Karakter anak pertama
Ibu & Anak

Kenali Karakter Anak Pertama dan Cara Membentuk Karakter yang Baik

Putri Aprillia | Januari 3, 2022
Share

atau sifat yang dimiliki seorang anak? Tentunya banyak yang percaya bahwa karakter anak pertama dan urutan kelahiran selanjutnya mengalami perbedaan yang dapat disadari oleh orang tua.

Faktanya, memang setiap anak yang lahir mempunyai sifat khusus dan berbeda antara satu anak dengan yang lain. Tidak hanya soal urutan kelahiran yang menentukan, namun juga ada faktor lainnya, apa saja ya? Simak ulasan lengkapnya berikut ini yuk!

Bagaimana karakter anak pertama?

Karakter anak ternyata juga dapat dipengaruhi oleh faktor dan kondisi keluarga pada saat membesarkan anak. Terkadang saat mendidik anak pertama orang tua masih perlu banyak belajar dan beradaptasi dalam mendidik dan membesarkan anak.

Terkadang anak pertama dibesarkan dengan aturan ketat, penuh perhatian, peka terhadap hal kecil sehingga secara tidak langsung dapat mempengaruhi karakter tersebut. Tak heran biasanya karakter anak pertama antara lain:

  • Dapat diandalkan
  • Teliti
  • Tersusun
  • Waspada
  • Suka Mengontrol
  • Mandiri
  • Pemimpin alami
  • Perfeksionis
  • Hati-hati dan taat peraturan

Perbedaan karakter dan kepribadian anak pertama

Dr Kevin Leman yang merupakan seorang psikolog penulis buku The Birth Order Book: Why The Way You Are (Revell) telah mempelajari urutan kelahiran sejak 1967. Leman percaya bahwa urutan kelahiran menentukan bagaimana perbedaan karakter atau kepribadian anak.

Sedangkan Meri Wallace, seorang terapis yang telah bekerja selama lebih dari 20 tahun, menulis Birth Order Blues, juga setuju bahwa hubungan anak dan orang tua dapat terjadi karena posisi urutan kelahiran. Ada tantangan tersendiri dalam mendidik karakter anak pada setiap posisi dan urutan kelahiran.

Anak pertama biasanya cenderung memiliki kepercayaan diri yang tinggi dan merasa mampu bertanggung jawab sebagai anak yang paling besar. Sementara, adiknya atau anak bungsu memiliki kepribadian lebih manja dan merasa membutuhkan bantuan orang lain.
Walaupun begitu kepribadian tadi belum tentu terjadi pada anak pertama dan terakhir secara mutlak. Sebab ada faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan kepribadian anak.

Cara membentuk karakter anak pertama yang baik

Cara membentuk karakter anak pertama yang baik dapat dilakukan dengan memberikan pendidikan dan peran keluarga. Adanya peran keluarga sangat penting dalam membentuk tumbuh kembang anak. Nah, berikut ini beberapa cara untuk membentuk karakter anak pertama yang baik yang bisa kamu coba.

1. Memberikan pengetahuan nilai, norma, dan budaya

Internalisasi merupakan suatu upaya untuk memberikan pemasukan keterampilan dan pengetahuan kepada anak. Pengetahuan ini penting dalam membentuk karakter dan kehidupan sehari-hari. Nilai apa saja yang benar dan salah, norma, budaya, nilai dan semua hal penting yang berpengaruh terhadap kepribadian dan sifat anak.

2. Memberikan teladan

Memberikan teladan dapat menjadi satu proses pendidikan dan pembentukan karakter anak pertama. Anak merupakan peniru yang ulung. Orang tua dapat memberikan contoh dan teladan yang dapat ditiru baik itu ketika bersikap atau berperilaku.
Memiliki hubungan yang kuat, tidak hanya mengajar namun juga menjadi contoh, menunjukkan bahwa pendidikan menyenangkan untuk diajarkan, mengakui kesalahan serta dapat memperbaiki dan melakukan pembiasaan kepada anak.

3. Melakukan aktivitas bermain bersama

Orang tua dapat meluangkan waktu bermain bersama anak. Tidak hanya memberi atau membelikan mainan, tetapi juga dapat bermain bersama anak. Mereka akan merasa ditemani, memiliki kedekatan kepada orang tua dan melalui masa puncak kreativitas secara penuh.

4. Memberi nasihat

Jika anak melakukan kesalahan, sebaiknya anak perlu diberikan nasihat yang membuat anak mampu belajar dari kesalahan. Jangan terlalu menghakimi dan membuat anak takut berbuat salah. Dengan memberikan nasihat yang baik dan tepat, anak bisa memiliki karakter yang lebih bijaksana dan berani.

5. Memberikan penghargaan dan hukuman

Penghargaan penting diberikan agar anak merasa dihargai. Begitu juga hukuman, dalam porsi yang tepat akan membantu membentuk karakter anak dalam keluarga. Sebagai orang tua, kamu perlu melihat secara lebih luas dan objektif. Ketika anak berhasil berikan pujian dan penghargaan yang sesuai. Ketika melakukan hal yang salah, terapkan hukuman yang sesuai supaya anak memahami adanya konsekuensi dalam melakukan kesalahan.

Faktor pembentuk karakter anak pertama

Pola asuh orang tua terhadap anak sedikit banyak mempengaruhi karakter yang akan dimiliki anak. Namun tentunya hal ini bukan menjadi patokan utama orangtua untuk membesarkan anak. Anak juga memiliki sifat dan karakter khusus yang terbentuk dari kondisi lingkungan, jumlah saudara, budaya di keluarga dan lain sebagainya.

Terkadang anak sulung diberikan tanggung jawab lebih, seperti menjaga adiknya, mengambil keputusan, dan terkadang menjadi beban tersendiri bagi anak pertama.

Anak sulung juga paling banyak berhadapan dengan orang tua sehingga terkadang bertingkah seperti anak dewasa, mereka lebih rajin, unggul dalam berbagai bidang dan dapat menjadi pimpinan kelompok.

Meskipun begitu, karakter anak pertama juga dapat terbentuk dari lingkungan dan kondisi keluarga. Jadi, tidak hanya urutan kelahiran saja yang membentuk kepribadian anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kamu perlu memastikan untuk memberikan dukungan yang baik dalam pembentukan karakternya.

Reference
Share