buah maja

Buah maja adalah buah manis beraroma yang tumbuh di pohon maja (Aegle marmelos), asli India dan Asia Tenggara. Buah maja biasanya dimakan secara langsung, kering, atau dalam bentuk jus. Buahnya menyediakan vitamin seperti vitamin A dan vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan

Ekstrak buah, daun, dan biji maja dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu. Namun, produk buah maja mungkin berbahaya pada dosis yang lebih tinggi, terutama untuk orang tertentu.

Tidak ada cukup informasi yang dapat dipercaya untuk mengetahui apakah maja aman digunakan sebagai obat. Namun pastinya, mengonsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan sakit perut dan sembelit.

Kandungan buah maja

Studi awal menunjukkan bahwa buah maja adalah buah yang kaya serat dan rendah kalori yang menyediakan beberapa protein dan sangat sedikit lemak. Buah maja merupakan sumber riboflavin yang sangat baik dan juga menyediakan vitamin C, vitamin A, dan potasium.

Karbohidrat

Buah maja terutama terdiri dari karbohidrat, dengan sekitar 32 gram karbohidrat per 100 gram bagian buah yang dapat dimakan. Dalam jumlah yang sama, terkandung hampir 3 gram serat. Selain karbohidrat, berat buah maja terutama berasal dari air.

Kalori

Satu porsi 100 gram buah maja menyediakan sekitar 88 kalori.

Lemak

Ada sedikit lemak dalam buah maja, dengan kurang dari 1/2 gram per 100 gram porsi, yang kurang lebihh setara dengan 2/3 cangkir buah.

Protein

Buah maja rendah protein. Dalam satu porsi 100 gram, diperkirakan ada antara 1,6 dan 3,6 gram protein.

Vitamin dan mineral

Buah Maja adalah sumber riboflavin yang sangat baik, menyediakan 1,19mg mineral atau 91,5% dari nilai harian (DV) yang ditetapkan oleh Food and Drug Administration AS.

Buah ini juga menyediakan 8,7mg vitamin C (9,6% dari DV) dan sekitar 56 mcg vitamin A. selain itu, buah maja juga menyediakan beberapa kandungan seperti vitamin B dan kalium, kalsium, magnesium, dan zat besi.

10 manfaat buah maja

25 tips menjaga kesehatan jantung

Meski belum banyak yang diketahui dari buah yang satu ini, kita dapat tahu bahwa kandungan dasar seperti karbohidrat membantu tubuh memulihkan tenaga. Hal serupa juga berlaku untuk kandungan lainnya. Maka berikut ini penjelasan beberapa khasiat buah maja untuk kesehatan.

1. Baik untuk pencernaan

Maja adalah buah terbaik untuk semua masalah pencernaan yang memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur. Jusnya dapat mengontrol tukak lambung yang disebabkan karena ketidakseimbangan mukosa dan tingkat stres oksidatif di saluran lambung. Serta, memiliki sifat pencahar yang mencegah sembelit.

2. Bertindak sebagai pembersih darah

Maja merupakan pembersih darah karena kaya akan mineral yang membantu membuang semua racun dari tubuh. Maja adalah agen detoksifikasi alami dan dengan demikian, mencegah disfungsi ginjal dan hati.

3. Dapat mengurangi risiko kanker

Ekstrak dari buah maja mengandung antioksidan dengan kemampuan mengais radikal bebas. Radikal bebas tersebut mungkin bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Studi menunjukkan bahwa konsumsi jus ini secara teratur mencegah atau menyembuhkan kanker payudara.

4. Membantu mengatasi diare dan kolera yang disebabkan oleh bakteri

Buah maja memiliki sifat anti-bakteri dan anti-parasit yang membantu mengurangi diare. Tanin dalam maja membantu dalam memerangi infeksi yang disebut shigellosis yang menyebabkan diare dan kolera.

Anak kecil, pelancong, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah sangat rentan terhadap infeksi Shigella (bakteri yang memiliki hubungan dekat denga E. Colli). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi maja matang dapat mengendalikan kolera dan diare.

5. Membantu mengendalikan diabetes

Kulit dan cabang maja kaya dengan senyawa-permen karet Feronia yang mengurangi kadar glukosa darah yang meningkat. Maja merangsang pankreas dan membantu mereka memproduksi insulin yang mengontrol kadar gula dalam darah.

6. Mengurangi kolesterol

Jus maja membantu dalam pengendalian kolesterol dan juga mengurangi kadar kolesterol darah. Ini adalah buah pelindung jantung yang kaya akan antioksidan yang mengurangi risiko penyakit jantung.

7. Mencegah infeksi kulit

Karena adanya sifat anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-inflamasi, maja menjadi obat yang sangat baik untuk infeksi kulit. Minyak daun maja menghambat jenis jamur umum yang menginfeksi kulit. Ini juga dapat bermanfaat untuk ruam kulit dan benjolan gatal.

8. Membantu penyembuhan dalam penyakit kudis

Maja kaya akan vitamin C dan antioksidan yang membantu mengendalikan gejala penyakit kudis. Penyakit kudis dapat menyebabkan kekurangan vitamin C dalam tubuh yang mengakibatkan sakit lengan dan kaki serta kelemahan. Jus maja adalah sumber vitamin yang baik dan menyembuhkan penyakit ini.

9. Merangsang produksi ASI pada ibu menyusui

Konsumsi maja setiap hari dapat merangsang produksi prolaktin dan kortikosteroid, yang menginduksi tindakan galactagogue dan dengan demikian membantu dalam meningkatkan laktasi dan kualitas ASI. Untuk hasil yang baik, minum jus maja dengan bubuk jahe kering dan gula merah oleh ibu bayi.

10. Penambah kekebalan tubuh

Jus maja kaya akan vitamin C dan antioksidan yang meningkatkan kekebalan. Minum jus maja selama musim hujan akan membantu mencegah infeksi akibat bakteri dan virus.

Share artikel ini
Reference