuk hubungan berkualitas antara suami dan istri dalam pernikahan.

Tips menjaga hubungan suami istri tetap berkualitas

Ada beberapa tips dan cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri agar tetap romantic meskipun rumah tangga telah dijalani sekian lama:

Komunikasi adalah kunci!

Agar rumah tangga semakin berkualitas, ingatlah bahwa komunikasi adalah kunci untuk semua hal dalam pernikahan. Jangan segan berkomunikasi apapun kepada pasangan. Luangkan waktu setiap malam sebelum tidur untuk berdiskusi santai dengan pasangan tentang hari itu. Kamu akan menemukan hal baru setiap hari!

Yuk, hargai pasangan!

Tunjukkan penghargaan dan berterima kasih kepada pasangan bisa menjadi cara ampuh untuk terus harmonis dengan pasangan. Apresiasi apapun usaha pasangan dan sadari hal kecil yang begitu besar dampaknya untuk hubungan.

Tunjukkan kebaikan

Percayalah bahwa kebaikan akan menghasilkan kebaikan yang lain. Saling mendukung dan membantu pasangan dalam suka duka pernikahan dapat meningkatkan kualitas hubungan.

Pernikahan yang telah sekian lama dijalani bisa menjadi hambar dan mengubah sikap pasangan. Ketahui cara meningkatkan kualitas hubungan suami istri agar pernikahan tetap berjalan mengasyikkan dan berjalan lancar. Jika kamu mengalami kesulitan, kamu juga bisa menghubungi konseling pernikahan supaya mendapatkan pengarahan yang tepat.

Share artikel ini
Reference