cara membuat teh jahe untuk haid

Pernah mengalami haid yang terlambat, tidak lancar, dan kerap nyeri? Nyeri haid dan siklus yang tidak teratur merupakan salah satu masalah yang dialami sebagian kaum hawa. Nah, teh jahe diyakini dapat mengatasi masalah tersebut. Lalu, bagaimana cara membuat teh jahe untuk haid? Yuk, simak!

Selama menstruasi, hormon prostaglandin membuat otot berkontraksi di rahim. Kontraksi ini menyebabkan peradangan dan rasa sakit. Pada dasarnya, kram merupakan bagian normal selama menstruasi. 

Kendati demikian, tentu kram tetap menyakitkan dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari kamu. Untuk mengurangi nyeri haid, biasanya wanita akan mengonsumsi berbagai minuman yang dijual bebas. 

Sebagian wanita pun lebih memilih untuk mengonsumsi makanan atau minuman herbal untuk membantu meredakan kram secara alami, misalnya dengan konsumsi teh jahe.

Meski beberapa penelitian mendukung penggunaan teh tertentu untuk mengatasi kram menstruasi, kembung, serta ketidaknyamanan menstruasi. Namun, secara keseluruhan, penelitiannya masih cukup lemah.

Manfaat teh jahe untuk haid

Sebelum mengetahui cara membuat teh jahe untuk haid, kamu perlu mengenali manfaatnya terlebih dahulu. Jika kamu telah mencoba berbagai cara untuk meredakan kram menstruasi, tetapi belum menemukan solusi terbaik, cobalah minum teh jahe.

Mengonsumsi teh jahe dapat mengatasi kram menstruasi. Selain teh jahe, air jahe pun bisa menjadi alternatif. Bahkan, apabila air atau teh jahe dipadukan dengan madu, maka efeknya dapat memberikan pereda nyeri alami yang efektif.

Studi ini diperkuat dengan penelitian dari Pain Medicine pada 2015. Penelitian menunjukkan bahwa senyawa gingerol dalam jahe dapat mencegah peradangan dengan menghambat produksi prostaglandin tubuh, senyawa yang memicu kontraksi otot yang membantu rahim melepaskan lapisannya.

Dalam studi dari Pain Medicine, para ilmuwan mengamati uji coba yang diterbitkan sebelumnya yang menguji efek jahe pada wanita dengan dismenore yang tidak disebabkan oleh kondisi panggul, seperti endometriosis.

Dalam analisis tersebut, ditemukan bahwa jahe lebih efektif daripada plasebo untuk menghilangkan rasa sakit akibat haid. Tak hanya itu, panas alami dalam teh jahe juga memberikan kenyamanan yang dibutuhkan oleh otot-otot rahim yang tertekan.

Bahkan, jahe juga memberikan kesegaran, meredakan kembung atau kelelahan, serta mengurangi kram. Manfaat jahe tak hanya itu saja, beberapa penelitian juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengontrol perdarahan menstruasi yang berat.

Dalam uji klinis yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research pada 2015, 92 wanita dengan perdarahan menstruasi berat diobati dengan jahe atau plasebo selama 3 siklus menstruasi. Di akhir penelitian, para ahli menemukan bahwa intensitas darah menstruasi menurun drastis pada wanita yang mengonsumsi jahe.

7 Makanan yang Dilarang Saat Haid, Termasuk Makanan Pedas!

Cara membuat teh jahe untuk haid

Ada beberapa cara membuat teh jahe untuk haid yang bisa kamu coba di rumah. Yuk, coba langkah-langkahnya!

1. Cara membuat teh jahe untuk menstruasi

Cara membuat teh jahe untuk haid sebenarnya cukup mudah, kamu hanya perlu:

  1. Cuci bersih 4 ruas jari jahe, bakar sampai harum, lalu geprek jahe.
  2. Panaskan 50 ml air, tambahkan gula merah secukupnya. Angkat lalu saring dan simpan secara terpisah.
  3. Masak air secukupnya hingga mendidih, lalu masukkan semua bahan yang dipisahkan tadi, koreksi rasa.
  4. Kamu bisa minum teh jahe ini setiap hari pada sore hari.

2. Cara membuat air jahe dengan madu untuk menstruasi

  1. Rebus 2 gelas air hingga mendidih, kemudian masukkan 1 ruas jahe dan 1 ruas kunyit.
  2. Rebus hingga air menyusuh hingga setengahnya.
  3. Saring lalu tambahkan madu.
  4. Kamu bisa konsumsi air jahe madu setiap pagi atau ketika akan tidur.

Cara Menghentikan Haid Dengan Daun Sirih, Apakah Ampuh?

Cara meredakan nyeri haid

Tak bisa dipungkiri, berurusan dengan kram menstruasi setiap bulan bisa membuat kita frustrasi sekaligus menyakitkan. Namun, kabar baiknya adalah ada banyak solusi yang dapat membantu kamu meredakan kram menstruasi

Penting untuk diingat bahwa teknik ini tidak selalu berhasil, terutama untuk kondisi kronis. Berikut cara meredakan nyeri haid yang ringan hingga sedang dan bisa kamu coba lakukan atau terapkan:

1. Minumlah kopi tanpa kafein untuk meredakan nyeri haid

Tahukah kamu bahwa kafein dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi menyempit yang nantinya akan berakibat pada menyempitnya rahim hingga membuat kram lebih menyakitkan? Jika kamu penikmat kopi, cobalah beralihlah ke kopi tanpa kafein selama menstruasi.

2. Coba terapi air hangat untuk redakan nyeri

Faktanya, panas dapat membantu otot lebih rileks, meningkatkan aliran darah, dan meredakan ketegangan. Bagi kamu yang alami kram, cobalah duduk di bantalan yang hangat, mandi air hangat, atau bersantai di bak mandi air hangat.

3. Makan makanan yang bersifat antiinflamasi

Beberapa makanan yang bersifat antiinflamasi dipercaya dapat meredakan kram secara alami, membantu meningkatkan aliran darah, dan mengendurkan otot rahim yang kencang.

Minum Teh Hijau Saat Haid, Apakah Efeknya Baik Atau Buruk?

Itulah cara membuat teh jahe untuk haid yang bisa kamu coba. Untuk mengatasi kram menstruasi, cobalah makan beri, tomat, nanas, dan rempah-rempah, seperti kunyit, jahe, atau bawang putih, sayuran berdaun hijau, almond, kenari, dan salmon yang juga dapat membantu mengurangi peradangan.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference