kalori 1 buah apel

Mengonsumsi apel secara rutin ternyata dipercaya memiliki efek yang baik untuk kesehatan lho. Apalagi jika kamu sedang menjalani diet. Apel juga memiliki rasa yang manis dan bisa dikonsumsi sebagai jus, smoothies, pie, dan sebagainya.

Popularitas apel yang besar serta kalori 1 buah apel yang rendah ini mungkin membuatmu bertanya-tanya tentang apa saja kandungan dalam buah apel dan apakah benar apel cocok untuk diet? Yuk, simak penjelasan berikut inI!

Kandungan dan kalori 1 buah apel

Buah apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang banyak disukai karena rasanya yang segar dan manis. Buah ini tinggi serat, vitamin C dan berbagai antioksidan. Bukan hanya itu, kalori 1 buah apel juga sangat rendah. Karena itu banyak orang yang memilih mengkonsumsi apel sebagai cemilan saat diet.

Kalori 1 buah apel dengan berat 100 gram hanya sekitar 52 kalori yang mengandung:

  • 86% air
  • 0,3 gram protein
  • 13,8 gram karbohidrat
  • 10,4 gram gula
  • 2,4 gram serat
  • 0,2 gram lemak

Dalam satu buah apel, berikut ini beberapa kandungan berkhasiat dari apel yang bermanfaat untuk tubuh.

Karbohidrat dalam apel

Apel mengandung karbohidrat dan air dengan kadar yang cukup tinggi. Buah ini kaya akan monosakarida seperti fruktosa, sukrosa, dan glukosa. Meskipun kandungan gula dan karbohidratnya tinggi, apel memiliki indeks glikemik yang rendah, yakni mulai dari 2944.

Serat

Selain mengandung karbohidrat yang diperlukan sebagai sumber energi, apel juga mengandung serat yang tinggi. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain karena kalori 1 buah apel rendah, tingginya kandungan serat membuat pencernaan lancar dan kamu lebih mudah menurunkan berat badan.

Vitamin dan mineral

Apel mengandung banyak vitamin dan mineral serta merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Vitamin C, juga dikenal sebagai asam askorbat dan juga merupakan antioksidan yang umumnya ditemukan dalam dalam buah-buahan. Ini adalah nutrisi makanan penting yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Kalium

Kalium merupakan mineral yang sangat penting yang terkandung di dalam apel. Kandungan ini dapat membantu kesehatan jantung jika dikonsumsi secara rutin.

Buah apel untuk diet

Karena kalori 1 buah apel sangat rendah namun asupan nutrisinya sangat banyak, buah apel untuk diet memang disarankan. Ada beberapa pilihan jenis buah apel untuk diet yang bisa kamu pertimbangkan, seperti:

1. Apel Granny Smith

Apel Granny Smith adalah apel hijau yang bergizi. Jika dikonsumsi dengan kulitnya, kamu akan mendapatkan nutrisi berupa serat alami, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kandungan seratnya yang tinggi juga membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Apel Gala

Apel Gala merupakan jenis apel yang sangat populer di Indonesia. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang rutin makan apel gala cenderung tidak mengalami obesitas. Ini karena apel gala bersifat tinggi serat, rendah kalori, serta mengandung polifenol yang dapat membantu mengurangi berat badan dan mencegah penyakit kardiovaskular yang disebabkan oleh penumpukan.

3. Fuji

Apel Fuji biasanya memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan air yang cukup tinggi serta tekstur yang renyah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa Apel Fuji memiliki kandungan polifenol yang lebih tinggi dibanding berbagai jenis apel lainnya.

4. Golden Delicious

Seperti namanya jenis apel yang satu ini tidak memiliki warna merah atau hijau seperti jenis apel lain pada umumnya. Warnanya kuning. Ini dikarenakan Golden Delicious mengandung karotenoid, pigmen yang memberi warna kuning dan oranye pada buah dan sayuran. Seperti polifenol, karotenoid adalah kelompok antioksidan yang baik bagi kekebalan tubuh. Selain itu, karotenoid juga bermanfaat bagi kesehatan mata dan jantung serta meningkatkan fungsi otak.

Tips mengonsumsi buah apel yang baik

Untuk mendapatkan kandungan nutrisinya secara maksimal, ada beberapa tips mengonsumsi buah apel yang baik seperti berikut:

  • Memilih jenis buah apel sesuai dengan kebutuhan
  • Cuci kulit buah apel dengan bersih
  • Makan apel secara langsung tanpa dikupas atau dengan dikupas
    Jika ingin memotong menjadi bagian kecil, hilangkan bagian biji apel
  • Simpan apel dengan benar di dalam kulkas

Nah, sekarang kamu sudah tahu kalori dalam 1 buah apel, kandungannya, hingga berbagai manfaat yang diberikan. Yuk, konsumsi apel karena manfaat apel bagi kesehatan tubuhmu sangat melimpah, lho!

 

Share artikel ini
Reference