obat mersi untuk apa

Tahukah kamu obat mersi untuk apa? Mersi merupakan jenis obat penenang yang digunakan untuk meredakan pereda gangguan kecemasan, panik, depresi, dan paranoid. 

Selain menimbulkan berbagai efek samping bagi kesehatan, residu obat ini juga dapat bertahan lama di dalam tubuh.

Karena itu, penggunaan obat ini harus sesuai dengan rekomendasi dokter. Jangan pernah menggunakannya sembarangan kendati kamu sudah pernah diresepkan. Kebutuhan dosis mungkin saja berbeda dari dosis sebelumnya.

Deskripsi obat 

obat rhemafar untuk apa

Riklona Clonazepam Mersi atau lebih dikenal dengan mersi, merupakan obat yang tergolong sebagai obat penenang. Mersi sendiri adalah nama pabrik pembuatnya yaitu Mersifarma, perusahaan kesehatan yang berdiri pada tahun 1997.

Obat ini termasuk golongan obat keras (narkoba). Sebagai obat keras, penggunaannya hanya boleh atas izin dokter. Setiap obat yang termasuk dalam obat keras, hanya boleh digunakan dengan rekomendasi dari dokter. 

FYI, semua produk Mersi telah dijunjung tinggi oleh standar profesional yang ketat, menghasilkan reputasi sempurna Mersi yang dikenal dengan kualitas sebagai : Membuat obat Ekivalen Riset Standar Internasional atau Manufacturing (of) drugs Equivalent (to) International Standard Research.

Saat ini bidang perawatan kesehatan penting lainnya yang juga dilayani Mersi meliputi: penyakit dalam, penyakit paru, kebidanan-ginekologi, bedah saraf, penyakit telinga-hidung dan tenggorokan, kedokteran gigi, dan agen terapi antibiotik.

Antibiotik Cefadroxil 500mg: Indikasi, Dosis, dan Efek Sampingnya

Manfaat obat

Mersi merupakan jenis obat yang memiliki kandungan alprazolam. Obat jenis alprazolam bekerja dengan cara meningkatkan senyawa kimia alami  GABAA (gamma aminobutyric acid). 

GABA atau adalah asam amino yang bertindak sebagai neurotransmitter atau menyampaikan sinyal antar sel saraf. Senyawa ini dikategorikan sebagai neurotransmitter inhibisi (penghambat) karena bekerja dengan menghambat sinyal otak tertentu dan mengurangi aktivitas di sistem saraf. 

Oleh sebab itu, mersi dapat dimmanfaatkan sebagai pereda gangguan kecemasan, panik, depresi, dan paranoid. 

Dosis dan penggunaan

dosis analsik tablet obat apa

Untuk pereda kecemasan, mersi dapat dikonsumsi sebanyak 250-500mg, sebanyak tiga kali sehari. Sedangkan untuk orang dewasa atau sedang dalam masa melemahkan penyakit, dosis yang sama dapat diambil untuk dikonsumsi sebanyak dua hingga tiga kali sehari.

Jika efek samping terjadi, dosisnya harus segera diturunkan. Ingat untuk selalu menyampaikan efek samping ke dokter, ya.

Selain itu, keamanan dan efisiensi mersi untuk anak-anak dan remaja di bawah 18 tahun masih belum dapat dipastikan. 

Efek samping obat

grathazon obat untuk apa

Selain manfaat yang telah disebutkan di atas, ternyata mersi punya efek yang perlu diperhatikan. Kenapa? Karena mersi dapat memicu ketergantungan. 

Beberapa efek berikut juga mungkin akan memicu:

  • alergi,
  • berhalusinasi, 
  • gairah seks menurun, 
  • ketidakseimbangan emosi, 
  • meningkatnya produksi air liur, 
  • masalah pencernaan, 
  • masalah koordinasi dan keseimbangan, 
  • masalah fungsi hati, 
  • susah berkonsentrasi atau mengingat, 
  • susah buang air kecil, 
  • napas sesak, 
  • kejang, 
  • kesadaran menurun yang akhirnya menimbulkan kematian.

Sejumlah obat jenis alprazolam, termasuk mersi, dapat bertahan di dalam darah 24 hingga 72 jam setelah digunakan. Keberadaan residunya juga kemungkinan masih dapat terlacak di urin seminggu kemudian setelah pemakaian.

Antara 1-2 minggu pun tetap dapat terdeteksi pada ludah, serta sampai beberapa bulan atau tahun tetap dapat terlacak dalam rambut. Durasinya akan berbeda untuk setiap orang, tergantung kondisi kesehatan, dosis, dan durasi penggunaan obat.

Karena efek samping dan sisa residu yang dapat bertahan lama tersebut, obat ini dapat terlacak dalam tes narkoba. Jadi, untuk memastikan sisa residunya benar-benar hilang dari tubuh, kamu harus melakukan uji laboratorium.

Bila sudah terlanjur ketergantungan pada mersi atau jenis obat alprazolam lainnya, segera datangi pusat rehabilitasi narkoba. Langkah dini untuk menghentikan kecanduan sangatlah penting untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference