cara hilangkan cegukan

Cegukan sering menyebabkan kelelahan jika berlangsung dalam waktu yang lama. Cegukan terjadi karena udara masuk baik saat makan atau berbicara. Kondisi ini bisa menyerang orang dewasa, anak hingga bayi. 

Bagaimana cara menghilangkan cegukan tanpa minum yang efektif? Yuk coba teknik pernapasan dan titik sentuh di tubuhmu untuk menghentikan cegukan dengan segera! 

Penyebab cegukan

Cegukan terjadi karena terdapat kontraksi pada otot diafragma dengan tiba-tiba atau tanpa sengaja. Padahal otot yang memisahkan perut dan dada ini mempunyai peran penting dalam pernapasan manusia.

Otot ini akan turun saat mengambil napas dan naik saat menghembuskannya. Pada saat kontraksi otot terjadi, udara masuk ke paru-paru terlalu cepat dan katup saluran napas menutup menimbulkan suara ‘hik’.

Cegukan umumnya tidak membahayakan, namun dalam beberapa kasus cegukan yang lama menjadi gejala dari penyakit berat. Dalam banyak kasus, cegukan sementara dapat datang dan pergi dengan cepat, berikut faktornya:

  • Makan terlalu cepat atau banyak
  • Minum minuman berkarbonasi
  • Makanan pedas
  • Terlalu stress atau emosional atau semangat meledak
  • Minum alkohol
  • Perubahan suhu tiba-tiba
  • Menghisap permen/menelan udara saat makan/mengunyah

Dalam beberapa kasus, ada cegukan yang berlangsung lebih dari 2 dari. Hal ini dipicu beberapa hal berikut ini:

  • Gangguan metabolic seperti diabetes, gangguan elektrolit, kecanduan alkohol
  • Gangguan saraf seperti kista atau tumor leher, radang saluran napas
  • Gangguan sistem pencernaan seperti nyeri tukak lambung, radang usus, penyumbatan usus, hepatitis, kanker lambung, tukak lambung, gastritis dan sebagainya.
  • Gangguan pada otak seperti radang/infeksi otak, stroke hemoragik, tumor otak, hidrosefalus dan sebagainya.
  • Gangguan rongga dada seperti bronchitis, cedera pada dada, pneumonia, tuberculosis
  • Gangguan mental seperti stres, cemas, gangguan kepribadian
  • Adanya riwayat operasi pada perut dan dada

Penggunaan obat tertentu juga dapat menyebabkan cegukan dalam waktu yang lama seperti obat bius, obat kemoterapi, steroid, obat penenang dan sebagainya. Lalu bagaimana cara menghilangkan cegukan?

Cara menghilangkan cegukan tanpa minum

cara menghilangkan cegukan tanpa minum

Beberapa cara menghilangkan cegukan ini dimaksudkan untuk menghilangkan serangan cegukan yang ringan atau berlangsung cepat.

Jika ternyata cegukan tidak berhenti hingga lebih dari 48 jam, segera periksa dan bawa ke dokter untuk memastikan penyebab utama dan bagaimana perawatan terbaiknya. 

Teknik pernapasan dan mengatur postur terkadang menjadi cara sederhana untuk mengendurkan diafragma sehingga menghentikan cegukan dengan segera. Berikut tips menghilangkan cegukan tanpa minum:

  1. Latihan pernapasan. Cobalah untuk mengatur pernapasan yang lambat dan terukur. Cara ini digunakan untuk mengganggu sistem pernapasan dan menghentikan cegukan. Trik napas selama 5 hitungan dan keluarkan dalam 5 hitungan.
  2. Tahan napas. Tarik napas dalam-dalam, tahan selama 10-20 detik dan hembuskan. Ulangi seperlunya
  3. Bernapas dalam, kantong kertas. Tempatkan kantong kertas dan bernapaslah di dalam kantong agar kantong mengembang dan mengempis. Jangan gunakan kantong plastic.
  4. Peluk lutut. Duduk di tempat yang nyaman, peluk lutut sampai dada, tahan hingga 2 menit.
  5. Menekan dada. Tekan dada dengan cara bersandar atau membungkuk ke depan untuk menekan dada.
  6. Manuver valsava. Gunakan cara menular dengan menghembuskan napas sambil menutup mulut dan menutup cuping hidung.

Selain teknik napas, menghilangkan cegukan dapat dengan cara menekan titik tekanan pada area tubuh yang sensitif terhadap tekanan agar dapat mengendurkan diafragma dan merangsang saraf vagus. Caranya:

  1. Tarik lidah. Menarik lidah dan merangsang otot di tenggorokan. Pegang ujung lidah tarik perlahan ke depan 1-2 kali.
  2. Tekan diafragma. Diafragma memisahkan perut dari paru-paru. Gunakan tekanan pada area di bawa ujung tulang dada untuk membantu menghentikan cegukan.
  3. Remas telapak tangan. Gunakan ibu jari untuk menekan telapak tangan lainnya.
  4. Pijat arteri karotis. Arteri karotis berada di kedua sisi leher. Bagian ini terasa saat kamu merasakan denyut nadi di leher. Berbaring, putar kepala ke kiri, pijat arteri kanan dengan gerakan melingkar 5-10 detik.

Beberapa cara penanganan tanpa minum lainnya yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Gosok bagian belakang leher. Gosong leher bagian belakang untuk merangsang saraf frenikus sehingga meringankan cegukan.
  2. Mengalihkan perhatian. Cobalah untuk berhenti fokus pada cegukan dengan mengalihkan perhatian pada sesuatu yang menarik seperti menonton atau main video games dan hal menarik lainnya.

Adakah cara khusus menghentikan cegukan pada bayi?

Cara menghilangkan cegukan pada bayi 

cara menghilangkan cegukan pada bayi

Bayi dapat mengalami cegukan seperti anak-anak, remaja dan orang dewasa lainnya. Bayi dalam kandungan juga diketahui dapat mengalami cegukan.

Bayi dibawah 12 bulan dapat mengalami cegukan dan hal itu bukan suatu yang membahayakan. Meskipun begitu, bayi tentu akan merasa tidak nyaman sehingga perlu cara menghilangkan cegukan pada bayi.

Berikut cara atasi cegukan pada bayi:

  1. Cobalah untuk mengganti posisi menyusui sehingga udara tidak ikut masuk bersama dengan asi ke dalam mulut bayi. Jika masih terjadi, hentikan menyusui agar bayi tidak tersedak.
  2. Memastikan posisi menyusui sudah benar. Posisi yang benar yaitu puting dan areola masuk ke mulut bayi dan perut bayi berhadapan dengan perut ibu. Cara ini dapat mencegah udara ikut tertelan dan menyebabkan cegukan pada bayi.
  3. Peluk bayi agar merasa hangat dan nyaman agar bayi berhenti cegukan dan kembali normal.
  4. Tepuk punggung bayi secara perlahan. Caranya dengan mengegndong bayi dengan posisi seperti berdiri, letakkan kepalanya pada pundah dan tepuk punggungnya hingga dia bersendawa.
  5. Pakai dot agar membantu mengendurkan diafragma dan menghentikan serangan cegukan pada bayi.

Kapan Perlu ke Dokter?

Cegukan yang berlangsung lama tentu akan membuat penderitanya kelelahan dan membutuhkan perawatan. Cegukan yang disertai dengan beberapa tanda atau gejala berikut ini dianjurkan untuk segera dibawa ke rumah sakit agar segera dilakukan tindakan, gejala cegukan lain yaitu:

  • Mati rasa
  • Sakit perut
  • Sesak napas
  • Batuk darah
  • Hilang keseimbangan
  • Kelelahan
  • Muntah
  • Demam

Tidak hanya orang dewasa saja, lho. Bayi juga dapat mengalami cegukan yang menjadi bagian dari proses perkembangan bayi itu sendiri. Adakah cara menghilangkan cegukan dengan cepat?

Tidak ada cara khusus yang langsung dapat menghentikan cegukan, namun kamu dapat menggunakan cara menghilangkan cegukan dengan teknik napas dan titik sentuh tubuh sebagai salah satu usaha menghentikannya.

Jika masih berlangsung dalam waktu yang lama, jangan segan untuk segera ke dokter dan mengetahui penyebab pastinya.

Share artikel ini
Reference