minum jamu untuk mengecilkan perut setelah mehirkan caesar

Minum jamu setelah melahirkan dipercaya memiliki banyak manfaat. Salah satu manfaat jamu dapat membantu adalah mengecilkan perut setelah melahirkan caesar dan normal, mempercepat proses penyembuhan luka, serta merangsang produksi ASI.

Tentu saja, minuman tradisional yang telah dikenal sejak lama dan populer di masyarakat ini dapat dikonsumsi setelah melahirkan, baik secara normal maupun setelah menjalani operasi caesar.

Jika kamu berpikir untuk mengecilkan perut setelah melahirkan secara caesar, kamu bisa coba 11 jamu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar berikut ini!

1. Jamu kunyit asam 

manfaat kunyit asam untuk rahim

Jamu kunyit asam adalah jenis jamu yang terkenal dan populer, terbuat dari kunyit dengan rasa yang segar dan asam. Jamu ini memiliki banyak manfaat yang penting bagi kesehatan, termasuk untuk mengurangi perut setelah melahirkan.

Selain bisa dibeli dari penjual jamu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah untuk keamanan dan kebersihan yang lebih terjamin. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menyiapkan 4 ruas kunyit, kemudian menghaluskannya dengan parutan.

Setelah itu, parutan kunyit diperas untuk mengambil sarinya dan direbus dengan asam jawa dan 4 gram gula jawa. Jamu kunyit asam siap diminum!

2. Rebusan kulit pisang 

jamu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar

Setelah memakan buah pisang, jangan langsung buang kulitnya! Ternyata manfaat kulit pisang juga bisa menjadi jamu untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar, lho.

Kulit pisang mengandung berbagai zat bermanfaat seperti potasium dan magnesium yang dapat membantu mengurangi perut yang buncit.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan merebus kulit pisang tersebut dan mengonsumsinya selagi hangat. Dengan mengadopsi cara ini, kamu bisa memanfaatkan potensi penuh buah pisang untuk mendukung program diet dan mendapatkan perut yang lebih rata. 

3. Jamu beras kencur 

Manfaat Jamu Beras Kencur untuk Kesehatan

Jamu beras kencur ini terbukti efektif jika dikonsumsi secara rutin. Kamu dapat membelinya dari penjual jamu atau mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Caranya adalah dengan mencampurkan satu genggam beras, kencur, gula pasir, asam, dan gula merah, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, seduh dengan air panas dan saring. Minumlah secara teratur untuk mencapai hasil perut yang lebih kencang.  

7 Rekomendasi Jamu Setelah Melahirkan Normal

4. Jamu bangle 

Jamu bangle merupakan pilihan yang efektif dalam mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesar. Ramuan yang satu ini telah terbukti memberi manfaat besar dalam menstimulasi produksi enzim lipase, yaitu enzim dalam sistem cerna yang berperan dalam melakukan sekresi terhadap hati.

Enzim ini akan membantu memecah lemak menjadi bentuk gliserol agar lebih  mudah diproses dalam pembakaran untuk membentuk energi. Kamu bisa mencoba membuat jamu bangle dengan menumbuk bangle sampai halus, mengambil sarinya, lalu mencampurkannya dengan madu.

5. Jamu kunyit kencur 

jamu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar

Jamu kunyit kencur dikenal sejak lama dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan dan melangsingkan perut. Kamu dapat dengan mudah membuatnya di rumah karena prosesnya yang sederhana.

Yang kamu perlukan hanyalah kunyit, kencur, temu lawak, temu giring, jeruk nipis, kayu manis, bunga cengkeh yang sudah kering, gula aren, dan adas. Rebus semua bahan tersebut dan saring setelah warnanya berubah.  Setelah itu,  kamu bisa mencampurnya dengan madu. Praktis kan? 

6. Ramuan jeruk nipis 

jamu jeruk nipis untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar

Bagi kamu yang baru saja menjalani operasi caesar, mungkin mengurangi perut buncit membutuhkan waktu. Namun, jika kamu ingin mendapatkan perut yang rata dan langsing kembali, kamu bisa mencoba mengkonsumsi ramuan jeruk nipis.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan memeras jeruk nipis dan mencampurnya dengan segelas air hangat. Ramuan ini bisa menjadi pilihan alami yang dapat membantumu dalam memulihkan perut setelah operasi caesar. 

7. Ramuan teh dan jeruk nipis

manfaat minum teh

Selain mengonsumsi perasan jeruk nipis saja, kamu juga bisa mengecilkan perut dengan jeruk nipis yang dicampur dengan teh. Cara ini sangat sederhana dan terbukti efektif dalam mengecilkan perut buncit.

Kamu hanya perlu menyiapkan teh hangat yang tidak diberi  pemanis, kemudian tambahkan perasan jeruk nipis. Minumlah ramuan ini selagi hangat dan lakukan secara rutin setiap harinya jika ingin mendapatkan perut yang rata kembali. 

Manfaat Dan Jenis Jamu setelah Melahirkan Yang Umum Dikonsumsi

8. Ramuan jati belanda 

Daun jati belanda bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari program diet kamu, terutama untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampur sekitar 20 helai daun jati belanda dengan 3 gelas air. Rebus campuran tersebut hingga air berubah warna, kemudian saring. Kamu bisa mengonsumsinya minimal 2 kali sehari untuk hasil yang optimal.

9. Ramuan daun mengkudu dan kemuning 

jamu untuk mengecilkan perut setelah melahirkan caesar

Ramuan selanjutnya terdiri dari daun mengkudu dan daun kemuning untuk membantu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar.

Ramuan ini tidak hanya membantu mengecilkan perut dengan cepat, tetapi juga memperbaiki kelancaran dan kesehatan produksi ASI untuk bayi. 

Cara membuatnya adalah dengan menyiapkan daun kemuning, daun mengkudu, dan temu giring, lalu merebusnya sekaligus. Setelah itu, saring ramuan tersebut dan konsumsilah setiap pagi sebelum kamu sarapan. 

10. Ramuan jahe 

manfaat jahe untuk promil

Jahe juga merupakan salah satu jenis jamu yang dapat membantu mengecilkan perut setelah melahirkan caesar. Salah satu caranya adalah dengan membuat wedang jahe.

Kamu dapat dengan mudah membuat wedang jahe sendiri di rumah. Selain memberikan efek mengecilkan perut, ramuan jahe juga dapat membantu mengurangi rasa kembung pada perut.

Namun, jika kamu merasa tidak nyaman setelah mengonsumsi ramuan jahe, sebaiknya konsumsilah dalam jumlah yang sedikit.

13 Tips Perawatan Setelah Melahirkan Normal dan Caesar

11. Ramuan kencur dan bonggol anak pisang 

Untuk membuat ramuan yang satu ini, kamu dapat menyiapkan bonggol anak pisang, kemudian memarut dan memeras sarinya. Setelah itu, campurkan dengan kencur, ketan hitam, dan garam yang sebelumnya telah ditumbuk halus.

Aduk dan seduh ramuan ini, kemudian saring. Ramuan ini sebaiknya dikonsumsi pada siang dan sore hari. Dengan menggunakan kombinasi kencur dan bonggol anak pisang, ramuan ini dapat memberikan manfaat dalam mengecilkan perut setelah melahirkan. Proses pembuatannya cukup sederhana dan bahan-bahannya pun mudah didapatkan. 

Itu tadi beberapa

Share artikel ini
Reference