berapa kalori teh tawar

Teh tawar adalah minuman yang sangat populer dan mudah ditemukan di banyak tempat. Kandungan kalori teh tawar yang sangat rendah membuat minuman ini dianggap sebagai pilihan yang baik untuk menjaga berat badan dan kesehatan.

Bukan hanya itu, teh tawar juga memiliki antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas yang merugikan dan membantu mencegah penuaan dini.

Teh tawar juga membantu memperkuat sistem imun dan membantu menjaga kesehatan jantung. Untuk lebih detailnya, yuk simak selengkapnya berikut ini! 

Berapa Kalori Teh Tawar? 

Nah, jika kamu sedang menjalani diet dan membatasi asupan kalori, minum teh tawar adalah pilihan yang baik. Menurut Fatsecret Indonesia, dalam segelas teh tawar (cangkir ukuran 240 mililiter) hanya mengandung sekitar 2 kalori.

Namun, jika kamu menambahkan gula atau susu, maka kalori teh ini  akan bertambah. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk minum teh tawar tanpa tambahan gula atau susu untuk memperoleh manfaat maksimal bagi kesehatan.

Manfaat minum teh tawar

Di negara-negara seperti Jepang, Cina, dan Korea Selatan, orang-orang biasanya minum teh tawar. Diet rendah gula ini membuat orang-orang di negara-negara tersebut memiliki risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes yang lebih rendah daripada orang-orang di negara lain. Lebih jelasnya, berikut adalah beberapa manfaat minum teh tawar.

1. Membantu penurunan berat badan  

Teh tawar mengandung flavonoid yang disebut EGCG (epigallocatechin gallate) atau katekin, yang membantu meningkatkan metabolisme dan mempercepat pemecahan lemak dalam tubuh. Kafein dalam teh juga meningkatkan energi, memungkinkan tubuhmu membakar lebih banyak kalori.

2. Pemeliharaan kesehatan mulut

Manfaat teh tanpa pemanis untuk kesehatan mulut adalah mengurangi plak. Minum teh murni dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

3. Membantumu terhindar dari risiko stroke

Sebuah studi yang dipublikasikan di European Journal of Preventive Cardiology menunjukkan bahwa konsumsi rutin teh tawar dapat membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, termasuk stroke, hingga sebesar 21%. Minum teh tawar secara rutin juga dapat meningkatkan kinerja dan kesehatan jantung.

4. Meningkatkan konsentrasi

Kandungan kafein dan Epigallocatechin Gallate (EGCG) juga dapat membantumu tetap fokus melakukan berbagai aktivitas.

Kafein juga membantu meningkatkan koneksi otak yang meningkatkan konsentrasi. Tingkat L-theanine yang terkandung di dalamnya memiliki efek menenangkan yang meningkatkan kemampuan belajar.

5. Mengendalikan gula darah

EGCG membantu melindungi sel pankreas dari peradangan dan radikal bebas. Pankreas adalah organ yang mengeluarkan hormon insulin yang mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, EGCG membantu meningkatkan kadar insulin dalam darah. Senyawa asam galat yang ditemukan dalam teh juga membantu menyerap gula dari darah ke dalam otot.

6. Meningkatkan imun

Minum teh tawar juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat anti radang pada teh tawar dapat meningkatkan dan memperkuat fungsi sel, sehingga membuatmu tidak mudah sakit.

Mengonsumsi minum ini secara teratur memperkuat sistem metabolisme, membuat tubuh lebih kuat, dan membantu menghindari bahaya berbagai penyakit. 

7. Mengontrol kadar kolesterol 

Teh tawar juga memiliki efek penurun kolesterol yang baik untuk kesehatan manusia. Konsumsi rutin teh tawar dapat mengurangi kolesterol jahat secara signifikan dan mencegah penyakit jantung dan stroke. Jadi jangan khawatir meminumnya secara teratur karena kalori teh tawar juga rendah!

9 Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan, Ini Cara Mengonsumsinya!

Teh tawar vs teh manis, mana yang lebih sehat?

manfaat minum teh

Secara umum, teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia, termasuk Indonesia. Teh manis disukai oleh banyak kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Namun, minum teh tawar jauh lebih sehat dibandingkan dengan gula. Secangkir teh tawar hanya memiliki 2 kalori, tetapi dengan gula bisa mencapai 55 kalori. Jadi, teh manis justru bisa membuat berat badan bertambah.

Demikianlah penjelasan mengenai kalori teh tawar yang sangat rendah. Selain kalorinya yang rendah, ternyata teh tawar juga jauh lebih baik dan mendatangkan banyak manfaat kesehatan dan kebugaran.


Penulis: Hutri Cika Agustina Berutu

Share artikel ini
Reference