kalori bubur sumsum

Bubur sumsum sering menjadi penutup makan malam atau camilan manis di hari-hari special. Bubur sumsum mudah dibuat dengan resep rumahan dengan bahan-bahan yang juga mudah dijumpai di rumah.

Namun jangan salah, dalam semangkoknya, kalori bubur sumsum termasuk besar sehingga perlu kiat khusus dalam mengolah dan mengonsumsinya.

Ada beberapa variasi bubur sumsum yang bisa kamu coba untuk menurunkan kalori sehingga tetap aman untuk disantap kapan saja. Yuk ikuti informasi selengkapnya di ulasan berikut ini.

Kandungan nutrisi bubur sumsum

Bubur sumsum memang dikenal memiliki rasa manis yang berasal dari gula jawa. Perpaduan bubur lembut gurih dan hangat dengan manisnya toping gula menjadikan bubur sumsum disukai siapa saja. Bubur sumsum juga disukai anak-anak karena teksturnya yang sangat lembut dan mudah dicerna.

Melansir dari Fatsecret, informasi gizi dari 1 mangkok bubur sumsum antara lain:

  • Lemak 8,57gr
  • Karbohidrat 81,1gr
  • Protein 4,73gr

Dari data di atas, ternyata bubur sumsum memiliki kandungan karbohidrat yang cukup besar. Sehingga perlu dikonsumsi sewajarnya saja, apalagi bagi kamu yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

Menyantap bubur sumsum dalam porsi besar tentu akan menggagalkan diet kamu. Kamu bisa menyantap bubur sumsum hanya dengan 100 gramnya saja dan berisikan 174 kkal kalori yang masih tergolong wajar.

Baca juga kalori bubur lainnya:

Kalori bubur sumsum

berapa kalori bubur sumsum

Kalori bubur sumsum termasuk tinggi, dalam 1 mangkoknya saja mempunyai 418 kkal sehingga tidak disarankan disantap terlalu banyak dan setiap hari.

Kalori yang besar didapatkan dari bahan-bahan pembuat bubur sumsum yang menggunakan tepung beras dna jenis bahan lain dengan kalori yang cukup tinggi.

Untuk membuat bubur sumsum yang rendah kalori memang cukup sulit. Namun, kamu tetap bisa membuatnya dengan memilih bahan-bahan yang rendah kalori dan tidak terlalu banyak santan.

Eits, di samping kalorinya yang cukup tinggi, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan saat mengonsumsi bubur sumsum. Berikut ulasannya.

Intip Cara Membuat Brownies dengan Kalori Rendah di Sini

Manfaat mengonsumsi bubur sumsum

Berikut ini beberapa manfaat kalori bubur sumsum yang baik untuk tubuh.

Mengenyangkan perut

Mengonsumsi bubur sumsum akan membantu perut lebih kenyang sehingga dapat mencegah makan secara berlebihan. Nutrisi dalam bubur sumsum juga hampir lengkap sehingga dapat menjadi alternatif camilan sehat.

Menghangatkan perut

Bubur sumsum dapat membuat perut menjadi lebih hangat dan siap mencerna makanan lain. Lambung akan terhindar dari iritasi, selain itu efek hangat dari bubur sumsum dapat membuat relaksasi.

Menghindari asam lambung

Bagi penderita asam lambung, bubur sumsum bisa dijadikan alternatif cemilan yang cocok dan aman agar asam lambung menjadi netral. Kandungan pati dalam bubur sumsum dapat menjadi penetral setelah lambung tidak terisi makan, khususnya setelah berpuasa.

Membantu menyerap sari makanan

Bahan-bahan yang terdapat dalam bubur sumsum seperti gula, tepung beras, air hingga santan dapat membantu energi tubuh menjadi segar dan kembali fit.

Usus akan semakin mudah untuk menyerap sari makan dan membantu tubuh mendapatkan energi dengan cepat.

Mengurangi makanan manis

Bubur sumsum mempunyai rasa yang manis dan sedikit gurih. Itulah sebabnya setelah menyantap bubur sumsum, tubuh akan menghindari makanan manis lain.

Sehingga kadar gula dapat dikontrol dengan serta berdampak pada berat badan yang stabil. Namun, konsumsilah kalori bubur sumsum dengan porsi wajar agar kalorinya tetap aman untuk masuk ke dalam tubuh.

Resep dan Informasi Kalori Bakpao yang Lezat dan Sehat

Resep bubur sumsum rendah kalori

resep bubur sumsum

Selain kandungan dan manfaatnya yang cukup besar, tak lengkap rasanya jika kamu belum mencoba membuat sendiri bubur sumsum di rumah. Yuk coba resep sederhana di bawah ini:

Bahan pembuat bubur:

  • Tepung beras rendah kalori, 150 gram
  • Santan, 700 mlm
  • ½ sdt garam
  • Daun pandan, 2 helai

Bahan kinca:

  • Gula jawa merah, 250 gram sisir kasar
  • Air, 250 ml
  • Daun pandan, 1 helai

Cara membuat:

  • Larutkan tepung beras rendah kalori yang dicampur dengan 250 ml santan. Pastikan tepung larut dan tidak ada butiran kasar.
  • Masak sisa santan, daun pandan dan garam dengan api sedang sampai mendidih.
  • Masukkan tepung beras dan santan yang sebelumnya sambil diaduk sedikit demi sedikit.
  • Aduk hingga kental dan bubur meletup pada permukaannya.
  • Setelah matang, sisihkan bubur yang sudah jadi.

Penyajian:

  • Sajikan bubur dengan taburan kinca gula merah

Bubur sumsum dapat dinikmati kapan saja, dengan rasanya yang manis dan hangat dapat membuat perut terasa nyaman dan kenyang dengan cepat.

Demikian informasi mengenai kalori bubur sumsum, manfaat, serta resep sehatnya. Kamu tetap bisa mengonsumsi bubur sumsum dengan porsi kalori sedikit ketika sedang diet, ya.

Share artikel ini
Reference