ciri ciri infeksi saluran kemih

Apakah kamu merasa sakit saat buang air kecil? Bisa jadi karena infeksi lho, Yoonies. Meski infeksi dapat terjadi pada siapa saja, namun kamu bisa mengobati sesegera mugkin agar gejala tak memburuk. Yuk, kenali ciri ciri infeksi saluran kemih, penyebab, dan cara mengatasinya!

Sebagian besar orang pasti sudah tak asing ketika mendengar penyakit infeksi saluran kemih (ISK). ISK adalah penyakit yang paling umum terjadi di seluruh dunia. 

ISK umumnya terjadi ketika mikroba seperti bakteri mengambil pertahanan tubuh dalam sistem saluran kemih yang meliputi kandung kemih, uretra, dan ginjal. Kondisi ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat buang air kecil.

Namun, gejalanya tergantung pada bagian saluran kemih yang terkena. Bahkan, ISK memiliki nama yang berbeda tergantung di mana infeksi itu terjadi. Misalnya, infeksi kandung kemih (sistitis), infeksi uretra (uretritis), infeksi pada ginjal (pielonefritis).

Cara Agar Vagina Wangi dan Terhindar dari Infeksi Bakteri

Ciri ciri infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih menyebabkan lapisan saluran kemih menjadi merah dan teriritasi (meradang) yang dapat menimbulkan beberapa gejala. Berikut ciri ciri infeksi saluran kemih yang bisa kamu kenali:

  1. Warna urine keruh, gelap, berdarah, atau berbau aneh.
  2. Selalu ingin buang air kecil tetapi yang keluar hanya beberapa tetes.
  3. Buang air kecil yang terasa menyakitkan (disuria) dan adanya darah dalam urine. Bahkan, kamu bisa merasakan seperti rasa terbakar saat buang air kecil.
  4. Nyeri panggul, terutama di bagian tengah panggul dan di sekitar area tulang kemaluan.
  5. Merasa tidak enak badan, lelah, dan pegal-pegal.

Selain itu, ciri ciri infeksi saluran kemih lainnya meliputi: 

  1. Nyeri saat berhubungan seks
  2. Sakit pada penis
  3. Kelelahan
  4. Demam tinggi dan menggigil
  5. Muntah
  6. Perubahan mental atau kebingungan

10 Penyebab Infeksi Kandung Kemih, Hindari dan Cari Tahu Cara Pencegahannya

Penyebab infeksi saluran kemih

penyebab dan ciri ciri infeksi saluran kemih

Sebenarnya sistem kemih dirancang untuk mencegah bakteri. Namun, terkadang pertahanan ini gagal dan ketika itu terjadi, bakteri dapat bertahan dan tumbuh menjadi infeksi di saluran kemih.

Di samping itu, penyebab infeksi juga bisa berbeda-beda tergantung dari jenisnya, seperti:

  1. Infeksi kandung kemih: Lebih dari 90% kasus infeksi kandung kemih (sistitis) disebabkan oleh E. coli, bakteri yang biasanya ditemukan di  saluran gastrointestinal (GI). Namun, terkadang bakteri lain menjadi penyebabnya.
  2. Infeksi uretra. ISK jenis ini dapat terjadi ketika bakteri GI menyebar dari anus ke uretra. Infeksi pada uretra juga dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual.

Meskipun ISK paling sering terjadi di uretra dan kandung kemih, bakteri juga dapat menyebar ke ureter dan menginfeksi ginjal.

Cara Mengatasi Anyang Anyangan pada Wanita yang Ampuh dan Wajib Diperhatikan

Cara mengatasi infeksi saluran kemih

Faktanya, infeksi saluran kemih sangat umum terjadi. Namun, paling sering terjadi pada wanita karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada pria sehingga memudahkan bakteri untuk sampai ke kandung kemih. Kendati demikian, penyakit ini juga dapat terjadi pada pria, orang dewasa yang lebih tua, dan anak-anak.

Pada dasarnya, kamu bisa mengobati infeksi saluran kemih dengan berbagai cara. Namun, antibiotik adalah pengobatan yang paling umum digunakan. Seperti biasa, pastikan untuk meminum semua obat yang diresepkan oleh dokter hingga habis, bahkan jika kamu merasa lebih baik. 

Minumlah banyak air untuk membantu membuang bakteri dari tubuh. Selain antibiotik, dokter mungkin juga akan menyarankan penggunaan heat pads atau bantalan yang hangat untuk meredakan nyeri atau rasa sakit.

Jika mengalami ISK kronis yang terjadi 3 kali atau lebih dalam setahun, mintalah dokter untuk merekomendasikan terapi pengobatan terbaik. Beberapa pilihan terapi termasuk:

  1. Antibiotik dosis rendah dalam jangka waktu yang lebih lama untuk membantu mencegah infeksi berulang
  2. Dosis tunggal antibiotik setelah berhubungan seks di mana berhubungan seks merupakan pemicu infeksi yang paling umum
  3. Gunakan antibiotik selama 1 atau 2 hari setiap kali gejala muncul
  4. Pengobatan profilaksis non antibiotik

Dengan mengetahui ciri ciri infeksi saluran kemih dan cara mengatasinya, sama saja kamu mencegah infeksi menjadi kronis. Untuk mengindari terkena ISK berulang, sebaiknya segera buang air kecil dan jangan menahannya.

Pastikan setelah buang air kecil dan besar, kamu membilas area kemaluan dari depan ke belakang dan pastikan tubuhmu mendapat asupan cairan yang cukup setiap harinya ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference