Perbedaan pembalut dan pantyliner

Perbedaan pembalut dan pantyliner yang paling mendasar yaitu ada pada ukurannya. Pembalut cenderung lebih lebar dan panjang, sedangkan pantyliner hanya tipis dan pendek.

Namun tahukah kamu perbedaan yang lebih mendalam dari keduanya?

Pemahaman tentang pantyliner mungkin belum kamu dapatkan saat memasuki masa puber. Biasanya kamu hanya akan diberitahu bahwa jika menstruasi, maka kamu harus menggunakan pembalut untuk mencegah kebocoran. 

Apa itu pembalut

Pembalut atau sanitary pad adalah bantalan yang ditempatkan di celana dalam dan berfungsi untuk menyerap cairan menstruasi.

Ada beberapa jenis pembalut mulai dari pembalut organik, pembalut sekali pakai, pembalut kain yang dapat dicuci dan digunakan kembali. 

Begitu juga bentuk dan ukurannya, ada yang bersayap, tebal, tipis, dan sangat panjang yang dikhususkan untuk penggunaan malam hari. Kamu harus bereksperimen untuk mengetahui pembalut mana yang cocok denganmu.

Pembalut yang dijual di mini market dan pasaran, biasanya pembalut sekali pakai dan harganya terjangkau.

Namun kini juga sudah banyak yang menjual pembalut yang lebih aman dan ramah lingkungan, seperti pembalut organik dan pembalut kain. 

Tips Memilih Pembalut Night, Cegah Bocor & Nyenyak Semalaman!

Apa itu pantyliner

fungsi pantyliner

Mungkin kamu pernah berpikir bahwa pantyliner tidak terlalu berguna? Dilihat dari ukurannya yang sangat tipis dan kecil.

Sebenarnya fungsi pantyliner untuk menyerap keputihan agar tidak menodai celana dalam.

Ukurannya yang tipis pun sudah sangat sesuai, karena keputihan umumnya tidak sebanyak cairan menstruasi.

Keputihan adalah fenomena yang sangat umum dan sepenuhnya alami.

Beberapa orang menggunakan panty liner untuk melindungi pakaian dalam mereka dari keputihan dan menjaga area vagina tetap kering, segar, dan bersih sepanjang hari.

Panty liner bekerja paling baik bila diganti setiap tiga hingga empat jam.

Panty liner hadir dalam berbagai bentuk, opsi portabilitas, dan ukuran, mulai dari panty liner kecil yang ringkas hingga panty liner besar yang dibuat untuk keputihan berat dan aliran menstruasi ringan.

Sama seperti pembalut menstruasi, pantyliner juga memiliki jenis seperti pantyliner organik, sekali pakai, dan yang dapat dicuci kembali.

Baca juga: Apa itu pembalut tipis

Perbedaan pembalut dan pantyliner

ganti pembalut sebaiknya berapa jam sekali

Jika kamu masih bingung membedakan kegunaan pembalut dan pantyliner, berikut penjelasan rincinya:

  • Pembalut digunakan saat kamu mengalami menstruasi dan aliran darah haid sedang deras. Pembalut biasanya berukuran lebih besar dan lebih tebal karena perlu menyerap lebih banyak aliran selama menstruasi.
  • Pantyliners digunakan ketika kamu tidak sedang menstruasi tetapi mengalami keputihan yang membuat area vagina basah dan tidak nyaman. Pantyliner dapat menjadi teman sehari-hari pada hari-hari non-menstruasi kamu, sedangkan pembalut tidak bisa!

Pantyliner lebih ramping, lebih kecil, dan lebih tipis dan pas di area selangkangan pada celana dalam, sehingga kamu tidak akan merasa adanya ganjalan di celana. 

Kapan waktu terbaik pakai pembalut dan pantyliner

Perlu diingat, bahwa kamu sebaiknya tidak menggunakan pembalut saat sedang tidak haid. Hal itu akan menghambat kulit area vagina bernapas. Berikut adalah waktu yang tepat untuk memakai pembalut dan pantyliner:

  • Kamu pasti sudah paham waktu terbaik untuk memakai pembalut, yaitu saat haid hari pertama atau kedua. Terkadang haid hari pertama tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan, sehingga kamu bisa menggunakan pembalut di hari kedua atau saat aliran menstruasi deras. Saat dirasa belum deras, kamu bisa menggunakan pantyliner agar celana dalam tetap bersih.
  • Sedangkan untuk pantyliner, sebenarnya kamu tidak bisa menggunakannya setiap hari. Perlu diingat, kamu tidak boleh menggunakan pantyliner atau pembalut saat tidak sedang haid atau keputihan berlebih. Penggunaan terlalu sering dapat memicu area vagina menjadi tempat bersarang bakteri, sehingga akan muncul penyakit lain.

Pantyliner dapat digunakan saat keputihan sedang banyak, normalnya keputihan akan muncul saat menjelang datang dan berakhirnya menstruasi.

Selebihnya, kamu harus curiga jika keputihan terlalu sering dan banyak muncul meskipun tidak menjelang haid. Karena bisa jadi menjadi pertanda dari kondisi kesehatan vagina yang tidak baik.

Penggunaan pembalut dan pantyliner juga sama sama harus diganti setiap 3-4 jam sekali. Tergantung derasnya aliran menstruasi atau keputihan, kamu harus memastikan area vagina dan celana dalam tetap kering. 

Terkadang kamu tidak bisa memprediksi kapan menstruasi atau keputihan datang. Untuk mencegahnya, lebih baik siapkan selalu pembalut dan pantyliner di tas kamu.

Atau kamu bisa langsung memakainya jika dirasa hari itu benar-benar akan haid atau keputihan yang deras.

Share artikel ini
Reference